Prinsip Wabi-sabi dalam Desain Hunian Jepang: Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jepang memang dikenal dengan beragam filosofi dalam memandang dunia, termasuk dalam memahami konsep ketidaksempurnaan. Wabi-sabi merupakan sebuah filosofi yang berasal dari Taoisme dan kerap digambarkan sebagai cara untuk menemukan suatu keindahan dalam ketidaksempurnaan. Konsep Wabi-sabi mengarah pada ketidakabadian dan ketidaksempurnaan dalam hidup kita.

Wabi-sabi adalah paham yang mengajarkan realitas bahwa ada hal-hal yang tidak dapat bertahan, tidak selesai, dan kesempurnaan sesungguhnya tidak nyata.

Filosofi Wabi-sabi juga dikenal sebagai dasar dari tradisi minum teh, seni merangkai bunga, haiku, hingga desain taman. Lalu, apa sih sebenarnya Wabi-sabi? Dan bagaimana prinsip ini bisa diterapkan dalam konsep desain di Jepang termasuk desain hunian? Yuk, simak ulasan Kania di bawah ini, ya!

1. Makna filosofi Wabi-sabi dalam desain

konsep wabi sabi dalam hunian dan rumahSumber: Pinterest

Meskipun kata Wabi-sabi digunakan bersama-sama, namun dua kata ini sebenarnya memiliki makna dan konsep berbeda. Wabi bermakna kesadaran dalam menemukan suatu kepuasan dalam kekurangan, sedangkan sabi bermakna sebuah kepuasan dan keindahan yang dialami seiring berjalannya waktu seperti karatan, retak, cacat dan masih banyak lainnya.

2. Penerapan konsep Wabi-sabi dalam hunian atau rumah

2Sumber: jaminidesign.com

Konsep ini sangat cocok digunakan untuk mendesain dan mendekorasi rumah atau hunian kamu. Sekilas konsep ini memang sedikit mirip dengan konsep atau gaya hidup minimalis. Konsep ini sama-sama menerapkan furnitur yang minimalis untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Bedanya dengan konsep minimalis terletak pada karakterisasi perabot dan furnitur yang digunakan.

3. Penggunaan material sederhana untuk konsep Wabi-sabi

konsep wabi sabi pada kamar tidurSumber: mahno.com.ua

Pemilihan material perabotan sangat penting dilakukan. Apalagi buat kamu yang ingin hunianmu tampak estetis dengan sentuhan Wabi-sabi. Bahan-bahan perabot yang sering digunakan biasanya terbuat dari alam namun tetap tahan lama dan memiliki kualitas tinggi. Sebut saja credenza kayu jati, rangkaian rotan, sulaman rumput dan lain-lain.

dapur dengan sentuhan wabi sabiSumber: wabisabishimoda.com

Karena konsep Wabi-sabi sangat menonjolkan kesederhanaan, maka sangat penting untuk tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran untuk membeli barang-barang rumah tangga berulang-kali karena kamu menggunakan peralatan yang tidak awet. Sebaiknya kamu membeli yang tahan lama agar tidak merogoh kocek terlalu dalam.

4. Penataan peralatan rumah tangga sederhana dalam konsep Wabi-sabi

kamar mandi dengan konsep wabi sabiSumber: www.grespania.com

Karena konsep Wabi-sabi sangat berkaitan dengan konsep minimal namun tetap artistik, kamu bisa menambahkan perabotan-perabotan yang memiliki desain artistik namun jangan sampai berlebihan. Wabi-sabi mendorong kita untuk hanya memiliki barang-barang yang memang memiliki fungsi agar ruangan di rumah terasa lebih leluasa. Kamu bisa menambahkan dekorasi keranjang majalah, kursi yang terbuat dari akar pohon, keramik bercorak dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mengeksplorasi Wabi-sabi dengan menggunakan desain yang tidak simetris untuk menambahkan nilai artsy pada hunianmu, atau bisa juga menggunakan desain unfinished beton hingga batu bata ekspos.

5. Jangan lupa sirkulasi udara, cahaya serta unsur alam untuk konsep Wabi-sabi yang sempurna

teras dengan konsep wabi sabifoto: Pinterest

Karena konsep Wabi-sabi ini berusaha untuk menciptakan suasana rumah yang tenang dan damai, kamu bisa menerapkan pewarnaan hunian dengan warna-warna yang terinspirasi dari alam seperti warna abu-abu, hijau, biru atau warna yang menyerupai padang rumput.

ruang keluarga dengan konsep wabi sabiSumber: www.thespruce.com

Penerapan warna untuk konsep Wabi-sabi ini tak melulu harus lewat dinding, dan kamu bisa menambahkan sentuhan warna alam pada lantai atau aksesori ruangan.

Tata sedemikian rupa agar cahaya alami dan udara bisa masuk dengan leluasa. Selain bermanfaat dilihat dari sisi kesehatan, rumah yang didesain agar sirkulasi udara dan cahaya alami bisa masuk dengan bebas akan terlihat lebih segar dan cerah.

Nah, bagaimana? Siap untuk mendapatkan kesempurnaan yang tidak sempurna?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse