6 Tumbuhan Pemakan Serangga Ini Buat Rumahmu Bersih

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Rumah Bebas Serangga dengan Tumbuhan Pemakan Serangga

Menemukan tumbuhan pengusir serangga adalah hal yang mudah. Sebut saja seperti bunga lavender, serai wangi, geranium, catnip, hingga rosemary. Namun, bagaimana dengan tumbuhan pemakan serangga? Tumbuhan pemakan seranggaa benar-benar ada di bumi dan bukan sebatas kisah fiksi saja, lho!

Sesuai dengan namanya, tumbuhan pemakan serangga ini hidup dan tumbuh dengan nutrisi serangga. Berbeda dengan tumbuhan pada umumnya yang mengandalkan air dan sinar matahari. Tertarik untuk membersihkan rumah dari serangga? Jika kamu memiliki tumbuhan pemakan serangga ini, rumahmu pasti akan bersih dan bebas dari serangga. Yuk, intip daftar tumbuhan pemakan serangga dari Kania berikut ini!

Kantong Semar

tumbuhan pemakan serangga kantong semarpixabay.com

Di antara sekian banyak tumbuhan pemakan serangga, nama kantong semar mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Kantong semar banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, dan Jawa. Tumbuhan pemakan serangga kantong semar ini tumbuh subur pada tanah yang kandungan unsur haranya sedikit. Beberapa justru tumbuh subur pada tanah kapur, tanah berpasir, dan tanah merah.

Kantong semar bisa tumbuh hingga 20 meter. Caranya untuk menarik perhatian serangga adalah dengan mengeluarkan aroma yang menarik serangga dari bagian kantong. Serangga yang tergelincir ke dalam kantong akan terperangkap ke dalam cairan khusus. Kemudian dicerna dan diserap nutrisinya.

Venus Flytrap

tumbuhan pemakan serangga venus flytrap di dalam pot abu-abu kecilpixabay.com

Venus flytrap cukup populer untuk dijadikan tumbuhan pemakan serangga di dalam rumah. Ukuran tumbuhan pemakan serangga ini hanya sekitar empat sampai lima sentimeter. Oleh karena itu, kamu bisa menanamnya di dalam sebuah pot kecil. Bagian daunnya dikelilingi oleh duri-duri kecil dengan bentuk yang menyerupai mulut yang bisa mengatup.

Tumbuhan pemakan serangga ini menarik perhatian serangga dengan mengeluarkan lendir pada bagian ujung daun.  Dengan demikian, serangga yang hinggap akan terjebak dan venus flytrap pun akan menutup daunnya, lalu menyerap kandungan nitrogen dari serangga.  Serangga yang paling sering dimakan oleh venus flytrap adalah lalat sehingga tumbuhan pemakan serangga ini sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah sebagai pengusir lalat.

Butterwort

tumbuhan pemakan serangga butterwortpixabay.com

Butterwort sering dikenal juga sebagai pinguicula. Tumbuhan pemakan serangga yang satu ini berukuran sekitar tujuh sentimeter. Kelopak-kelopak daunnya bertumpuk dan tersusun rapi bagaikan bunga teratai. Pada umumnya, daun butterwort berwarna hijau cerah, tapi beberapa tumbuh dengan semburat warna merah. Butterwort merupakan salah satu tumbuhan pemakan serangga yang memiliki satu bunga pada periode tertentu.

Permukaan daunnya memiliki cairan lengket untuk menjebak semut. Setelah berhasil menjebak semut, butterwort akan mengeluarkan zat lain untuk mencerna nutrisinya. Oleh karena itu, tumbuhan pemakan serangga yang satu ini cocok sekali diletakkan di dapur untuk mengusir semut agar tidak mengerumuni bahan makananmu.

Drosera

tumbuhan pemakan serangga drosera atau embun mataharipixabay.com

Tumbuhan pemakan serangga drosera ini juga dikenal sebagai sundew atau embun matahari karena permukaannya memang sering mengeluarkan embun, terutama pada saat kondisi udara lembap. Drosera memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari satu sentimeter hingga 100 sentimeter. Bagian tubuhnya menyerupai tentakel yang dilengkapi dengan cairan lengket. Tentakelnya yang berwarna merah berfungsi untuk menangkap sekaligus mencerna serangga.

Lili Kobra

dua tumbuhan pemakan serangga lili kobra berdempetanwikipedia.com

Sekilas pandang, tumbuhan pemakan serangga lili kobra memang menyeramkan. Bentuknya menyerupai kepala ular kobra dengan daun menjuntai yang menyerupai lidah ular. Serangga kesukaan lili kobra adalah lebah dan semut. Tinggi lili kobra bisa tumbuh hingga 60 sentimeter.

Mereka menjebak serangga sebagai mangsa dengan mengeluarkan aroma harum. Serangga yang memanjat daun lili kobra akan dibawa ke bagian dalam tumbuhan. Saat sudah berada di dalam, serangga tidak akan bisa keluar karena akan langsung dicerna oleh lili kobra.

Kincir Air

kumpulan tumbuhan pemakan serangga kincir airplantsrescue.com

Berbeda dari tumbuhan pemakan serangga sebelumnya, tumbuhan pemakan serangga kincir air ini hidup di dalam air, tapi daunnya mengapung di atas permukaan air untuk menjebak serangga. Bentuk daunnya menyerupai kincir air dan berukuran kecil.

Cara kerja kincir air menangkap serangga tergolong unik. Tumbuhan pemakan serangga kincir air memiliki batang yang berisi udara dan pada bagian ujungnya ada lubang sebagai jalur masuk serangga. Dalam hitungan 10 milidetik, tumbuhan pemakan serangga ini akan menutup bagian batangnya sehingga serangga terperangkap.

Meskipun terkesan menyeramkan, tumbuhan pemakan serangga di atas tidak berbahaya bagi manusia. Pasalnya, mereka hanya memakan dan membunuh serangga. Untuk beberapa tumbuhan seperti venus flytrap, saat kamu mendekatkan jari ke bagian daunnya, mereka mungkin akan mengatup jarimu, tapi kamu bisa melepaskannya dengan mudah. Tertarik untuk menanam dan memeliharanya?

Ingin mewujudkan rumah impianmu dengan desain interior yang menawan? Mulailah dengan mengisi rumahmu dengan furnitur yang sesuai desain impianmu bersama Dekoruma! Dekoruma jual meja TV, lemari pakaian, tempat tidur, dan sofa minimalis dengan ragam ukuran dan model. Harganya ramah kantong dan prosesnya nggak ribet!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse