Yuk, Masak Makanan Sehat untuk Buka Puasa #BisaDiRumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menu Makanan Sehat dan Lezat untuk Buka Puasa

Bingung ingin berbuka puasa dengan menu apa? Atau bahkan kamu sudah bosan dengan hidangan yang itu-itu saja? Mungkin akhirnya kamu memutuskan untuk membeli makanan cepat saji dari restoran, apalagi di masa social distancing ini, pasti ada banyak makanan yang kamu idamkan untuk berbuka puasa.

Padahal, kebersihannya tidak dapat terjamin secara sempurna sehingga dapat menjadi makanan yang tidak sehat untukmu dan keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuat sendiri makanan sehat untuk buka puasa agar tubuh lebih bergizi dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak perlu khawatir karena memasak makanan sehat untuk buka puasa #BisaDiRumah dengan meluangkan sedikit waktu. Untuk rasanya pun tidak kalah lezat dengan makanan yang sering kamu pesan dari restoran. Nah, berikut ini Kania akan membagikan rekomendasi menu makanan sehat dan praktis untuk buka puasa yang bisa langsung kamu coba di rumah! Seperti apa? Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

1. Tumis Tahu

makanan sehat tumis tahu di atas mangkuk putih biruallrecipes.com

Jenis makanan sehat yang satu ini sangat praktis dan patut dicoba untuk buka puasa. Ya, makanan sehat ini adalah tumis tahu. Gizi yang didapatkan dari tumis tahu ini cukup beragam, mulai dari protein hingga aneka nutrisi dan vitamin. Oleh karena itu, makanan sehat ini sangat cocok menjadi menu bergizi untuk keluarga.

Untuk membuat makanan sehat tumis tahu ini, pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti tahu, garam, gula, merica, kecap, serta bumbu-bumbu alami berupa bawang putih, bawang merah, kunyit, dan tomat. Setelah itu, rebus tahu di dalam panci dan iris tipis semua bumbu alami.

Jika sudah, waktunya menumis tahu yang sudah direbus dengan bahan dan bumbu yang sudah dipotong. Aduk-aduk sebentar menggunakan spatula dan tumis tahu siap dihidangkan. Menu ini juga bagus dijadikan sebagai makanan sehat untuk diet, lho!

2. Baked Fish atau Ikan Panggang

makanan sehat ikan panggangmylittlesous.com

Jenis makanan sehat untuk buka puasa lainnya adalah ikan panggang. Ikan yang kaya akan omega tiga ini sangat bagus untuk tubuh dan kesehatan jantung. Kamu bisa menggunakan ikan tuna atau kakap untuk membuat makanan sehat ini, tapi akan lebih baik kalau ikan tersebut adalah ikan yang sudah di-fillet agar memudahkanmu saat melakukan proses pemanggangan. Setelah dipanggang di dalam oven, tambahkan sayuran yang sudah dikukus, seperti wortel, selada, atau buncis.

3. Orak-Arik Telur dan Sayur

makanan sehat sayur dan telur yang diorak-ariktasteofhome.com

Jenis makanan sehat yang satu ini biasa dikenal juga sebagai scrambled eggs. Tidak memerlukan keahlian khusus, untuk membuat makanan sehat ini caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan telur ke dalam wajan anti lengket atau teflon, kemudian aduk secara acak.

Setelah itu, campurkan beberapa sayuran sesuai selera, seperti wortel, jagung, atau jamur. Untuk gizi dari makanan sehat ini tidak perlu diragukan lagi. Telur orak-arik ini sangat cocok dijadikan sebagai menu buka puasa. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi scrambled eggs ini dengan roti tawar atau roti gandum.

4. Salad Ayam

makanan sehat salad ayamtaste.com.au

Jika membicarakan soal makanan sehat untuk berbuka puasa, pasti identik dengan sayur-sayuran. Namun, apabila kamu bosan dengan menu sayur-sayuran yang ditumis atau dijadikan sup, mengapa tidak coba membuat salad? Salad sangat terkenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Cara membuatnya sangat praktis dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan.

Nah, supaya berbuka puasa lebih kenyang, kamu bisa membuat makanan sehat ini dengan variasi yang berbeda, yaitu menambahkan potongan daging ayam pada salad. Dengan demikian, variasi tersebut bisa menambah cita rasa tersendiri yang unik pada makanan sehatmu.

5. Ikan Salmon Bumbu Madu

makanan sehat berupa ikan salmon madupinterest.com

Tidak hanya praktis, makanan sehat yang satu ini juga memberikan rasa yang sangat lezat, lho! Cukup dengan menyiapkan salmon fillet, minyak wijen, madu, sambal uleg, jahe segar, dan bawang putih kamu bisa menciptakan makanan sehat untuk buka puasa ala restoran yang sangat nikmat.

Untuk membuat makanan sehat ini, kamu perlu melumuri ikan salmon dengan minyak wijen, kemudian campurkan semua bumbu ke dalam mangkuk kecil. Setelah itu, tuangkan saus ke dalam wajan dan biarkan sampai mendidih selama dua sampai tiga menit.

Setelah itu, angkat wajan dari atas kompor dan tambahkan salmon. Pastikan sisi kulit ikannya menghadap ke atas, ya! Setelah itu, letakkan wajan ke dalam oven dan panggang selama dua sampai tiga menit. Hasilnya, kamu akan mendapatkan makanan sehat berbahan dasar salmon yang garing dan renyah dengan rasa saus madu yang legit.

6. Onigiri

dua potong makanan sehat onigiri di atas piring putihjapanesecooking101.com

Sebagai menu tambahan setelah buka puasa, kamu bisa coba jenis makanan sehat yang praktis ini. Ya, onigiri yang khas dengan rumput lautnya! Untuk membuat makanan sehat khas Jepang ini, kamu hanya perlu menyiapkan nasi dan bahan-bahan untuk isi onigiri sesuai seleramu, seperti daging ayam, telur, abon, atau bahkan hanya garam.

Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam nasi, bulatkan nasi tersebut dan bentuk menjadi segitiga. Jika sudah, tambahkan nori atau lembaran rumput laut sebagai pengikat makanan sehat ini. Nyum.. menu tambahan untuk buka puasa sudah siap disantap!

Bagaimana, tidak susah ‘kan memasak makanan sehat sendiri untuk buka puasa di rumah? Sekarang kamu sudah punya enam menu makanan sehat yang bisa dihidangkan untuk berbuka puasa, deh! Jadi, kamu mau coba masak yang mana dulu?

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Tidak hanya artikel saja, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur, peralatan rumah tangga, dan juga dekorasi rumah untuk kebutuhan rumahmu. Yuk, cek Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse