7 Hiasan Kelas Kreatif yang Buat Murid Makin Semangat Belajar

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Model Hiasan Kelas untuk Suasana Kelas yang Menyenangkan

Sudah menjadi kewajiban seorang guru dan pendidik untuk terus memberikan semangat dan inspirasi untuk para muridnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus mendorong niat belajar para murid, salah satunya adalah dengan hiasan kelas yang kreatif dan menarik. Jika kamu memiliki kebebasan untuk mendekorasi ruang kelas, coba deh intip tujuh hiasan kelas kreatif dari Kania berikut ini!

1. Hiasan Kelas Berupa Papan Buletin Warna-Warni

hiasan kelas papan bulletin warna-warniencrypted-tbn0.gstatic

Hiasan kelas papan buletin ini bisa jadi alat bantu untuk memotivasi kegiatan belajar para murid. Kamu bisa ambil pendekatan yang berbeda, seperti hanya menggunakan satu atau dua warna saja. Cukup sisakan sedikit ruang di bagian dinding, lalu buat dasar papan buletin menggunakan bahan sesuai keinginan, misalnya dengan karton manila atau papan gabus. Hal ini bertujuan agar papan buletin mudah digonta-ganti isinya sesuai dengan informasi kelas yang ada.

2. Hiasan Kelas untuk Menumbuhkan Minat Baca

hiasan kelas anak yang meriah dengan nuansa warna-warniencrypted-tbn0.gstatic

Ingin membuat murid lebih giat membaca? Ciptakan saja sudut baca di dalam ruang kelas dengan hiasan kelas yang atraktif seperti gambar di atas. Banyak tema yang bisa kamu pilih, tetapi tetap utamakan kenyamanan dengan hiasan kelas yang mendukung, ya! Tambahkan juga area duduk yang nyaman dengan menggunakan karpet besar atau kursi lesehan. Dijamin bakal jadi spot di kelas yang paling favorit!

3. Hiasan Kelas Bernuansa Homey

hiasan kelas dengan suasana homey warna putihs18670.pcdn.co

Kamu bisa membuat murid merasa lebih nyaman di ruang kelas dengan pemilihan hiasan kelas yang serba homey, seperti rak buku dan bingkai foto. Pilihlah palet warna yang terang dan lengkapi dengan hiasan dinding yang penuh kutipan motivasi. Penataan kelas dengan hiasan kelas demikian bisa diaplikasikan terutama untuk anak remaja supaya tidak terkesan terlalu kekanak-kanakan.

4. Mengutamakan Efek Warna pada Hiasan Kelas

ruangan kelas dengan hiasan kelas berwarna biruencrypted-tbn0.gstatic

Warna punya cara tersendiri untuk memotivasi semangat belajar murid. Oleh karena itu, kamu boleh menghadirkan hiasan kelas melalui penggunaan warna yang lebih variatif. Pengaplikasian warna cat dinding pada ruang kelas tidak melulu hanya untuk anak kecil, tetapi juga cocok untuk remaja.

Beberapa rekomendasi warna positif untuk hiasan kelas antara lain kuning lembut untuk menambah semangat, hijau untuk keseimbangan, biru untuk rasa damai, dan putih atau krem untuk warna yang netral. Kamu juga bisa menyesuaikan tirai dengan warna hiasan kelas yang dipilih.

5. Hiasan Kelas dengan Tema Pilihan

hiasan kelas dengan tema luar angkasaencrypted-tbn0.gstatic

Belajar di sekolah atau tempat kursus adalah proses yang tiada henti sepanjang tahun. Oleh karena itu, kamu juga bisa memilih hiasan kelas dengan tema tertentu agar para murid semakin semangat belajar. Kamu bisa menyesuaikan tema hiasan kelas ini dengan fokus pelajaran yang sedang didalami, seperti hiasan kelas luar angkasa untuk pelajaran geografi. Tambahkan juga beberapa dekorasi yang sesuai dengan tema hiasan kelas tersebut.

6. Gaya Hiasan Kelas Natural yang Tidak Membosankan

hiasan kelas dengan unsur alamiencrypted-tbn0.gstatic

Takut murid merasa bosan di dalam kelas? Kamu bisa menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan dengan hiasan kelas natural, seperti contoh gambar di atas. Pilihlah model tanaman dalam ruangan dan tanaman hias lainnya, lalu kombinasikan dengan hiasan kelas yang netral dan bernuansa alam. Untuk bagian dindingnya, hadirkan saja hiasan dinding berupa origami bentuk burung. Jangan lupa untuk memprioritaskan hiasan kelas dengan bahan organik agar sesuai dengan tema, ya!

7. Jangan Lupa Hiasan Kelas di Bagian Meja Guru

hiasan kelas pada bagian meja guruencrypted-tbn0.gstatic

Supaya interaksi dan hubungan antara guru dan murid semakin baik, bantu dengan hiasan kelas khusus di area meja guru. Banyak model hiasan kelas untuk area meja guru yang bisa kamu coba. Fokusnya adalah menghadirkan meja guru yang tetap nyaman untuk digunakan dan menciptakan kesan ramah agar murid tidak takut kepada guru. Akan tetapi, pastikan kamu memilih hiasan kelas untuk meja guru yang tampil kompak dengan tema keseluruhan kelas, ya!

Setelah melihat inspirasi hiasan kelas di atas, mana yang mau kamu terapkan bersama para muridmu? Selamat menghias ruang kelas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse