Berikut 7 Kegunaan Membangun Tanggul di Komplek Tinggal!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Manfaat Membuat Tanggul di Wilayah Hunian

Banjir merupakan isu serius yang saat ini banyak terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Untuk meminimalkan terjadinya banjir, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menjaga lingkungan terbebas dari sampah dengan mengelola sampah rumah tangga hingga membangun konstruksi tanggul penahan banjir.

Jika hunian atau komplek tempat tinggalmu berlokasi di kawasan yang berdekatan dengan sungai, maka tak ada salahnya untuk mengajak orang-orang di sekitar kamu untuk membangun tanggul secara gotong royong. Hal ini dikarenakan pembangunan tanggul dapat memberikan beragam manfaat. Apa saja manfaat dari keberadaan tanggul? Yuk, simak penjelasan dari Kania berikut ini!

Tanggul untuk Mengatur Muka Air

tanggul dengan tembok miring di tepi sungaiWikipedia

Pembangunan tanggul di kawasan hunian secara efektif dapat mengendalikan arah aliran air. Dengan adanya tanggul, saat aliran air sungai menjadi deras, air tersebut tidak akan meluap ke kawasan pemukiman sehingga hunianmu bisa terbebas dari banjir. Dalam pembangunannya, tanggul biasanya dibuat berupa tembok miring menggunakan tanah dengan ukuran yang sejajar dengan badan sungai.

Tanggul untuk Menjaga Aliran Air Sungai

tanggul di tepi sungai dengan tanaman dan pohon yang sudah keringscottishcanals

Tanggul juga bekerja dan bermanfaat untuk menjaga aliran air sungai sehingga membuat aliran air menjadi lebih cepat dengan muka air yang lebih tinggi. Namun, keberadaan tanggul ini juga harus diseimbangi dengan kebiasaan baik dari masyarakat. Diharapkan, semua orang berperan untuk menjaga kebersihan di kawasan sungai, terutama dalam upaya mengurangi sampah plastik agar aliran air sungai bisa berjalan dengan lancar dan tidak menyebabkan tanggul mengalami jebol.

Tanggul Sebagai Pengendali Banjir Berbiaya Rendah

portofsiuslaw

Ketimbang metode pengendali banjir lainnya, pembuatan konstruksi tanggul untuk membentuk batasan perlindungan dari genangan air tergolong murah. Bahkan, pembuatan tanggul hanya memerlukan sejumlah material yang sangat mudah didapatkan di pasaran seperti tanah, batu, bambu, dan pasir. Selain menghemat biaya, dengan membuat tanggul kamu akan terhindar dari kebanjiran.

Tanggul untuk Mencegah Kerusakan Infrastuktur

tanggul dengan rumput hijau yang membentang di tepi sungaisustainablepavingsystems

Seperti yang kita ketahui, banjir dapat menyebabkan kerusakan parah, terutama pada infrastruktur yang ada di kawasan tempat tinggalmu, mulai dari rumahmu, jembatan, balai kesehatan, hingga kantor dinas. Belum lagi, kalau terkena banjir kamu harus membersihkan rumah akibat kebanjiran. Dengan membuat tanggul pencegah banjir, kerusakan infrastruktur bisa diminimalisir sehingga semua kebutuhan masyarakat tidak akan terhalang dan membuat aktivitas kehidupan bisa tetap berlangsung dengan baik.

Tanggul untuk Mencegah Erosi Tanah

tanggul di tepi sungai untuk mencegah erosi tanahSolopos

Saat musim hujan, banjir lumpur pun kerap terjadi di beberapa wilayah. Maka dari itu, pembuatan tanggul sangat penting karena tanggul juga berfungsi untuk mencegah adanya erosi tanah yang menyebabkan banjir lumpur. Idealnya, tanggul dibangun di daerah sungai yang rentan terjadi longsor.

Mengenai pembuatannya, tanggul pencegah erosi tanah memerlukan material yang lebih keras sehingga berbeda dari tanggul pencegah banjir biasa. Saat ingin membuat tanggul pencegah erosi tanah, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu bersama dinas terkait karena pembangunannya memerlukan perencanan yang lebih matang.

Tanggul Darurat untuk Cegah Rumah Terkena Banjir

tanggul di sisi kiri dan kanan kaliWikipedia

Selain membangun tanggul di sisi aliran sungai, kamu pun bisa membuat tanggul darurat di depan rumah agar terhindar dari banjir. Cara membuat tanggul darurat ini sangatlah sederhana karena kamu bisa memanfaatkan karung berisi pasir ataupun material ramah lingkungan, seperti sabut kelapa sebagai tanggul darurat. Namun, karena sifat tanggul darurat hanya bersifat sementara, pastikan juga untuk mengalirkan genangan air melalui selokan di lingkungan rumahmu, ya!

Rawat Tanggul Secara Rutin dan Berkala

tanggul di untuk mencegah bajir di tepi sungai keringCirebonbagus

Sebagai konstruksi yang berperan penting untuk mencegah terjadinya banjir, perawatan tanggul harus dilakukan secara rutin agar dapat beroperasi secara maksimal dan terhindar dari kerusakan. Jika tanggul di lingkungan rumahmu terjadi kerusakan, seperti ambles, maka segeralah untuk memperbaikinya agar dapat bekerja normal untuk mengendalikan aliran air.

Mengingat curah hujan yang tinggi, jika komplek hunianmu berada dekat dengan kawasan sungai, sudah saatnya mengajak orang-orang sekitar untuk bekerjasama membangun tanggul pencegah banjir. Pastikan, kamu membangun tanggul dengan penghitungan dan spesifikasi yang sesuai agar dapat bekerja secara maksimal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse