[Infografik] Penuhi 5 Syarat Rumah Sehat, Keluarga pun Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hunian yang nyaman sebenarnya tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan yang memenuhi syarat rumah sehat. Bayangkan pulang ke hunian yang berantakan, kotor, dan penuh debu. Tentu istirahat pun tidak akan maksimal dan hunian tidak terasa nyaman untuk ditinggali.

Luangkan waktu dalam kehidupan sehari-hari untuk memastikan hunian sudah memenuhi kelima syarat rumah sehat berikut.

infografik syarat rumah sehat

Menggunakan furnitur ramah lingkungan

Terbuat dari bahan alami, dijamin penghuni rumah akan terjamin kesehatannya. Furniture ramah lingkungan bebas dari zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga patut kamu perhatikan sebagai syarat rumah sehat yang umumnya jarang diterapkan.

Dibersihkan secara berkala

Terutama di Indonesia, debu mudah menumpuk jika tidak rajin dibersihkan. Tungau debu dapat menyebabkan alergi dan asma, menurut American Lung Association, sehingga wajar bila syarat rumah sehat termasuk membersihkan hunian secara berkala dan sebisa mungkin menggunakan vacuum cleaner agar bersih maksimal.

Minim penggunaan bahan kimia

Menurut Erin Stair, Doctor of Medicine, salah satu syarat rumah sehat yang perlu dilakukan ialah menghindari penggunaan bahan kimia. Selain dapat meningkatkan potensi asma, uap kimia dapat menjadi karsinogen yang menyebabkan kanker jika terpapar secara terus-menerus. Dia memaparkan syarat rumah sehat ialah memanfaatkan bahan alami serbaguna seperti cuka dan soda kue saat membersihkan rumah.

Bebas dari hama pengganggu

Rumah yang tidak terawat rentan menjadi sarang bagi hama pengganggu seperti rayap kayu dan kecoa. Studi menunjukkan bahwa asma lebih sering kambuh saat anak sering terpapar tikus dan kecoa. Seiring dengan syarat rumah sehat sebelumnya, pastikan konstruksi hunian serta isinya terawat dan rutin diinspeksi, serta manfaatkan anti rayap alami untuk mengusir hama pengganggu.

Punya ventilasi udara yang baik

Salah satu syarat rumah sehat ialah memastikan setiap ruangan mempunyai ventilasi udara yang baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan pernafasan serta membawa pencahayaan yang alami yang baik untuk mood penghuninya. Memenuhi syarat rumah sehat satu ini bisa dilakukan dengan mendesain setiap ruangan agar memiliki bukaan jendela atau menyediakan exhaust fan pada titik-titik tertentu di hunian, seperti dapur dan kamar mandi.

Prinsip saat memenuhi syarat rumah sehat sebenarnya simpel, yaitu mengutamakan kenyamanan serta kondisi lingkungan tempat tinggal para penghuninya. Bukan hanya agar kegiatan sehari-hari lebih lancar, syarat rumah sehat jika diperhatikan akan lebih menjamin kesehatan keluarga.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse