Nuansa Klasik Tak Terkalahkan, Intip 7 Aplikasi Warna Monokrom dalam Interior Ruangan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Ruangan Rumah dengan Warna Monokrom

Warna monokrom seringkali dikaitkan dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Padahal sebenarnya, monokrom juga bisa dikaitkan dengan warna-warna lain, lho! Istilah monokrom sendiri berarti gradasi tone dari satu warna, misalnya saja perpaduan warna biru tua dengan biru muda, atau merah tua dengan merah muda.

Warna monokrom bisa diterapkan pada banyak hal, termasuk interior ruangan. Nah, pengaplikasian warna monokrom pada interior ruangan ini bisa menciptakan nuansa klasik. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip tujuh aplikasi warna monokrom dalam interior ruangan dari Kania berikut ini!

Warna Monokrom Hitam pada Ruang Tamu

desain ruang tamu menggunakan warna monokrom hitamcromlystories.com

Warna monokrom hitam biasanya identik dengan interior rumah minimalis modern. Namun, warna monokrom hitam juga bisa terlihat klasik dengan pengaplikasian yang tepat, seperti pada inspirasi di atas.

Untuk mengaplikasikannya, biarkan dinding berwarna putih supaya ruangan terlihat lebih lapang. Setelah itu, gunakan rak pajang warna putih dengan latar belakang hitam. Hal ini akan menciptakan ilusi mata yang seakan-akan pajangannya melayang.

Jangan lupa aplikasikan juga warna monokrom hitam pada sofa dengan pelapis kulit untuk kesan klasik, ya! Sementara, kamu juga bisa menambahkan warna abu-abu yang masih senada dengan monokrom hitam untuk sarung bantal sofa dan kursi di sudut ruangan.

Monokrom Ungu untuk Interior Klasik Elegan

interior ruangan warna monokrom ungu eleganbestlifeonline.com

Sejak dahulu, warna ungu identik dengan gaya yang elegan. Jika ingin mengaplikasikannya pada interior ruangan, kamu bisa menggunakan konsep monokrom ungu, seperti gambar di atas. Bagian dinding ruangannya menggunakan warna ungu pastel dengan tone muda. Dengan demikian, ruangan terlihat luas dan tidak gelap.

Sementara, furniturnya menggunakan sofa berwarna ungu tua yang dipadukan dengan bantal-bantal mungil berwarna ungu yang sedikit lebih muda. Sebagai tambahan aksen pada interior warna monokrom ungu ini, beri sentuhan warna emas pada kerangka furnitur yang efektif dapat membuat ruangan terkesan lebih mewah. Untuk dekorasinya, pilihlah model bunga klasik yang juga berwarna ungu.

Hijau Monokrom untuk Aksen Dinding

warna hijau monokrom pada dinding ruang santaihomedit.com

Warna monokrom tidak harus diaplikasikan pada seluruh bagian interior. Untuk membuat tampilan klasik yang lebih unik, kamu bisa hanya menerapkan warna monokrom sebagai aksen dinding saja, misalnya warna monokrom hijau pada area santai yang satu ini.

Pada satu bidang dinding terdapat susunan balok modular dengan ukuran yang berbeda-beda. Setidaknya ada empat turunan warna monokrom hijau yang dirangkai secara acak. Tanpa banyak dekorasi, dinding monokrom hijau ini sudah terlihat indah dan sangat unik.

Kombinasi warna hijaunya pun bisa diaplikasikan pada rak TV yang ada di depannya. Rak TV pun bisa berguna sebagai tempat hiasan favoritmu berdiri.

Monokrom Beige untuk Nuansa Klasik yang Lembut

interior ruangan dengan warna monokrom beige yang lembuthome-designing.com

Ingin mendapatkan nuansa klasik yang cocok untuk semua jenis interior? Aplikasikan saja warna monokrom beige pada elemen furnitur dan dekorasi rumah, sepert tirai, kabinet builtin, lampu gantung, dan meja.

Tambahan warna cokelat tua pada pajangan kendi dan tepian meja membuat interior warna monokrom beige ini makin sempurna. Sementara, untuk furnitur  besar yang  fungsional, seperti kasur dan sofa menggunakan warna putih gading yang masih merupakan warna turunan dari beige yang paling muda.

Warna Monokrom Merah yang Soft

interior ruangan dengan warna monokrom merahbhg.com.au

Biasanya, warna merah akan membuat tampilan interior terlihat sedikit norak jika tidak diaplikasikan dengan tepat. Namun, bagi kamu pecinta warna merah, jangan khawatir karena kamu bisa menerapkan warna monokrom merah dengan hasil yang lembut, seperti inspirasi di atas.

Dinding pada interior monokrom ini mengunakan warna merah pastel, sedangkan bagian lemari menggunakan warna merah yang sedikit lebih tua. Sementara itu, sofanya menggunakan warna merah kecokelatan dan kursi berwarna merah maroon yang compact. Keduanya dilapisi dengan bahan velvet sehingga ruangan tampak klasik.

Tampil Berkelas dengan Monokrom Biru

interior ruang tamu dengan warna monokrom birumodsy.com

Warna monokrom biru pada ruangan ini tidak memiliki perbedaan turunan yang begitu kentara. Oleh karena itu, kamu membutuhkan sedikit sentuhan warna putih sebagai pelengkapnya.

Tidak hanya terlihat lebih berkelas, interior ruangan warna monokrom biru ini juga mampu menciptakan kesan yang lembut dan tenang. Jangan lupa maksimalkan pencahayaan supaya ruangan monokrom biru ini terasa lebih nyaman, ya!

Nuansa Klasik yang Ceria dengan Monokrom Kuning

warna monokrom kuning pada interior ruang tamumedium.com

Tidak banyak orang yang menyangka bahwa warna monokrom kuning juga bisa tampil klasik, lho! Nah, supaya warna monokrom kuning tidak tampil norak, kamu bisa aplikasikan pada elemen dekorasi dan pilih warna kuning pastel, seperti pada tirai, karpet, dan bantal.

Jika ingin lebih estetik, coba susun majalah atau novel pada rak buku yang memiliki sampul berwarna monokrom kuning. Warna turunan yang cocok untuk interior monokrom kuning adalah oranye dan beige.

Seperti itulah tujuh aplikasi warna monokrom dalam interior ruangan, baik untuk rumah yang besar maupun rumah mungil. Kalau kamu, paling suka warna monokrom yang mana, nih? Selamat mendesain, ya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Tidak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur, perabotan, dan juga dekorasi yang siap menghidupkan interior ruangan monokrom milikmu. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse