Tak Bikin Repot, 7 Binatang Peliharaan Ini Mudah Dipelihara

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara Tanpa Ribet

Sejumlah riset menyebutkan bahwa memiliki binatang peliharaan dapat membuat pikiran terbebas dari stres dan menyembuhkan penyakit mental. Meski begitu, memiliki binatang peliharaan memerlukan komitmen besar dan membuatmu harus menyisihkan waktu, perhatian, uang dan tenaga untuk memeliharanya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu bingung karena tak semua binatang peliharaan sulit untuk dipelihara. Pada artikel ini, Kania akan membagikan referensi binatang peliharaan yang dapat dipelihara tanpa repot dan siap menemani keseharian kamu di rumah. Untuk selengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Kucing

seekor kucing belang berwarna abu-abu berada di dalam rumah-rumahanpet-products

Binatang peliharaan yang kerap dijadikan meme di internet ini memang sangat menggemaskan. Bagi kamu yang tertarik mengadopsinya tak perlu khawatir akan sulit untuk merawatnya. Meskipun memiliki tingkah manja dan kerap meminta makan, tapi kamu harus disiplin dalam memberi makan supaya kucingmu terhindar dari obesitas. Jangan lupa ajak binatang peliharaan kamu untuk vaksin, memandikannya secara rutin, dan melakukan sterilisasi bila diperlukan.

2. Anjing

seekor anjing dengan bulu warna coklat muda sedang tiduran di lantai kayu dalam rumahthrfun

Terkenal memiliki karakter yang setia, anjing merupakan binatang peliharaan paling popoler di dunia. Meskipun tidak memerlukan perawatan rumit, tapi kamu yang ingin mengadopsi anjing sebagai binatang peliharaan harus selalu memberikan perhatian penuh dengan mengajaknya bermain di taman atau melakukan jogging bersama-sama.

Saat pertama kali memeliharanya, coba ajarkan anjingmu untuk buang air di tempat khusus yang sudah disediakan agar rumah tidak berantakan. Kamu juga harus tahu cara membersihkan rumah saat memelihara binatang peliharaan dengan baik. Namun, yang lebih penting jangan lupa untuk mengajak anjingmu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter hewan, ya agar anjingmu tetap sehat dan panjang umur.

3. Sugar Glider

seekor sugar glider kecil warna hitam putih di atas telapak tanganthesprucepets

Binatang peliharaan ini memiliki ukuran yang mungil sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana. Termasuk dalam anggota marsupial seperti koala, sugar glider juga memiliki rupa yang menyerupai tupai terbang. Selain itu, sugar glider juga merupakan binatang peliharaan yang bersifat omnivora sehingga kamu bisa memberinya makan buah-buahan atau serangga kecil sebagai sumber proteinnya. Dengan tingkah polanya yang sangat lucu, binatang peliharaan ini memiliki kemampuan melakukan bonding bersama pemiliknya sehingga cocok untuk menemani kamu setiap hari.

4. Hamster

seekor hamster coklat sebagai binatang peliharaansciencemag

Meskipun kerap disamakan dengan tikus, tapi hamster memiliki rupa yang lebih imut dengan ukuran tubuh yang juga lebih kecil. Binatang peliharaan ini sangat mudah kamu pelihara karena kamu cukup menyediakan makanan khusus dan kandang hamster berukuran mini. Namun, kamu harus selalu rutin membersihkan kandang binatang peliharaan kesayanganmu ini secara disiplin karena hamster sangat mudah mengalami stres jika kandangnya kotor atau berantakan.

5. Burung

burung kakak tua warna putihpetcentral

Terdiri dari berbagai jenis, burung merupakan binatang peliharaan yang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Kalau kamu tertarik untuk memelihara burung sebagai binatang peliharaan, kamu cukup memberinya minum, makan, dan melakukan pembersihan sangkar secara rutin. Menariknya, suara kicauan dari binatang peliharaan ini dapat memberikan rasa tenang dan membuatmu terbebas dari stres. Kamu bisa memilih jenis burung sesuai kesukaanmu, seperti burung kakak tua, burung kenari, atau burung kacer.

6. Kura-kura

kura-kura kecil di dalam genggaman tanganpixfeeds

Binatang peliharaan lainnya yang sangat mudah dirawat adalah kura-kura. Binatang peliharaan lucu dengan cangkang unik yang hidup di kawasan tropis dan subtropis ini memiliki karakter lembut. Kura-kura memiliki ciri bergerak lambat sehingga sangat lucu dan menggemaskan saat melihatnya. Terlebih lagi, kura-kura bisa hidup hingga mencapai 40 tahun lamanya, lho! Untuk memelihara dan menjaganya tetap hidup, kamu memerlukan perawatan yang baik dengan memberinya makan setiap hari.

7. Ikan Hias

sekumpulan ikan hias warna oren di dalam aquariumthesprucepets

Binatang peliharaan yang sangat disukai banyak orang adalah ikan hias. Perawatan ikan hias tidak memerlukan biaya yang besar dan sangat mudah untuk dipelihara. Terlebih lagi, makanan ikan hias sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Untuk memelihara binatang peliharaan yang hidup di air ini, kamu bisa menempatkan ikan hias di kolam khusus atau memasukannya ke dalam akuarium yang telah dilengkapi filter air dan hiasan batu alam. Sebelum menempatkan binatang peliharaanmu ke dalam akuarium, pastikan kamu menyiapkan akuarium ikan dengan baik, ya! Jangan lupa juga untuk memberinya makan selama dua kali sehari dan membersihkan akuarium secara rutin sekitar satu minggu sekali.

Apapun jenis binatang peliharaan yang dipelihara, kamu harus berkomitmen untuk mengurus dan merawatnya dengan penuh kasih sayang dan tidak menelantarkannya. Sebelum memutuskan memelihara binatang peliharaan, pastikan kamu menyesuaikannya dengan karakter kamu, ya!

Temukan beragam furnitur kekinian di Dekoruma! Dekoruma jual meja kantor, sofa, dan furnitur lain dengan banyak model dan ukuran. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse