Alami dan Sehat, Ketahui 5 Manfaat Minyak Kelapa dan Cara Menggunakannya yang Tepat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Popularitas minyak kelapa di beberapa waktu belakangan ini memang sudah tidak bisa dielakkan lagi. Terutama manfaatnya untuk kecantikan dan juga kesehatan keluarga dan diri.

Banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa murni sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh. Kombinasi lemak alami membuatnya berguna untuk kulit.

batok kelapa dan minyak kelapa murnishutterstock.com

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan minyak kelapa, ketahui dulu apa saja manfaat minyak kelapa serta cara menggunakannya yang tepat sebelum salah dalam mengaplikasikan dan malah berdampak buruk bagi kesehatan. Yuk, simak ulasan Kania di bawah ini!

1. Ditambahkan dalam rutinitas kecantikan

minyak kelapa murni sebagai skincare atau perawatan mukalipaniskincare.com

Minyak kelapa, terutama minyak kelapa murni, dikenal sebagai bahan yang aman dan efektif untuk mempercantik dan melembapkan kulit tubuh. Selain bisa digunakan sebagai makeup remover, ia juga bertindak sebagai solusi anti-aging. Sebagai minyak pelembap, kamu bisa mengusapkannya secara perlahan ke seluruh wajah secara merata sebelum tidur.

pria mengusap minyak kelapa pada punggung perempuan saat pijatweebly.com

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai minyak pijat. Usapkan minyak ketika pijat dan kamu juga bisa menambahkan minyak esensial aroma lavender sebagai relaksasi.

2. Sebagai pengganti mentega untuk baking

minyak kelapa dalam mangkuk untuk baking kuecocosoul.in

Tak hanya untuk kecantikan, minyak kelapa juga bermanfaat sebagai pengganti mentega. Mentega dikenal sebagai bahan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan minyak kelapa murni sebagai pengganti mentega ketika memasak atau membuat kue. Lemak Omega 3 yang ada di minyak kelapa bisa menyehatkan organ-organ penting dalam tubuhmu.

3. Sebagai body scrub

minyak kelapa dicampur bubuk dalam mangkuk kacaabeautifulmess.com

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai body scrub yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dengan gula merah dan garam. Aduk merata, kemudian gosokkan secara perlahan di area tubuh yang kamu inginkan.

4. Memberikan nutrisi agar rambut lebih sehat dan alami

minyak kelapa dalam sendok kayuhealthline.com

Rambut yang kering dan mudah rontok biasanya disebabkan oleh protein yang hilang dalam rambut. Penggunaan minyak kelapa untuk rambut bisa menggantikan protein yang hilang tersebut sehingga kulit kepala akan terhidrasi dan akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, ia juga berfungsi untuk mencegah ketombe, lho!

minyak kelapa diaplikasikan pada rambutwomenshealth.com.au

Tuang satu sendok teh atau tergantung dengan panjang dan tebal rambut ke telapak tangan, kemudian usapkan perlahan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap, diamkan selama satu hingga dua jam, kemudian bilas dengan air.

5. Sebagai teman diet

minyak kelapa untuk diet makan rotishutterstock.com

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai bahan makanan yang bisa membantu program dietmu. Ia dipercaya bisa membantu memaksimalkan penyerapan energi di dalam tubuh sehingga bisa membakar lebih banyak lemak.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dorongan untuk makan berlebih akan berkurang. Konsumsinya maksimal satu sendok makan dalam sehari, dan bisa kamu gunakan sebagai salad dressing atau selai roti, misalnya.

minyak kelapa dituang ke kopishutterstock.com

Tapi ingat, minyak kelapa berkontribusi kecil dalam pola makan sehat untuk mengurangi berat badan. Kamu juga perlu berolahraga sekaligus menjalani pola makan yang sehat dan seimbang untuk bisa menurunkan berat badan.

Wah, ternyata minyak kelapa memiliki manfaat yang besar untuk tubuh. Untuk mendapatkan minyak kelapa, kamu bisa membuatnya secara DIY di rumah atau bisa juga dibeli di pasaran. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse