Penting Banget! Kegunaan Diffuser untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rutinitas harianmu lebih banyak dilakukan di dalam ruangan? Sebaiknya, kamu menjaga kelembaban udara dan kesegaran ruangan supaya aktivitasmu bisa dilakukan secara nyaman.

Adapun, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memasang diffuser yang tidak hanya dapat membersihkan udara di dalam ruangan, namun juga dapat memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan.

Buat kamu yang ingin memasang diffuser di dalam ruangan, Kania akan membahas serba-serbi dari kegunaan alat yang yang sedang populer digunakan oleh banyak orang ini. Jika penasaran, silahkan cek artikel di bawah ini, ya!

Kegunaan diffuser

berbagai macam diffuser ruangan warna putih
thewirecutter

Diffuser merupakan alat yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan atau minyak esensial dari aromaterapi. Jauh lebih aman ketimbang dupa ataupun lilin aromaterapi yang berpotensi menyebabkan kebakaran, penggunaan diffuser tak hanya memberikan kesegaran natural di dalam ruangan, namun juga dapat membersihkan udara serta mengurangi bakteri dan jamur.

Dalam penggunaan diffuser, kamu bisa memilih berbagai varian minyak esensial aromaterapi untuk menciptakan mood ruangan yang kamu inginkan. Bahkan, ada pula pilihan berbagai macam diffuser yang telah dilengkapi dengan kipas sehingga dapat memberikan efek menyejukkan.

Diffuser untuk relaksasi tubuh

diffuser putih dengan 4 botol essensial oil
corepoweryoga.com

Dalam minyak esensial yang kamu baurkan ke dalam diffuser, terdapat kandungan minyak atsiri yang secara efektif dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Maka dari itu, kamu bisa menyimpan diffuser di atas meja kerja sehingga pikiranmu dapat terbebas dari stres atau simpan diffuser di area kamar tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu.

Diffuser untuk mencegah flu dan pilek

diffuser kayu berwarna coklat
ottawapathwork

Minyak atsiri memiliki kandungan senyawa organik dan sifat anti-mikroba sehingga saat disebarkan dengan diffuser, kandungan tersebut akan bersentuhan langsung dengan patogen yang tersebar di udara untuk mempersulit bakteri menyerang tubuh. Bahkan, minyak atsiri dari diffuser pun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu sehingga tidak rentan terkena penyakit seperti flu, pilek dan batuk.

Diffuser untuk melancarkan pernafasan

diffuser berwarna cokelat dan putih
airlifebetter.com

Untuk kamu yang memiliki alergi pernapasan, penggunaan diffuser dengan minyak atsiri juga sangat bagus untuk mengurangi penyumbatan dan peradangan pada saluran pernafasan. Alhasil, penggunaan diffuser secara efektif dapat membuatmu bisa bernafas lebih mudah dan mengatasi alergi pernafasan saat di dalam ruangan.

Diffuser untuk mengatasi nyeri

diffuser berwarna cokelat dan putih dengan hiasan bunga
fightingdustmites.com

Minyak atsiri juga secara efektif dapat menghilangkan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi dengan cara mengoleskan pada bagian yang sakit. Nah, kamu juga bisa memperluas pengaruh minyak atsiri menggunakan diffuser sehingga memaksimalkan kegunaannya untuk mengatasi nyeri di sejumlah anggota tubuh.

Diffuser untuk mengusir nyamuk dan serangga

diffuser di atas meja kayu dinding putih
thezoereport.com

Seperti yang kita ketahui, lalat dan nyamuk yang hinggap di dalam rumah bisa menjadi sumber penyakit yang membahayakan. Adapun, penggunaan diffuser dengan minyak essensial secara efektif dapat mengusir nyamuk dan lalat yang memasuki ruangan dan membuatmu tak perlu lagi menggunakan racun serangga yang membahayakan kesehatan tubuh.

Penggunaan Diffuser di Dalam Ruangan

diffuser putih dengan botol essensial oil berwarna cokelat
classpass.com

Untuk penggunannya, kamu dibebaskan untuk memilih diffuser sesuai kebutuhan dan ukuran ruangan. Namun, pastikan proses pencampuran air disesuaikan menurut ukuran diffuser dan jenis minyak essensial yang kamu gunakan mengingat beberapa jenis minyak dapat digunakan tanpa harus dicampur air.

Perlu kamu ketahui, diffuser pun mempunyai ukuran yang tergolong mungil sehingga sebarannya hanya melingkupi area kecil. Maka, tempatkan diffuser di area strategis misalnya di meja kerja, samping tempat tidur atau di bagian tengah ruang keluarga.

Memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan dan dapat memberikan kesegaran alami di dalam ruangan, maka tak ada salahnya untuk menggunakan diffuser sebagai pelembab alami ruangan. So, silahkan pilih model diffuser yang sekaligus dapat mempercantik ruangan serta pilih minyak essensial yang sesuai dengan kebutuhanmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse