Hemat Budget, Ikuti Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kamu punya rencana untuk mengecat dinding rumah? Selain memperhatikan pemilihan warna cat yang tepat, budgeting atau penganggaran sangatlah perlu untuk dilakukan supaya dapat memaksimalkan anggaran dan menghindari pemborosan.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah sehingga kamu bisa mengontrol dan mengoptimalkan budget yang kamu miliki. Untuk selengkapnya, yuk simak cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di bawah ini!

Hitung Luas Ruangan

mengecat dinding dengan cat berwarna biru mudarachaelrayshow

Cara menghitung kebutuhan cat dinding yang pertama adalah dengan menghitung luas ruangan. Penghitungan luas ruangan sangatlah penting untuk kamu lakukan karena berpengaruh pada jumlah cat yang akan kamu beli serta untuk mengetahui waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Coba deh luangkan waktu untuk menghitung luas ruangan yang akan kamu cat.

Rumus Penghitungan Cat Menurut Luas Ruangan

seorang pria sedang mengecat dinding ruangan dengan cat berwarna merahwtwpainting

Setelah kamu mengetahui luas ruangan yang akan kamu cat, silahkan lakukan cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah selanjutnya, yaitu menghitung kebutuhan cat menurut luas ruangan menggunakan rumus. Penggunaan rumus ini bertujuan untuk mengetahui jumlah cat yang kamu butuhkan. Rumus yang bisa kamu gunakan adalah membagi luas dinding dengan luas 1 liter. Sementara itu, standar pemakaian cat sebanyak 10-12 m2 per liter untuk setiap lapisan.

Sebagai contoh, dinding ruanganmu memiliki tinggi 3 m dengan luas ruangan 3 x 4 m. Maka, kebutuhan cat yang diperlukan adalah (2 x (3 m + 5 m)) x 3 m/ (12 m2/liter) = 14 m x 3 m / (12 m2/liter) = 42 m2 / (12 m2/liter) = 3,5 liter.

Melalui rumus cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan cat untuk ruangan dengan luas 3 x 5 m adalah 3,5 liter untuk satu kali pelapisan. Maka untuk dua kali pelapisan, diperlukan sekitar 7 liter cat, untuk tiga kali pelapisan adalah 10,5 liter cat, dan begitu seterusnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Luar Rumah

kuas roller cat dinding dengan cat warna biru mudamoneycrashers

Untuk menghitung kebutuhan cat dinding luar rumah, kamu harus mengetahui ukuran tinggi dan lebar dari dinding luar yang akan dicat tersebut. Setelah itu, tambahkan luas tembok yang akan di cat dengan luas plafon, luas pintu, dan luas jendela. Kemudian, bagi dengan daya sebar cat yang biasanya tercantum pada label kemasan cat.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Berdasarkan Satuan Kilogram

seorang pria menggunakan baju kuning sedang mengecat dinding putih dengan warna kuningjp.lt

Jika cara menghitung kebutuhan cat di atas berdasarkan satuan liter, kamu yang berencana membeli cat dalam satuan kilogram juga bisa melakukan penghitungan. Adapun, rumus menghitung kebutuhan cat berdasarkan luas ruangan di atas bisa dikalikan dengan koefisien 1.4. Sebagai contoh, jika satu kali pelapisan cat yang diperlukan sebanyak 3,5 liter, maka kamu tinggal mengalikannya dengan 1,4 yang hasilnya adalah 4,9 kilogram cat.

Tentukan Jumlah Pembelian Cat

seorang wanita menggunakan kuas roller cat untuk mengecat dinding dengan warna jinggapeningtonpainting

Langkah terakhir untuk menghitung kebutuhan cat ialah menentukan jumlah pembelian cat. Setelah mengetahui berapa banyak jumlah cat yang diperlukan, kamu tetap harus mengoptimalkan jumlah cat yang akan kamu beli di toko material. Saat ini, di pasaran tersedia beberapa varian kaleng cat yang tersedia dengan ukuran 2,5 liter, 5 liter, serta 20 liter. Nah,  silahkan lakukan penyesuaikan jumlah cat yang diperlukan dengan ketersediaan ukuran cat yang ada di pasaran sehingga penggunaannya semakin optimal.

Dalam proses pengecatan, terdapat sejumlah hal yang harus kamu ketahui, yakni pelarutan cat yang biasanya memerlukan tambahan air bersih sebanyak lima hingga 25% dari jumlah cat. Terkadang proses pengecatan juga memerlukan lebih dari satu kali lapisan untuk hasil yang maksimal. Selain itu, perhatikan juga cara mengecat dinding yang benar agar tidak banyak cat yang terbuang, ya!

Cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas merupakan hitungan secara kasar karena belum dikurangi beberapa bagian lain seperti pintu ataupun jendela. Namun, melalui cara menghitung kebutuhan cat dinding rumah di atas, diharapkan kamu bisa memaksimalkan budget dan menghindari pemborosan.

Jangan lupa lengkapi rumahmu dengan aneka furnitur dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual kursi bar, sofa minimalis, meja makan, dan rak penyimpanan dengan model serta ukuran yang beragam. Dengan demikian, kamu bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari hunian untuk tempat tinggal atau berinvestasi, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Kamu bisa menemukan aneka properti dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Jakarta Utara, apartemen baru di Tangerang, atau rumah baru di Jakarta Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse