Manjur! 6 Cara Mengusir Tokek Paling Efektif

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Trik Ampuh Mengusir Tokek di Rumah

Kehadiran tokek yang ukurannya lebih besar dibandingkan cicak biasa di rumah memang tidak membahayakan keselamatan penghuni. Akan tetapi, kehadiran mereka cukup mengganggu kenyamanan karena tokek sering mengeluarkan suara yang kencang. Ditambah lagi, mereka juga suka membuang kotoran di sembarang tempat sehingga rumah jadi kotor. Kalau sudah seperti ini, kamu perlu mengetahui cara mengusir tokek yang tepat dan efektif.

Nah, untuk itu Kania ingin membagikan enam cara mengusir tokek di rumah yang manjur.  Dengan mengikuti cara mengusir tokek yang Kania bagikan di bawah ini, kamu tidak perlu mengawasi tokek setiap saat atau menyentuhnya secara langsung. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan. Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini!

Cara mengusir tokek menggunakan kulit telur ayam

kulit telur ayam warna putih untuk cara mengusir tokekpixabay.com

Kalau kamu suka memasak telur ayam, jangan buru-buru buang kulit telurnya, ya! Pasalnya, tokek akan mengira kulit telur itu adalah telur predator. Tokek yang merasa terancam pun akan enggan berlama-lama di rumahmu.

Cara mengusir tokek yang satu ini cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu meletakkan kulit telur ayam di area yang sering dilalui tokek. Jangan cuci kulit telur ayam tersebut supaya tokek lebih cepat menemukannya. Rutinlah mengganti kulit telur setiap tiga sekali hari supaya penghuni rumah tidak terganggu dengan bau amis

Aroma bawang merah tidak disukai tokek

bagian dalam bawang merah dengan ilustrasi gelembungpixabay.com

Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah menggunakan bawang merah dengan aromanya yang sangat menyengat dan pedas. Ada dua cara mengusir tokek dengan bawang merah. Pertama, dengan cara mengiris bawang merah hingga halus, kemudian letakkan di sudut rumah atau tempat bersarangnya tokek. Aroma menyengatnya akan membuat tokek menyingkir. Gantilah irisan bawang merah ketika aromanya sudah mulai berkurang atau menghilang.

Cara yang kedua adalah dengan menghaluskan bawang merah dan melarutkannya ke dalam air. Simpan larutan bawang merah ke dalam botol semprot. Ketika kamu melihat ada tokek yang melintas, semprotkan larutan bawang merah ini ke tubuh tokek. Dengan demikian, tokek akan merasa tubuhnya perih akibat larutan bawang merah sehingga kapok kembali masuk ke rumahmu.

Cara mengusir tokek dengan lada

lada hitam dan lada putih di dalam dua mangkuk warna putihsimplyrecipes.com

Bubuk lada mampu menyedapkan rasa dan aroma masakan. Akan tetapi, apa yang terjadi ketika kamu tidak sengaja menghirup bubuk lada tersebut? Tentu kamu akan bersin-bersin dan pernapasan akan terasa panas. Tokek pun akan merasakan hal yang sama. Ditambah lagi, tubuhnya akan terasa perih jika terkena lada.

Kamu bisa mengisi penuh lada di dalam sebuah mangkuk, lalu letakkan mangkuk tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui tokek. Selain itu, agar cara mengusir tokek ini lebih ampuh, larutkanlah lada dengan air. Semprotkan larutan lada tersebut ke tubuh tokek saat ia melintas atau berada di sarangnya.

Menggunakan Kapur Barus

bubuk kapur barus di dalam wadah warna coklatbigcommerce.com

Pada umumnya, kapur barus digunakan untuk mengusir serangga dan menjaga kelembapan ruang. Aromanya sedap untuk manusia, tapi sangat mengganggu untuk tokek. Untuk menggunakan kapur barus sebagai cara mengusir tokek di rumah, sebaiknya kamu menghancurkan kapur barus yang masih utuh menjadi bubuk. Kapur barus yang sudah menjadi bubuk akan lebih mudah disebar ke sarang tokek. Selain itu kamu juga bisa mengoleskannya pada dinding rumahmu agar tokek enggan melintasinya. Cara mengusir tokek ini tergolong mudah kan?

Cara mengusir tokek dengan aroma nikmat kopi

ampas kopi lunak di dalam sebuah wadah putihnewatlas.com

Apakah kamu penikmat kopi hitam di pagi hari? Jika iya, setelah menikmati secangkir kopi, simpanlah ampas kopi hitam tersebut. Aroma kopi yang nikmat ini ternyata tidak disukai oleh tokek, apalagi jika dicampurkan dengan tembakau.

Cara mengusir tokek dengan ampas kopi ini pun cukup mudah. Campurkan ampas kopi dengan tembakau, kemudian bentuk adonan tersebut menjadi bulatan kecil. Letakkan adonan yang sudah dibentuk pada sarang tokek. Dijamin semua tokek akan segera meninggalkan sarangnya. Jika tidak menemukan sarangnya, kamu bisa meletakkannya pada area tertentu yang sering dilalui tokek.

Membakar daun kering

daun kering sedang dibakar dengan kobaran api besarshutterstock.com

Hampir semua makhluk hidup akan merasa terganggu saat ada asap. Begitu juga dengan tokek. Denagn demikian, kamu bisa mencoba cara mengusir tokek dengan membakar daun-daunan kering. Cara mengusir tokek yang satu ini membutuhkan kaleng bekas, daun kering, dan tentunya korek api.

Bakarlah daun kering yang sudah dikumpulkan, kemudian arahkan asapnya ke sarang tokek. Perhatikan jumlah daun kering yang dibakar supaya asapnya tidak mengganggu penghuni rumah. Saat melakukan cara mengusir tokek ini, kamu memerlukan perhatian ekstra karena cukup berbahaya dan berisiko.

Demikian enam cara mengusir tokek di dalam rumah yang efektif. Cara mana yang akan kamu coba pertama kali? Selamat mencoba!

Kamu ingin mengusir binatang-binatang lain yang mengganggumu di rumah? Kamu bisa cek cara-caranya di Dekoruma, lho! Ada artikel cara mengusir cicak, kecoa, hingga tikus curut. Yuk, ciptakan hunian yang nyaman menggunakan tips dan trik dari Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse