Berbeda dari Lampu LED, Ketahui Cara Kerja Lampu Pijar dan Kelebihannya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Lampu menjadi salah satu sumber kehidupan dengan hadirnya listrik di dunia modern saat ini. Awalnya dengan kehadiran lampu pijar, manusia bisa menikmati malam hari tanpa perlu terlarut dalam gelap gulita.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini yang melengkapi dan mendukung gaya hidup manusia, teknologi pencahayaan juga semakin berkembang. Lampu pijar yang konvensional kini mulai tergantikan oleh kehadiran teknologi lampu LED.

bohlam lampu pijar digantungshutterstock.com

Lampu LED memiliki sumber pancaran cahaya yang dikumpulkan dalam bohlam lampu dan cahaya yang dipancarkan lewat aliran listrik tidak menghasilkan panas. Banyak kelebihan yang ditawarkan sehingga sebagian besar orang mulai meninggalkan lampu konvensional atau lampu pijar.

Padahal, manfaat lampu pijar sebenarnya berlimpah walaupun dibandingkan dengan lampu LED. Berbagai kelebihan tersebut akan tampak jelas saat kamu mengerti bagaimana cara kerja lampu pijar.

Cara Kerja Lampu Pijar

lampu pijar menyala di tengah bohlam lampushutterstock.com

Lampu pijar sendiri adalah jenis lampu yang cahayanya bersumber dari kawat pijar tipis yang dipanaskan. Lampu ini adalah lampu pertama yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison.

Cara kerja lampu pijar agar bisa menghasilkan cahaya yang maksimal sebenarnya sederhana. Ketika arus listrik mengalir melalui filamen yang mempunyai resistivitas tinggi, kerugian daya dalam filamen akan menghasilkan energi panas yang terlihat sebagai pijar cahaya.

lampu pijar menyala dipegang tanganpinterest.com

Aliran arus listrik dalam filamen atau kawat lampu pijar akan menggerakkan elektron-elektron bebas yang dapat menyebabkan terjadi benturan dangan elektron-elektron yang terikat pada inti atom. Loncatan elektron antar orbit akan menghasilkan energi berlebih yang dipancarkan sebagai cahaya atau panas, tergantung panjang gelombangnya.

Lalu apa saja kelebihan dari lampu pijar dibandingkan dengan jenis lampu lainnya? Ketahui terlebih dahulu kelima manfaat lampu pijar berikut jika kamu memutuskan untuk menggunakannya di rumah.

1. Cahaya yang dihasilkan tidak merubah warna asli objek

lampu pijar gantung di atas meja makanbrightedge.com

Lampu pijar memiliki color rendering index sebesar 100 persen, sehingga cahaya yang dihasilkan tidak akan merubah warna asli objek yang tertimpa cahaya lampu. Jenis lampu ini juga memiliki pengaturan intensitas cahaya dengan bantuan dimmer sehingga tingkat penerangannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

2. Harga ekonomis dan instalasi pun mudah

lampu pijar menyala di ruangan birujustinbramwell.com

Harga lampu pijar sangat terjangkau jika dibandingkan dengan lampu yang lain, selain itu instalasi lampu juga cukup murah tanpa perkakas tambahan karena hanya perlu memutar bohlam ke dalam fitting lampu. Kamu juga bisa dengan mudah membeli lampu pijar di toko elektronik.

3. Intensitas cahaya yang tidak terlalu terang bagus untuk mata

lampu pijar dalam lampu meja kayubanggood.com

Lampu pijar sangat sesuai digunakan sebagai pencahayaan aktivitas dalam ruangan seperti misalnya untuk lampu belajar atau lampu meja. Hal ini dikarenakan intensitas cahaya yang dihasilkannya tidak terlalu terang sehingga aman untuk mata kamu.

4. Sebagai dekorasi rumah yang estetik

lampu pijar digantungshutterstock.com

Lampu pijar saat ini juga berfungsi sebagai alat dekorasi yang memberikan aksen sesuai dengan tema ruangan. Apalagi dengan variasi dari bentuk lampu yang beragam, membuat ruangan akan semakin indah dan nyaman.

5. Panas yang dihasilkan menghangatkan ruangan

lampu pijar menyala menerangi ruangan dengan dinding batu bataconrad.com

Karena cara kerja lampu pijar adalah dengan membakar filamen, ini membuat lampu pijar menghasilkan energi panas di ruangan. Panas yang dihasilkan dapat bermanfaat sebagai penghangat ruangan atau digunakan di dalam mesin penetas telur.

Setelah mengetahui cara kerja lampu pijar serta manfaatnya, tak ada salahnya mencoba menggunakan jenis lampu ini sebagai pencahayaan utama ruangan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse