Mudah & Praktis, Ikuti Daftar Menu Makanan Sehat untuk Sehari-Hari Ini, Yuk!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sering bingung menentukan menu makanan sehari-hari? Apalagi buat kamu yang bekerja dari pagi hingga sore hari, nih. Padahal, asupan makanan sehari-hari sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, lho! Untuk menentukan menu dan menyiapkan menu makanan sehari-hari pasti bisa menguras pikiran sekaligus tenaga.

Nah oleh karena itu, kali ini Kania akan berbagi daftar menu makanan yang bisa kamu coba terapkan sehari-hari. Daripada bergantung pada makanan cepat saji untuk makanan sehari-hari, Kania akan berbagi menu masakan sehat yang juga mudah dan praktis. Yuk, catat menu makanan sehat dan praktis di bawah ini!

1. Menu makanan hari pertama: roti gandum dan alpukat, salad ayam, tumis bayam

menu makanan sehat berupa roti gandum dan alpukatsimplyscratch.com

Untuk menu makanan sarapan pagi di hari pertama, kamu bisa mengombinasikan roti gandum yang rendah kalori dengan alpukat yang baik untuk kesehatan jantung.

Setelah menggunakan pemanggang roti, ambil alpukat secukupnya, lalu oleskan ke roti panggang. Kalau kamu suka, kamu juga bisa menambahkan telur dadar di atas alpukat.

menu makanan sehat berupa salad ayamsplendidtable.org

Untuk menu makanan siang hari, kamu bisa membuat salad ayam yang berbahan utama dada ayam, brokoli dan telur rebus. Membuatnya juga sangat praktis dan kamu bisa membuatnya di pagi hari untuk kemudian dibawa dalam kotak makanan sebagai bekal makan siang di kantor. Selain sehat, kamu juga bisa berhemat!

menu makanan sehat berupa tumis bayam di piringotakufood.com

Nah untuk makan malam, kamu bisa membuat tumis bayam sebagai menu makanan yang tinggi zat besi dan memiliki kandungan nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Bayam sangat baik dikonsumsi di malam hari karena mampu dicerna secara cepat, jadi kamu bisa tidur malam tanpa merasa kekenyangan.

2. Menu makanan hari kedua: telur orak-arik dan sayur, sandwich daging, sayur kukus

menu makanan sehat berupa telur orak-arik dan sayurhealthfoodidea.com

Untuk menu makanan sehat di hari kedua, kamu bisa memulai hari dengan membuat telur orak-arik dan sayur. Jangan khawatir, membuat menu sarapan ini sangatlah mudah.

Cukup dengan memasak telur di dalam wajan atau teflon yang sudah diolesi margarin, kemudian tambahkan garam dan lada. Potong-potong sayuran sperti bayam atau tomat, kemudian campur saat telur diaduk di wajan sampai sedikit berubah warna. Cita rasa telur yang gurih alami ini cocok dijadikan menu makanan pada pagi hari.

menu makanan sehat berupa sandwich dagingpinterest.com

Untuk makan siang, kamu bisa membuat sandwich daging yang juga tak kalah praktis. Bahannya cukup dengan menumpukkan roti tawar atau roti gandum, keju, daging dan selada. Mudah sekali dan cukup mengenyangkan!

menu makanan sehat berupa sayur kukus dengan berbagai bumbupinterest.com

Nah untuk menu makanan di malam hari, kamu bisa mengonsumsi sayur kukus, seperti wortel, terong, atau buncis. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan sambal atau pesto.

3. Menu makanan hari ketiga: sereal buah, steak tuna, sayur sop

menu makanan sehat berupa sereal oatmeal buah dan yogurt dalam mangkukjamieoliver.com

Mungkin kamu bosan dengan menu makanan nasi atau roti, kamu bisa mencoba sarapan dengan sereal atau havermut. Tambahkan irisan buah kesukaanmu untuk menambah vitamin di dalam sereal atau havermut pilihanmu. Sangat praktis dan tak banyak memakan waktu.

menu makanan sehat berupa steak tuna dan saladeatsmarter.com

Untuk menu makanan siang di hari ketiga, kamu bisa membuat steak ikan tuna yang kaya akan omega 3 yang juga baik untuk kesehatan jantung. Tambahkan sayuran yang dikukus seperti wortel, selada atau buncis.

menu makanan sehat berupa sup sayur dalam mangkuknjajan.com

Kemudian untuk makan malam, kamu bisa membuat sayur sop yang rendah lemak dan kaya akan gizi karena aneka sayuran yang ada di dalamnya. Kamu bisa menambahkan tahu atau tempe sebagai tambahan lauk di menu makanan ini.

4. Menu makanan hari keempat: smoothies stroberi, oseng tahu dan sayur, salmon panggang

menu makanan sehat berupa smoothies stroberipinterest.com

Untuk menu makanan di hari keempat, kamu bisa memulai hari dengan membuat smoothies yang terbuat dari buah stroberi segar. Tambahkan susu kedelai, havermut dan madu untuk menambah rasa manis. Campurkan semua bahan ke dalam blender dan blend hingga rata. Cukup kenyang untuk menu sarapan yang bergizi.

menu makanan sehat berupa oseng tahu dan sayurbbc.co.uk

Untuk makan siang, kamu bisa membuat oseng-oseng tahu sayur yang juga tak kalah praktis dan menyehatkan. Hanya dengan menumis sedikit bawang bombai, tambahkan tahu dan orak-arik hingga rata. Tambahkan sedikit garam dan lada, dan hidangkan menu makanan ini bersama nasi atau roti.

menu makanan sehat berupa salmon panggang dan sayuranpinterest.com

Menu ikan juga cocok dihidangkan sebagai menu makanan malam. Cukup dengan dibakar di atas pan grill atau alat panggang lainnya atau bisa juga digoreng, sangat cocok untuk makan malam bergizi.

5. Menu makanan hari kelima: English muffin, Shirataki Aglio e Olio, salad sayur

menu makanan sehat berupa english muffinseriouseats.com

English muffin sangat cocok untuk disajikan sebagai menu makanan saat sarapan. Cukup dengan menyiapkan bun yang akan memenuhi kebutuhan karbohidratmu, kemudian tambahkan telur mata sapi di atasnya serta tomat dan daun selada yang masih segar.

menu makanan sehat berupa shirataki aglio e oliogoogle.com

Untuk menu makanan siang hari, kamu bisa mencoba menu aglio e olio, yaitu salah satu variasi masakan pasta. Kamu bisa menerapkannya dengan olahan shirataki atau mie Jepang, tambahkan jamur shitake untuk menambah rasa kenyang.

menu makanan sehat berupa salad sayur warna warnipinterest.com

Untuk menu makanan saat malam hari, kamu bisa menyiapkan salad sayuran dengan mengombinasikan selada, tomat, mentimun, telur, dengan minyak zaitun, merica dan bawang merah. Kamu juga bisa menambahkan irisan ikan tuna dan keju untuk menambah cita rasa menu makanan ini.

Setelah melihat semua menu makanan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba menu makanan sehat dan praktis untuk makan sehari-hari? Siapa bilang memasak makanan sehat harus sulit?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse