Berkenalan dengan Bambu, Tanaman Masa Depan Sekaligus Pembawa Rezeki

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Bagi masyarakat Indonesia, bambu bukanlah tanaman yang asing lagi. Tanaman yang disukai oleh panda ini mudah tumbuh di Indonesia. Penggunaannya pun sangat beragam, ada yang dijadikan tanaman hias, material furnitur, hingga diolah untuk kerajinan tangan.

Bambu juga disebut-sebut sebagai tanaman masa depan sekaligus pembawa rezeki, lho! Kok bisa? Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

Karakteristik bambu

tumbuhan bambu di hutan dengan cahaya matahariholidayguru.ie

Bambu termasuk dalam golongan rumput-rumputan yang memiliki rongga dan ruas pada bagian batang. Tidak heran kalau bambu bisa tumbuh dengan cepat. Pada iklim dan jenis tanah yang tepat, ia mampu tumbuh hingga 60 cm dalam satu hari. Setelah dipanen, tanaman ini sangat mudah tumbuh lagi sehingga bambu tidak akan menjadi langka.Bambu bisa hidup di berbagai iklim, mulai dari tropis hingga dingin. Bahkan beberapa jenis bambu sanggup bertahan di suhu -29 derajat Celcius.

Tanaman bambu juga sangat unggul untuk merehabilitasi lahan. Hal ini dikarenakan bambu mampu menyimpan 5.000 liter air. Satu hektar lahan yang dipenuhi bambu dapat menyerap 50 ton karbondioksida. Karakteristik tersebut membuat bambu sangat bisa diandalkan untuk menjaga keasrian lingkungan saat ini dan masa depan.

Manfaat bambu sebagai arsitektur

penggunaan bambu sebagai bahan arsitekturdezeen.com

Tidak hanya bangunan kuno saja, kini ada banyak bangunan mewah yang menggunakan bambu sebagai material utamanya, seperti resort mewah di Bali dan Lombok. Penggunaan bambu untuk arsitektur memberikan kesan yang sangat asri dan alami. Bambu juga bersifat ringan sehingga cocok digunakan untuk bangunan di kawasan rawan gempa. Penggunaan bambu sebagai material bangunan juga tergolong ramah lingkungan.

Manfaat bambu untuk kerajinan tangan

minuman jus stroberi menggunakan sedotan bambubamboo-straws.com

Saat ini ada banyak kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Biasanya bambu diolah dalam bentuk anyaman, seperti keranjang anyam, tirai, partisi, meja, rak, dan tempat duduk. Ada juga yang dirakit untuk berbagai kegunaan, seperti gelas bambu, angklung, sedotan bambu, dan pajangan.

Jenis bambu yang populer

kumpulan tanaman bambu hijaupixabay.com

Secara garis besar, jenis bambu dibedakan ke dalam kategori bambu hias dan bambu untuk kerajinan tangan. Jenis bambu hias yang populer di antaranya adalah bambu gendang. Ruas batangnya sedikit menggelembung dan berwarna hijau tua. Tinggi batangnya sekitar satu sampai dua meter sehingga cocok untuk ditanam di rumahmu.

Masih dalam kategori jenis bambu hias, selanjutnya ada bambu Jepang dengan ciri khas daun yang halus, batang berwarna hijau kelabu dan berdiameter tiga sentimenter. Jenis bambu ini bisa tumbuh hingga lima meter sehingga cocok dijadikan sebagai pagar. Ada juga jenis bambu kuning. Sesuai namanya, batang tanaman ini berwarna kuning keemasan dan tingginya mencapai sembilan meter dengan panjang daun hingga 12 sentimeter.

Sedangkan, untuk jenis bambu kerajinan tangan yang populer adalah bambu apus dan bambu betung. Jenis bambu apus dapat tumbuh hingga 20 meter. Sifatnya yang kuat, liat, dan lurus membuat jenis bambu ini sering digunakan untuk bahan anyaman karena seratnya panjang dan halus. Kalau jenis bambu betung lebih sering digunakan sebagai material bangunan dan furnitur. Lantaran batangnya sangat kukuh dan bisa tumbuh hingga 20 meter.

Tanaman bambu bisa membawa rezeki

tanaman bambu hias sebagai pembawa rezekisnapdeal.com

Dalam ilmu Feng Shui, tanaman bambu dipercaya mampu membawa rezeki bagi pemiliknya. Tanaman ini mewakili elemen air, tanah, kayu, logam, dan api sehingga bambu dikenal sebagai bambu rezeki.

Tanaman bambu yang dipercaya mampu membawa rezeki biasanya memiliki ukuran yang mungil dan identik dengan pita berwarna merah yang mengikatnya. Pada umumnya, bambu rezeki diletakkan di dalam pot untuk menghias meja atau sudut rumah sesuai dengan perhitungan Feng Shui.

Jumlah batang bambunya pun memiliki makna yang berbeda-beda. Dua bambu melambangkan hubungan pernikahan harmonis. Lima batang melambangkan kesehatan. Delapan batang melambangkan rezeki yang stabil. Sedangkan Sembilan batang melambangkan keberuntungan.

Ternyata bambu memiliki sangat banyak manfaat untuk kehidupan kita, ya. Mulai sekarang, coba tanam bambu di rumahmu, yuk!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse