Jangan Takut Sama Kecoa Terbang! Ini Cara Menangkalnya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Apa yang mengerikan dari kecoa? Kecoa terbang! Diam saja sudah membuat orang ngeri, apalagi kalau bisa terbang dan hinggap di tubuh kita. Tidak hanya itu, keberadaan kecoa terbang juga berpotensi membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti penyebaran kuman, memicu alergi, hingga masuk ke lubang hidung atau telinga manusia.

Satu-satunya cara untuk memiliki rumah bebas kecoa terbang adalah menangkal dengan menerapkan cara membasmi kecoa yang tepat. Oleh karena itu, di bawah ini Kania akan memberikan cara menangkal kecoa terbang yang paling ampuh. Yuk, simak ulasannya!

Menggunakan kapur barus untuk menangkal kecoa terbang

kumpulan kapur barus di atas kain karung warna coklattrialgame.id

Kecoa terbang suka bersarang di sudut rumah yang lembap. Oleh karena itu, letakkan saja kapur barus di sejumlah sudut rumah. Kapur barus memiliki banyak manfaat, salah satunya bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan menyebarkan aroma wangi pada rumahmu. Kecoa terbang pun tidak akan betah berlama-lama di area tersebut. Tidak hanya itu, kapur barus juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus di rumah.

Beberapa sudut rumah yang memerlukan kapur barus di antaranya adalah kamar mandi, area laundry, lemari pakaian, garasi, dan dapur. Pastikan kamu meletakkannya dengan aman agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan kesayangan, ya.

Buat semprotan sendiri menggunakan cabai rawit untuk kecoa terbang

cabai rawit warna merah dan hijau di atas tangan seseorangkawanuainside.com

Jika kamu termasuk orang yang menghindari penggunaan bahan kimia, kamu bisa coba cara menangkal kecoa terbang menggunakan bahan alami dengan membuat semprotan dari cabai rawit. Selain cabai rawit, bahan lain yang dibutuhkan adalah air. Cara membuat semprotan cabai rawit ini pun sangat mudah. Haluskan cabai rawit menggunakan blender atau ulekan, lalu campurkan dengan air. Saring larutan tadi agar lebih mudah disemprotkan.

Setelah dimasukkan ke dalam botol semprot, letakan di dekat area yang sering dilalui oleh kecoa terbang. Dengan demikian, kamu jadi lebih mudah menyemprotkan larutan cabai rawit saat kecoa terbang mulai berkeliaran. Dengan cara menangkal kecoa terbang ini, dijamin mereka akan kabur karena kepanasan dan tidak mau bersarang lagi di rumahmu. Saat menyemprotkannya, pastikan lubang botol semprotnya mengarah ke kecoa terbang, ya agar jangan sampai mengenai matamu.

Membuat perangkap untuk mencegah kecoa terbang ke segala sudut rumah

potongan mentimun di atas meja kayupixabay.com

Tahukah kamu kalau kecoa menyukai aroma mentimun? Padahal mentimun mengandung zat berbahaya bagi kecoa. Nah, supaya tidak ada lagi kecoa terbang di segala sudut rumah, manfaatkan potongan mentimun segar sebagai jebakan.

Masukkan mentimun di dalam kaleng minuman bekas, lalu letakkan perangkap tersebut di area yang sering dilalui kecoa terbang. Dengan demikian, kecoa terbang akan tertarik dengan aroma mentimun tersebut dan terperangkap di dalam kaleng. Kamu pun tinggal membuang kaleng tersebut tanpa perlu memegang kecoanya secara langsung.

Manfaatkan semprotan anti serangga

seekor kecoa disemprot menggunakan obat anti serangga dengan botol warna merahscienceabc.com

Cara termudah untuk menangkal kecoa terbang adalah menggunakan semprotan anti serangga. Kamu cukup menyemprotkan larutan tersebut ke arah kecoa terbang. Pilihlah semprotan anti serangga dengan kualitas terbaik yang ampuh untuk membunuh kecoa terbang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa semprotan anti serangga membutuhkan waktu untuk bereaksi. Jadi, kalau kecoa terbang tidak langsung mati jangan panik, ya!

Aroma daun salam ampuh menangkal kecoa terbang

kumpulan daun salam untuk mengusir kecoa terbangherbseic.com

Suka masak menggunakan daun salam? Jika iya, mulai dari sekarang coba sisihkan sedikit daun salam untuk menangkal kecoa terbang. Pasalnya, kecoa terbang tidak menyukai aroma tersebut. Kamu bisa menyebarkan daun salam yang sudah diremas di sudut rumah. Selain disebar, kamu juga bisa menggantungnya di dinding rumah dengan cara memasukkan daun salam ke dalam plastik atau kain yang sudah dilubangi kecil-kecil. Semakin kering daunnya, semakin kuat juga aroma daun salam untuk kecoa terbang.

Bersih-bersih rumah untuk menangkal kecoa terbang

tumpahan air di atas lantai warna abu-abuflickr.com

Faktanya, kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan. Akan tetapi, mereka membutuhkan banyak asupan air. Oleh karena itu, mulailah disiplin diri untuk membersihkan rumah secara rutin. Keringkan area yang sering muncul genangan air, seperti di kamar mandi atau di area wastafel. Jika ada penampungan air di rumah, pastikan juga kamu menututup wadah penampungan air serapat mungkin, ya!

Selain itu, singkirkan juga tumpukan dus dan plastik bekas karena bisa berpotensi menjadi tempat bersarangnya kecoa terbang. Selagi membersihkan rumah, perhatikan juga keberadaan telur kecoa dan musnahkan sebelum terlanjur menetas. Gunakan alat rumah tangga yang tepat juga, seperti sapu dan kain pel.

Dari sekian cara menangkal kecoa terbang di atas, mana yang akan kamu coba lebih dulu? Selamat menangkal kecoa terbang!

Ingin mengganti kasurmu yang sudah usang? Kamu bisa menemukan ragam jenis kasur berkualitas dari merek-merek ternama di Dekoruma, lho! Beberapa di antaranya adalah kasur Serta, The Luxe, dan King Koil. Ukurannya pun bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk, tingkatkan kualitas tidurmu dengan kasur yang nyaman dari Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse