Alasan Kenapa Kamu Harus Tahu Material Lisplang GRC

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ingin mengubah tampilan eksterior hunian agar terkesan lebih estetik? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang lisplang sebagai pelengkap bagian ujung atap rumah agar tampilannya menjadi lebih apik sekaligus berfungsi untuk memproteksi bangunan agar tidak mudah rusak akibat air dan paparan sinar matahari.

Di pasaran, ada macam-macam jenis lisplang yang bisa kamu pilih. Adapun, salah satu yang paling populer adalah lisplang GRC yang terkenal dengan kekuatannya serta tampilannya yang sangat menawan. Nah, sebelum kamu memasang lisplang GRC di rumahmu, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai material lisplang GRC. Yuk, simak ulasan dari Kania berikut ini!

Produksi Lisplang GRC

eksterior rumah mewah dan besar berwarna putih menggunakan lisplang grcspeedhouse

Sesuai namanya, variasi lisplang yang satu ini menggunakan material utama berupa GRC atau Glass-fibre Reinforced Concrete. Dalam pembuatannya, material tersebut mengombinasikan beberapa campuran bahan sekaligus, di antaranya adalah semen, pasir halus, air, agregat, polimer akrilik, dan kaca serat tahan alkali. Selain digunakan untuk lisplang, material GRC juga kerap dijadikan sebagai bahan bangunan dalam bentuk papan atau yang lebih dikenal dengan sebutan GRC board.

Kerap disebut sebagai beton ringan, perbedaan utama antara GRC dengan beton biasa adalah tidak adanya tulangan baja karena GRC menggunakan kaca serat sebagai penguat. Alhasil, lisplang GRC mempunyai bobot yang sangat ringan, tipis, dan dapat dibentuk dalam berbagai macam desain. Oleh karena itu, GRC sangat pas digunakan sebagai material pelapis seperti lisplang, talang, hingga atap berbentuk kubah.

Lisplang GRC Tahan Terhadap Api

material lisplang GRC yang tahan apimakemebuilder

Tak hanya mempunyai bobot yang sangat ringan, lisplang GRC pun memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap api. Jika dibandingkan dengan kayu, lisplang GRC mempunyai sifat yang cenderung sulit merambatkan api sehingga penggunannya jauh lebih aman untuk meminimalisir kebakaran rumah.

Lisplang GRC Awet dan Tahan Lama

atap rumah berwarna hitam menggunakan lisplang GRCgrcboard

Kelebihan lain dari lisplang GRC adalah tidak mudah mengalami kerusakan dan karat meskipun terkena cipratan air hujan secara langsung terus menerus. Bahkan, lisplang GRC juga tidak mudah mengalami pelapukan meskipun terkena lembab dan jamur sehingga lisplang dengan material GRC ini sangat cocok digunakan oleh hunian di daerah tropis seperti Indonesia.

Lisplang GRC dengan Tampilan Variatif

variasi lisplang grc menyerupai kayu pada bangunan mewahspeedhouse

Meskipun dibuat dengan kandungan bahan yang nyaris sama dengan beton, namun lisplang GRC menawarkan fleksibilitas bentuk untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Jika kamu memiliki hunian dengan konsep modern, maka kamu bisa memilih desain lispang GRC minimalis agar tampilannya serasi. Selain itu, lisplang GRC pun bisa dibentuk menyerupai serat kayu dengan ukiran rumit sebagai dekorasi hunian berkonsep etnik atau tradisional.

Harga Lisplang GRC Ekonomis

macam-macam bentuk dan motif lisplang grcGoogle

Jika dibandingkan dengan lisplang yang menggunakan material beton biasa, metal, ataupun kayu, lisplang GRC dijual dengan harga yang sangat ekonomis sehingga dapat menghemat anggaran. Berkat bobotnya yang sangat ringan, pemasangan lipspang GRC pun hanya memerlukan waktu yang singkat sehingga dapat meminimalisir pengeluaran biaya pembayaran upah untuk tukang.

Selain itu, pengecatan lisplang GRC juga tidak memerlukan proses plamir atau proses meratakan permukaan terlebih dahulu. Dengan demikian, biaya keseluruhan yang akan dikeluarkan akan jauh lebih sedikit sehingga kamu bisa menghemat biaya.

Tampilan Rapi Lisplang GRC dan Minim Perawatan

deretan rumah dengan desain yang sama menggunakan lisplang grcroyalboard

Pemasangan lisplang GRC akan memberikan tampilan yang rapi dan menawan pada hunianmu karena lisplang GRC memiliki permukaan yang halus. Tak hanya itu saja, penggunaan lisplang GRC pun tidak memerlukan perawatan khusus sehingga kamu bebas repot. Jika terdapat bagian yang mengalami kerusakan, kamu juga bisa menggantinya dengan mudah.

Melalui ulasan di atas, dapat dilihat bahwa lisplang GRC menawarkan banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan lisplang kayu, metal, ataupun lisplang beton biasa. Nah, apakah kamu tertarik mengaplikasikan lisplang GRC pada hunianmu?

Selain memilih material lisplang yang tepat, pastikan juga kamu memilih furnitur berkualitas untuk melengkapi bagian dalam rumahmu, ya! Dekoruma jual kursi kantor, meja makan, tempat tidur, rak dinding, dan aneka furnitur lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse