Kerja Jauh Lebih Produktif, Pilih Meja Kantor yang Tepat dengan 5 Tips Ini

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Meningkatkan produktivitas dalam bekerja memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memilih meja kantor yang tepat.

Dan untuk membuat karyawan menjadi nyaman selama menggunakannya, tentunya kamu harus jeli dalam memilih meja kantor. Agar kamu tidak membuang uang membeli meja kerja kantor yang salah, kali ini Kania bakal memberikan tips-tips buat kamu bagaimana cara memilih meja kantor yang tepat.

1. Sesuaikan dengan seisi ruangan

meja kantor dalam open space coworking spaceworkbar.com

Pastikan agar meja kantor selaras dengan furnitur dan dekorasi ruangan kantor mulai dari ukuran dan modelnya. Ketahui ukuran ruangan sehingga kamu bisa menentukan dimensi meja agar ruangan kerjamu tetap lega.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan desain meja kantor agar selaras dengan desain interior. Misalkan kantormu berdesain minimalis dengan konsep ruang terbuka yang digandrungi para milenial, berarti kamu bisa menggunakan meja kerja kantor dengan gaya kasual. Hindari penggunaan meja dengan warna kaku khas korporat atau motif kayu.

2. Menentukan meja kantor sesuai dengan fungsi

meja kantor dengan laci putih dan dua layar laptopentrepreneur.com

Sebelum membeli meja kantor, tentukan dulu fungsi utama dari meja tersebut. Apakah meja tersebut akan berfungsi sebagai meja komputer sehingga kamu membutuhkan meja yang memiliki tray keyboard serta tempat khusus untuk menempatkan CPU dan printer sendiri?

Jika kamu membutuhkan meja kantor tanpa komputer, maka kamu membutuhkan meja kerja yang minimalis. Kamu juga bisa memilih model meja yang ergonomis atau meja yang dirancang untuk memberikan kenyamanan pada karyawan.

3. Utamakan kualitas meja kantor

meja kantor kayu dengan laci dan kursi skandinavianoaandnani.co.uk

Sebelum memilih meja kantor, hendaknya kamu bisa memastikan apakah kualitas meja tergolong tahan lama. Kamu bisa cek meja untuk kecatatan seperti apakah laci bisa lancar dibuka dan ditutup, atau ada celah sedikit pada meja.

Tak hanya berarti uang kamu terbuang dengan sia-sia, meja kantor yang cacat pastinya menghabiskan uang tambahan untuk perbaikan. Periksa juga jangan sampai ada gelombang, gurat kasar, atau lubang kecil yang tersebar di permukaan meja.

4. Memilih material yang pas untuk meja kantor

meja kantor warna putih berbentuk l dengan lemarihome-designing.com

Beda bahan material pada meja bisa memengaruhi penampilan meja yang akhirnya bisa memengaruhi gaya desain yang ingin kamu tunjukkan di kantormu. Misalnya, kayu yang gelap menggambarkan gaya klasik yang tak lekang waktu, bahan metal atau kaca menggambarkan gaya modern dan clean vibe.

Adapun beberapa bahan material yang umum digunakan pada meja kantor seperti kayu dengan pilihan yang beragam mulai dari warna hingga pola kayu, kemudian bahan melamin, laminasi, kaca hingga besi.

5. Memilih meja kantor sesuai dengan dana atau budget

meja kantor dalam ruang terbuka coworking space dengan kursi kerja kuningworkriteergo.com

Jika kamu sudah bisa menentukan meja dan model apa yang tepat untuk kantormu, yang terakhir adalah menyesuaikannya dengan bujet. Apabila kamu memiliki bujet yang besar, kamu bisa memilih meja kantor dari bahan besi karena ketangguhannya, walaupun dijual dengan harga yang tergolong tinggi pula.

Namun apabila bujetmu hanya sekadar mencukupi, kamu bisa membeli meja kayu dengan kaki yang terbuat dari besi. Lapisi meja kantor dengan lapisan melamin agar permukaan meja bisa tahan gores dan juga mudah dibersihkan.

meja kantor kayu dengan kaki miringthebedstation.co.uk

Hindari membeli meja dengan kualitas rendah hanya karena ingin memenuhi bujet, karena biasanya meja kantor ini tidak akan bisa tahan lama bisa digunakan sehari-hari. Namun jangan pula membeli meja kantor dengan harga melebihi bujet hanya karena tergiur oleh desain belaka!

Nah setelah membaca tips Kania di atas, kamu pasti sudah punya gambaran meja kantor yang ingin kamu beli. Selamat berburu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse