Baik untuk Kesehatan, Sebenarnya Apa Itu Desain Ergonomis bagi Furnitur?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sofa di ruang tamu kamu kurang nyaman? Meja kantor kurang mendukung untuk bekerja? Bisa jadi penghitungan konstruksi pada furnitur tersebut kurang diperhatikan saat proses produksi. Idealnya, setiap furniture memiliki desain ergonomis untuk memaksimalkan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya.

Melalui artikel ini, Kania akan membagikan penjelasan singkat terkait desain ergonomis pada furnitur yang tentu saja sangat berdampak pada kenyamanan dan kesehatan penggunanya. Agar tidak salah pilih furnitur ergonomis, baca dulu penjelasan di bawah ini.

Pengertian Desain Ergonomis

kursi kantor dengan desain ergonomisofficefurnitureitaly.com

Fungsi dari aneka furnitur di hunian tak sekadar sebagai pemanis interior ruangan saja, melainkan harus berfungsi untuk memudahkan keseharian penggunanya. Nah, untuk mengoptimalkan kebutuhan di atas, kaidah ergonomis sangatlah diperlukan supaya aneka furnitur yang terdapat di hunian dapat digunakan secara efisien dan optimal.

Adapun, pengertian desain ergonomis adalah proses kalkulasi atau penghitungan yang dilakukan oleh desainer furnitur untuk menentukan ukuran konstruksi yang tepat dan ideal sehingga hasilnya dapat digunakan secara nyaman oleh semua orang berdasarkan kebutuhan ataupun fungsi utama dari furnitur tersebut.

Ergonomis Sebagai Kunci Kenyamanan dan Kesehatan

pria bekerja dengan meja dan kursi kantor ergonomispainlessmovement.com

Desain ergonomis berkaitan erat dengan kenyamanan dan kesehatan dari penggunanya. Dalam menciptakan sebuah furnitur, proses kalkulasi akan disesuaikan menurut berbagai ukuran tubuh manusia yang bergerak pada berbagai posisi, mulai dari duduk, membungkuk, berputar hingga tidur dalam posisi telentang. Melalui proses kalkulasi berbagai posisi gerakan tersebut, maka penghitungan ergonomis akan didapatkan dan diaplikasikan pada rancangan furnitur yang akan diproduksi.

Adapun, hasil akhir dari produksi furnitur dari penghitungan ergonomis tersebut tak hanya akan berdampak pada kenyamanan saat digunakan, namun juga dapat meningkatkan kesehatan pengguna misalnya membuat tubuh terbebas dari rasa pegal dan kaku meskipun harus duduk di kursi kantor dalam waktu yang lama.

Kalkulasi Ukuran Ergonomis

perempuan bersandar di kursi kantor ergonomissteelcase.com

Dalam kalkulkasi ukuran berdasarkan prinsip ergonomis, praktik yang dilakukan tak bisa diambil secara asal-asalan. Adapun, kalkulasi ergonomis dilakukan dalam dua kelompok utama, yakni bagi pengguna orang Asia dan orang Kaukasia. Setelah pembagian dua kelompok tersebut, pembagian pun dilakukan lagi berdasarkan jenis kelamin dan umur pengguna.

Pada kalkulasi ergonomis tersebut, para desainer dan produsen dapat membuat aneka furnitur sesuai dengan peruntukannya. Termasuk dalam kalkulasi umur, di mana set meja dan kursi khusus anak akan memiliki desain dan ukuran yang sangat berbeda ketimbang set furnitur yang dikhususkan bagi pengguna remaja maupun dewasa.

Desain Ergonomis untuk Penyandang Disabilitas

dapur ergonomis khusus penyandang disabilitaspinterest.com

Pada furnitur yang dijual secara bebas di pasaran, kalkulasi ergonomis yang dilakukan biasanya berlaku pada pengguna umum sesuai pasar dari masing-masing negara. Namun untuk para penyandang disabilitas, kebutuhan ergonomis umumnya dilakukan secara custom mengikuti kebutuhan dan kondisi dari penggunanya.

Adapun, pertimbangan penghitungan ergonomis bagi penyandang disabilitas biasanya dilakukan berdasarkan kemampuan gerak, kemampuan lihat dan penghitungan lain yang tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan dan menopang kesehatan dari penyandang disabilitas tersebut.

Aplikasi Desain Ergonomis pada Furnitur

furnitur ergonomis dalam ruang tamu

Konstruksi setiap objek ergonomis memiliki perbedaan satu sama lain karena disesuaikan menurut fungsinya. Contoh sederhana bisa dilihat pada pembuatan set kursi dan meja untuk di rumah tamu, di mana set furnitur tersebut wajib memiliki kaidah ergonomis seperti ukuran dan tinggi yang posisinya telah disesuaikan satu sama lain sehingga nyaman saat digunakan.

Tak hanya itu, ukuran dari set meja dan kursi akan menentukan kesan yang ingin kamu ciptakan. Misalnya, meja dan kursi berukuran rendah dapat memberikan suasana santai karena bisa menatap satu sama lain, sedangkan meja dan kursi berukuran tinggi akan memberikan kesan formal dan kaku.

furnitur ergonomis dalam rumah

Selain itu, aplikasi desain ergonomis pun berlaku pada keseluruhan elemen interior yang ada di hunian, mulai dari konstruksi tangga rumah yang idealnya dapat menopang penghuni rumah saat menggerakkan badan, konstruksi pintu utama yang ukurannya harus mencakup struktur tubuh secara variatif, hingga tata letak perabotan dapur yang sebaiknya mudah untuk diakses.

Dalam desain interior, prinsip ergonomis sangatlah penting untuk diterapkan karena akan berdampak pada efisiensi penggunaan, kenyamanan dan kesehatan penggunanya. Jika kamu bingung bagaimana memilih desain furnitur atau peralatan rumah tangga yang ergonomis, tak ada salahnya berkonsultasi ke jasa desain interior terpercaya sekaligus untuk memastikan desain interior secara keseluruhan tetap sesuai dengan keinginan kamu.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse