Pesona Begonia, Kembangnya Negara Tropis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Begonia Lebih Dekat, Bunga Cantik di Negara Tropis

Bagi kamu pecinta tanaman pasti sudah tahu bahwa bunga ataupun tanaman hias bukan hanya untuk mempercantik suasana, tapi juga bermanfaat untuk menyaring udara, meredam polusi sehari- hari, dan menambah kesejukan alami.

Nah, sekarang saatnya kamu melirik tanaman begonia, si kembang negara tropis yang cantik dan menawan yang bisa kamu hadirkan di dalam rumah. Yuk, kenali pesona tanaman begonia lebih dekat melalui pembahasan dari Kania berikut ini!

Karakteristik & Jenis- Jenis Begonia

Begonia adalah jenis tanaman berbunga yang mekar sepanjang tahun dari family Begoniaceae.  Begonia sendiri terdiri dari hampir 2.000 jenis, si cantik ini merupakan salah satu tanaman berbunga yang paling besar jumlahnya. Umumnya begonia bisa ditemukan di daerah beriklim subtropis atau tropis lembap, seperti di Amerika Selatan, Afrika dan Asia.

tanaman begonia dengan bunga warna merah oranye dan pinkwhiteflowerfarm.com

Sebagai tanaman hias, begonia terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok begonia berbunga indah dan begonia berdaun indah. Begonia berbunga indah lebih banyak terdapat di luar negeri, khususnya Amerika.  Bunga begonia umumnya bersifat majemuk dan mekar dengan tidak terbatas, mulai dari atas hingga ke bawah. Warnanya pun sangat menarik perhatian, seperti merah, merah muda, kuning, atau putih.

tanaman begonia dengan daun yang indah berwarna hijau dan ungu123rf.com

Sementara, di Indonesia lebih banyak jenis begonia yang berdaun indah. Biasanya begonia berdaun indah ditandai dengan bentuk daun yang asimetris dan bisa berwujud berbeda, misalnya oval, menjari, atau seperti palem dan terompet sesuai dengan jenisnya. Warna daun begonia juga beragam, mulai dari warna hijau, ungu, abu- abu, merah, atau bahkan perpaduan beberapa warna sekaligus.

Tips Merawat Begonia di Rumah

Sebelum merawat tanaman begonia, kamu harus tahu dulu tanaman begoniamu termasuk ke dalam jenis apa. Begonia berbunga indah biasanya berasal dari kelompok tuberous, sedangkan yang berdaun indah biasanya berasal dari varietas rex. Daunnya memiliki warna dan corak yang sangat eksotis dengan permukaan daun yang kasar dan bertekstur. Namun, ada juga yang berbulu halus.

beberapa tanaman begonia berdaun indah di dalam potbhg.com

Begonia bisa menjadi tanaman hias di rumah, baik di indoor maupun outdoor selama lokasi penanamannya tepat. Tanamlah begonia di area yang mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung dan masih memiliki tingkat kelembapan yang cukup. Penaungan cahaya bisa diakali dengan penggunaan terpal yang teduh, meletakkan begonia di bawah paranet ataupun menghalanginya dengan tumbuhan yang berukuran lebih besar.

tanaman daun begonia di dalam pot disiram dengan pot penyiram tanaman abu-abuapartmenttherapy.com

Hindari penyiraman begonia terlalu sering karena dapat mengalami penyakit pembusukan pada akar akibat overwatering. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar penyiraman pada begonia dilakukan hanya saat tanaman mulai menunjukkan ciri-ciri kekeringan, seperti daunnya yang berjatuhan. Untuk mencegah terjadinya overwatering atau jamuran, kamu bisa akali dengan hanya menyemprotkan air secukupnya pada bagian media tanaman secara berkala.

Untuk pemupukan, pupuk terbaik dan paling cocok dengan begonia adalah pupuk yang memiliki unsur nitrogen, fosfor, dan kalium. Jumlah takaran masing-masing pupuk ini pun harus disesuaikan agar seimbang. Pemupukan tanaman begonia tidak perlu terlalu sering, cukup sekali saja dalam enam bulan. Selain itu, dalam proses pemupukan kamu juga harus berhati-hati karena akar begonia merupakan jenis akar serabut yang cukup sensitif.

tanaman begonia berdaun indah di halaman dengan warna yang beragamthemarthablog.com

Terakhir, supaya penampilan tanaman begonia tetap cantik maksimal, kalian bisa membersihkan bagian daun begonia yang terdapat titik-titik air yang tertinggal menggunakan kain lap yang lembut secara rutin. Daun begonia yang kering akan membuat tanaman semakin awet. Selain menjadi kering, membersihkan tanaman begonia juga bisa membuatnya terlihat mengkilap indah.

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu jadi lebih tahu dan mengenal dekat tanaman begonia, kan? Ingat untuk melakukan tips perawatan begonia ala Dekoruma, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse