6 Desain Ruang Tengah yang Multifungsi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Luas hunian yang kecil memang membatasimu untuk mengatur fungsi rumah. Namun, dengan tambahan sedikit kreasi, kamu bisa menggabungkan beberapa fungsi ke dalam satu ruangan sekaligus, lho!

Nah, di artikel kali ini Kania akan membagikan enam desain ruang tengah yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa fungsi lainnya sehingga dapat memaksimalkan ukuran rumahmu yang terbatas. Yuk, simak inspirasi desain ruang tengah multifungsi berikut ini!

Desain Ruang Tengah dengan Area Kerja

ruang tamu dengan meja dan kursi kerja minimalismodsy.com

Buat kamu yang bekerja secara remote dari rumah, tentu saja kamu memerlukan area kerja khusus untuk menunjang produktivitas. Jika luas hunianmu terbatas dan tidak memungkinkan untuk membuat ruangan baru, kamu bisa mencontoh desain ruang tengah multifungsi ini dengan menggabungkan ruang tengah dengan area kerja.  Kamu hanya perlu menambahkan meja dan kursi kerja di sudut ruang tengahmu. Pastikan  area kerja di ruang tengahmu juga mendapatkan pencahayaan yang maksimal, ya! Jika memerlukan tempat tambahan untuk meletakkan perlengkapan kerjamu,  kamu bisa menambahkan rak gantung pada dinding di atas mejamu.

Desain Ruang Tengah dengan Area Makan

ruang tamu dengan meja makan bulat bernuansa putih biruscene7.com

Desain ruang tengah dengan area makan ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian mungil atau pun apartemen. Penataan pada penggabungan fungsi ruang tengah dengan area makan seperti ini sangat mudah. Jika ruangan terbatas, kamu tidak harus mengatur sofa dengan posisi sejajar atau lurus. Dengan posisi miring pun ruangan tetap terlihat estetik. Tambahkan meja makan bulat di belakang sofa. Desain seperti ini memberikan kesan yang manis di dalam ruang tengahmu. Namun, lebih baik kamu memilih furnitur dan perabotan dengan warna yang senada agar tampilannya seimbang dan enak dilihat.

Desain Ruang Tengah dengan Area Bermain Anak

ruang tengah dengan area bermain anak dengan karpet warna-warni dan mobil-mobilanmodsy.com

Jika kamu memiliki balita, area bermain anak sangat diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Namun, dengan masa pakai area bermain yang pendek sepertinya kurang efisien jika kamu membangun ruangan khusus area bermain anak di dalam rumah. Daripada membuat ruangan khusus, kamu bisa menyatukan area kumpul keluarga dengan area bermain anak di ruang tengah. Selain hemat tempat, kamu bisa lebih leluasa menjaga dan memperhatikan si kecil. Sebagai pembeda fungsi di dalam ruang tengah tersebut, kamu bisa menempatkan dekorasi khusus pada area bermain anak, seperti menggunakan karpet warna-warni atau kamu juga bisa memilih karpet karakter favorit si kecil.

Desain Ruang Tengah dengan Dapurruang keluarga terbuka tersambung dengan dapurmasteringkitchens.com

Konsep open space sangatlah ideal untuk diaplikasikan pada ruang tengah rumahmu agar memberikan kesan yang luas dan terang. Seperti inspirasi desain ruang tengah multifungsi yang satu ini. Penggabungan ruang tengah dengan dapur yang menggunakan kitchen set dapat memberikan kesan hangat karena tidak adanya batasan atau partisi pada ruangan. Selain membuat kamu lebih nyaman, desain ruang tengah dengan dapur akan memudahkan kamu untuk menyajikan hidangan saat kumpul keluarga.

Desain Ruang Tengah dengan Perpustakaan Mini

ruang keluarga dengan rak buku besarpinterest.com

Punya banyak koleksi buku dan bingung meletakannya di mana? Dengan desain ruang tengah multifungsi yang satu ini, kamu bisa membuat perpustakaan mini di ruang tengah, lho! Gunakan rak buku khusus agarkoleksi buku milikmu lebih tertata dan tidak tercampur dengan koleksi lain yang ada di ruang tengah. Tambahkan juga sebuah sofa yang nyaman untuk membaca buku kesukaanmu bersama keluarga.

Desain Ruang Tengah dengan Berbagai Fungsi Ruanganruang terbuka multifungsi bernuansa hitam coklathomebuilding.co.uk

Alternatif desain ruang tengah multifungsi lainnya adalah dengan menggabungkan beberapa fungsi sekaligus pada ruang tengah yang ada di hunian kamu. Seperti inspirasi desain yang satu ini. Ruang tengah berkonsep terbuka seperti ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan rumah, mulai dari menonton TV, membaca buku, menyantap makanan hingga memasak melalui penggunaan aneka perabotan dan dekorasi seperti sofa, meja makan, kitchen set, rak dinding untuk menyimpan koleksi buku.

Untuk menghemat space dan budget, kamu bisa menggabungkan beberapa fungsi pada ruang tengah hunian sehingga tidak memerlukan biaya yang besar untuk membuat ruangan khusus. Pastikan, kamu memilih perabotan ataupun dekorasi yang sesuai dengan keseluruhan konsep di ruang tengah agar ruangan tetap terkesan apik dan estetik. Selamat mendesain ruang tengahmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse