Beli Rumah Tanpa Riba, Ikuti 5 Tips Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Menghindari Riba saat Membeli Rumah

Hampir semua orang ingin memiliki rumah sendiri. Namun, banyak orang merasa enggan mengikuti kredit kepemilikan rumah melalui bank konvensional karena khawatir adanya penetapan bunga atau riba. Saat ini, di Indonesia sudah cukup banyak penawaran kredit rumah tanpa riba. Akan tetapi, kamu harus tetap waspada karena faktanya banyak sekali tindak penipuan berkedok kredit rumah tanpa riba, misalnya developer yang kabur atau rumah yang tak kunjung dibangun.

Nah, pada artikel ini, Kania akan memberikan tips dan trik membeli rumah baru tanpa riba serta meminimalisir penipuan yang berpotensi membuatmu mengalami kerugian di kemudian hari. Untuk selengkapnya, yuk simak ulasan Kania di bawah ini!

Kredit Rumah Via KPR Syariah untuk Menghindari Riba

sepasang kekasih sedang duduk lesehan di depan rumah melihat ke arah anak-anaknya yang sedang bermain truemors

Untuk menghindari riba, kamu bisa mengambil penawaran KPR syariah. Tidak perlu takut, program ini dioperasikan oleh sejumlah bank syariah swasta ataupun BUMN sehingga lebih terjamin keamanannya.

Jika tertarik melakukan kredit rumah via KPR syariah untuk menghindari riba, ada beberapa skema yang bisa kamu ikuti, seperti akad ijarah muntahia bittamlik berupa sewa beli, akad murabahah berupa jual beli dengan penangguhan pembayaran, akad musyarakah mutanaqisah yang merupakan akad kepemilikan secara bertahap, serta akad istishna berupa pembiayaan rumah dengan tujuan inden.

Cicil Rumah Tanpa Bank untuk Menghindari Riba

seorang wanita memegang minatur rumah dan sebuah kunci rumahkomando

Tips lain untuk menghindari riba adalah melakukan cicilan melalui developer tanpa melalui bank. Ada banyak developer properti yang melangsungkan program cicilan perumahan sehingga memungkinkan kamu membayar angsuran secara langsung kepada pengembang tersebut.

Sama halnya dengan bank, skema cicilan melalui developer juga berlangsung lama yakni mencapai 15 tahun. Supaya lebih aman dan tetap terhindar dari riba, silahkan pilih program cicilan yang diadakan oleh Developer Property Syariah Indonesia (DPSI) yang merupakan asosiasi pengembang perumahan syariah. Selain itu, pastikan developer yang kamu pilih memiliki reputasi baik, ya!

Beli Rumah Secara Bertahap untuk Menghindari Riba

seseorang sedang menulis surat penting dengan memegang miniatur rumah4percentlistingrealty

Ada pula developer perumahan yang menawarkan pembelian rumah secara bertahap tanpa riba. Meskipun konsepnya sama dengan program cicilan tanpa bank, tapi program ini memerlukan periode waktu yang jauh lebih pendek dan tentu saja tanpa bunga sehingga sangat ideal dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin menghindari riba saat membeli rumah.

Jika kamu belum berumah tangga atau kebutuhanmu untuk membeli rumah tidak terburu-buru, pertimbangkan pula untuk mulai membeli tanah sebab harganya akan terus mengalami kenaikan sehingga kamu bisa mulai membangunnya secara bertahap. Dengan demikian, rumah impianmu akan siap dihuni saat sudah memiliki keluarga atau ingin ditempati.

Menjadi Sales Perumahan untuk Menghindari Riba

seorang pria sedang menulis dokumen penting dengan miniatur rumah dan kunci rumahpropertymingo

Jika ingin membeli rumah tanpa riba, kamu bisa mencoba peruntungan dengan kerja tambahan sebagai sales perumahan, meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap. Pasalnya, seorang sales perumahan yang berhasil menjual sejumlah unit rumah akan mendapatkan bonus yang sangat besar dan keuntungan lainnya sehingga bisa dipakai untuk membeli rumah tanpa riba. Bahkan, ada pula pengembang yang memberikan unit rumah secara gratis untuk sales yang berhasil mencapai target penjualan.

Beli Rumah Secara Tunai untuk Menghindari Riba

seorang pria sedang duduk menulis di atas kertas dan seorang lainnya memegang kunci rumahcignaglobal

Ya, siapa pun menginginkan pembelian rumah secara tunai supaya bisa menghindari riba. Meskipun harga rumah saat ini terus melambung tinggi, tapi kamu bisa menyesuaikannya menurut budget, misalnya dengan membeli rumah berukuran mungil di lokasi tertentu.

Selain itu, untuk menghindari riba, pertimbangkan juga membeli rumah bekas atau yang sudah pernah dihuni secara online, sebab jika kamu beruntung bisa mendapatkan rumah dengan harga murah dan menawarnya langsung kepada penjual rumah. Jika kamu punya tambahan dana, kamu bisa merenovasi rumah bekas tersebut secara bertahap agar hunian lebih nyaman dan desainnya sesuai dengan keinginanmu.

Melalui ulasan di atas, diharapkan kamu bisa menentukan pembelian rumah yang paling tepat dan terhindar dari riba. Selamat mencoba!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse