7 Cara Mengusir Cicak yang Gampang Banget Dilakukan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

7 Trik Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

Meskipun dapat membantu mengurangi populasi nyamuk dan serangga, tapi keberadaan cicak di dalam rumah dianggap mengganggu oleh sebagian orang. Apalagi, cicak kerap kali mengeluarkan kotoran yang bisa saja jatuh di atas makanan atau mengotori furnitur di dalam ruangan.

Akan tetapi, kamu tidak perlu bingung dan khawatir, Kania punya cara mengusir cicak yang ampuh untukmu sehingga rumah akan selalu bersih dan bebas dari cicak. Untuk selengkapnya, mari kita simak tujuh cara mengusir cicak berikut ini!

1. Tutup Ventilasi Rumah

dua ekor cicak berdampingan

pestremovalwarrior

Cara mengusir cicak pertama yang bisa kamu lakukan adalah menutup akses masuknya cicak. Cara ini bisa dilakukan dengan memasang kawat nyamuk pada ventilasi rumah sehingga cicak akan kesulitan untuk masuk. Selain itu, kamu juga bisa memasang alat perekat seperti double tape pada celah kecil di pintu sehingga cicak akan kesulitan saat ingin masuk ke dalam hunianmu.

2. Bersihkan Kolong Meja dan Celah-Celah Kecil

seekor-cicak-sedang-merayappestremovalwarrior

Meskipun kerap menampakkan diri di langit-langit rumah, cicak juga suka bersembunyi di antara celah-celah kecil dan kolong meja karena biasanya area tersebut kotor dan banyak dihinggapi nyamuk. Untuk melakukan cara mengusir cicak ini, silahkan bersihkan kolong meja dan setiap celah pada rumahmu agar bebas dari kotoran, debu, ataupun sarang laba-laba. Dengan demikian, area tersebut tidak dihinggapi nyamuk dan tidak menjadi area untuk cicak bersembunyi.

3. Manfaatkan Aroma Tembakau

sebotol minyak tembakaunezzanaturals

Cicak sangat tidak menyukai aroma tembakau. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan tembakau sebagai cara mengusir cicak, seperti menempatkannya ke dalam plastik ataupun wadah, kemudian letakkan di beberapa area atau sudut rumah.

Namun, jika ingin lebih praktis kamu bisa melakukan cara mengusir cicak ini dengan menggunakan minyak esensial beraroma tembakau, lalu oleskan pada setiap furnitur rumahmu. Oleskan juga pada bagian tirai jendela rumah agar cicak tidak bersembunyi dibalik tirai. Tak hanya bermanfaat untuk mengusir cicak, aroma tembakau dari minyak esensial juga bermanfaat bagi kesehatan.

4. Menggunakan Pendingin Ruangan

pendingin ruangan portable warna putihexpertreviews

Cicak merupakan binatang berdarah panas. Dengan demikian, tentu saja cicak tidak menyukai tempat yang bersuhu dingin. Maka dari itu, kamu bisa melakukan cara mengusir cicak dengan mengguakan pendingin ruangan seperti AC atau air cooler di dalam ruangan sehingga cicak akan menjauh dan tidak tertarik untuk datang atau bahkan hanya sekedar lewat.

5. Peliharalah Kucing

seekor kucing melangkah di atas kompor dapurlatimes

Kucing sangat senang dengan hewan kecil yang bergerak lincah seperti cicak dan kecoa. Untuk kamu yang menyukai kucing, tak ada salahnya untuk memelihara kucing untuk mengusir cicak di rumah. Cara mengusir cicak yang satu ini secara efektif dapat mengurangi jumlah populasi cicak di dalam rumah, yang mana biasanya kucing akan menangkap dan memainkan cicak hingga mati.

6. Tutup Makanan dengan Rapat

seekor cicak warna abu-abu bercorak bintik-bintik merahpestremovalwarrior

Cara mengusir cicak yang satu ini cukup sederhana, yaitu hanya dengan menutup atau menyimpan semua makananmu dengan baik. Cicak sangat senang dengan makanan yang diletakkan di atas meja. Dengan demikian, kamu harus berhati-hati saat menyimpan atau meletakkan makanan di atas meja makan. Sebaiknya kamu menutup makanan menggunakan tudung saji agar tidak terkontaminasi air liur cicak. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan makanan di dalam lemari ataupun kulkas agar lebih aman dan higenis.

7. Gunakan Jasa Pengendali Hama Cicak

sebuah tabung pengendali hama warna putihOsc

Seperti yang kita tahu, cicak memang berperan penting untuk mengurangi keberadaan nyamuk. Namun, jika populasinya sudah sangat mengganggu karena terlalu banyak dan sulit dibasmi, kamu bisa menggunakan jasa pest control yang memang memiliki metode tersendiri untuk meminimalkan populasi cicak di rumahmu. Cara mengusir cicak yang satu ini terbukti sangat ampuh karena ditangani langsung oleh ahlinya. Akan tetapi, pastikan kamu memilih jasa pest control terbaik yang bersertifikat, ya!

Ketujuh cara mengusir cicak di atas bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah cicak dan membuat rumahmu selalu steril dan bersih. Setelah membacanya, yuk langsung terapkan cara mengusir cicak di atas sekarang juga. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse