Kekayaan Budaya Nusantara, Kenali 6 Ragam Motif Batik Tradisional Berikut

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Indonesia adalah negeri yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Dan salah satu warisan kekayaan budaya tersebut adalah batik. Keberagaman motif batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia pada tahun 2009 dan sudah terkenal di berbagai belahan dunia.

Sejak saat itu batik tidak hanya dijadikan sebagai bahan pakaian, motif batik yang indah dan unik pun kini sudah mulai diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti pada furnitur kayu, sofa, karpet, dan lain sebagainya.

motif batik dalam ruang tidursigithermawan.esy.es

Nah bicara tentang batik, kamu juga penasaran dengan ragam motif batik yang ada di berbagai daerah di Indonesia, bukan? Nah daripada penasaran, ayo simak ulasan Kania di bawah ini tentang motif batik di Indonesia!

1. Motif batik Solo

motif batik soloakamaized.net

Batik Solo adalah salah satu ikon batik di Indonesia yang karismanya sudah terbukti memukau dunia. Salah satu motif dari Solo yang paling terkenal adalah batik parang yang merupakan motif batik tertua di nusantara.

Kata Parang sendiri berasal dari ‘pereng’ yaitu lereng. Perengan digambarkan sebuah garis menurun dari yang tertinggi kepada yang terendah dengan diagonal. Motif ini menggambarkan bagaimana manusia selalu memperjuangkan kesejahteraan dalam hidup.

motif batik solo sogan dengan lengkungan dan motif bunga kemerahangrahabatik,com

Selain itu, salah satu motif batik Solo yang populer adalah motif sogan yang memiliki warna merah kecoklatan. Dengan bentuk yang bergelombang-gelombang seperti sungai Bengawan Solo, motif ini diharapkan bisa membawa ketenangan.

2. Motif batik kawung

motif batik kawung dengan pola batu putih diagonalmarinaelphick.com

Salah satu motif batik tertua di nusantara adalah motif kawung. Motif ini memiliki pola bulat-bulat yang menyerupai buah kawung atau buah kolang-kaling yang tertata rapi secara geometris. Motif kawung juga merepresentasikan empat kelopak bunga teratai yang merekah dan dimaknai sebagai umur panjang dan kesucian.

motif batik kawung dengan pola kelopak bunga putihgoogle.com

Meski dulu motif batik kawung eksklusif hanya digunakan oleh orang-orang dari kerajaan sebagai sarung raja dan permaisuri, saat ini batik motif kawung sudah digunakan bahkan hingga ke mancanegara.

3. Motif batik Bali

motif batik bali singa baronggoogle.com

Motif batik Bali sangat khas dengan kearifan lokal yang ada di Pulau Dewata. Seperti bagaimana para pengrajin batik Bali memasukkan unsur Singa Barong dan juga penari Bali ke dalam pola kain, atau motif Ulamsari Mas yang menggambarkan kekayaan alam yang ada di Bali. Melalui batik inilah para pengrajin batik di Bali bisa menyampaikan kepada semua orang bahwa Bali adalah pulau yang kaya.

4. Motif batik megamendung

motif batik megamendung birugrahabatik.com

Motif batik yang satu ini adalah salah satu motif yang cukup populer. Motif megamendung dipercaya berasal dari campuran antara kebudayaan Tiongkok dengan Jawa Barat.

Batik khas daerah Cirebon ini memiliki motif khas dengan bentuk awan besar yang cerah dan mencolok. Warna-warna yang digunakan untuk motif megamendung biasanya adalah warna jingga, merah, biru, hijau tua, dan ungu. Motif megamendung sendiri merupakan lambang masyarakat Cirebon yang lugas dan terbuka.

5. Motif batik Pekalongan

motif batik pekalongan dengan pola kupu-kupu dengan totolpinterest.com

Jika berbicara soal batik, tentunya motif batik dari Pekalongan tak boleh ketinggalan. Batik Pekalongan biasanya didominasi dengan motif-motif tumbuhan dan juga fauna. Motif Pekalongan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan dari luar Pekalongan yang datang karena perdagangan.

6. Motif batik Lasem

motif batik lasem dengan pola tanaman merambat dan bunga putih di kain merahpinterest.com

Motif yang satu ini berasal dari daerah yang berada di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Motif batik Lasem sangat kental dipengaruhi oleh budaya Cina. Ciri khas dari motif ini adalah warna cerah yang digunakan seperti warna merah menyala dan juga corak-corak khas Cina seperti adanya hewan naga.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis motif batik nusantara yang paling mendunia, apakah kamu tertarik menghadirkannya sebagai bagian dari desain interior hunian?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse