5 Jembatan Kaca Terkenal di Dunia, Bikin Adrenalin Naik!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Menguji Keberanian di Atas Jembatan Kaca Terpopuler

Pada dasarnya, jembatan dibuat untuk menghubungkan dua tempat yang terhalang oleh perairan atau jurang. Material jembatan yang paling umum digunakan adalah kayu, bambu, dan beton. Kekuatan ketiga material tersebut sudah teruji sejak dahulu. Namun, seiring berkembangnya teknologi, orang-orang mulai membuat jembatan kaca. Bahan kaca yang mudah pecah diolah sedemikian rupa sehingga kuat dan kukuh untuk menopang beban berat.

Fungsi jembatan kaca pun bukan hanya sekedar sebagai penghubung dua tempat, tapi juga untuk menikmati pemandangan yang ada di bawahnya sekaligus menguji adrenalin orang yang melintasinya. Di dunia ini ada banyak jembatan kaca dengan ketinggian dan panjang yang sangat fantastis. Nah, di bawah ini Kania sudah memilih lima jembatan kaca yang terkenal di dunia. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Glacier Skywalk

jembatan kaca Glacier Skywalknationalpost.com

Jembatan kaca Glacier Skywalk atau Columbia Icefield Skywalk berada di kawasan Jasper National Park, Kanada. Tepatnya melintasi Lembah Sunwapta. Jembatan kaca ini memiliki bentuk setengah lingkaran dengan panjang 400 meter. Saat berada di atas jembatan kaca yang berada pada ketinggian 280 meter ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Di bagian bawah jembatan kaca terdapat ribuan pohon dan rerumputan, sedangkan di kejauhan tampak gunung berselimutkan salju yang indah.

Jembatan kaca ini sudah teruji kekuatannya dan berhasil memenangkan penghargaan pada ajang World Architectural Festival tahun 2011. Sambil menikmati pemandangan indah di jembatan kaca ini, dijamin adrenalinmu juga akan terpacu.

Haohan Qiao Bridge

jembatan kaca Haohan Qiao Bridgeyoungjournalistacademy.com

Selanjutnya ada Jembatan kaca Haohan Qiao Bridge di Cina, tepatnya berada di Provinsi Hunan. Arti dari nama jembatan kaca ini adalah manusia pemberani. Pemilihan nama tersebut sangat cocok karena para pengunjung ditantang untuk berjalan di atas ketinggian 180 meter. Panjang jembatan kaca ini pun mencapai 300 meter sehingga kaki semakin mudah untuk bergetar.

Jembatan kaca yang menghubungkan dua puncak pegunungan di kawasan taman nasional ini awalnya menggunakan material kayu. Namun, pada tahun 2014 materialnya diganti menjadi panel kaca oleh sejumlah pekerja profesional sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sekaligus menguji adrenalin. Tak perlu khawatir atau takut jatuh karena keamanan jembatan kaca ini terjamin dengan kekuatannya yang 25 kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Tianmen Skywalk

jembatan kaca Tianmen Skywalklinkedin.com

Kalau jembatan kaca sebelumnya berfungsi untuk menghubungkan dua tempat, jembatan kaca Tianmen Skywalk ini cukup berbeda. Posisi jembatan kaca ini berada di tepi tebing yang sangat curam. Tingginya mencapai 1.400 meter. Dengan demikian, pengunjung dibuat kesulitan untuk melihat bagian dasar tebing. Namun, hal itulah yang membuat jembatan kaca ini berhasil meningkatkan adrenalinmu secara drastis. Melalui jembatan kaca ini, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berjalan di atas awan karena posisinya yang amat tinggi.

Jembatan kaca yang memiliki panjang 60 meter dan ketebalan 2,5 inchi ini juga dikenal sebagai The Walk of Faith. Selain membutuhkan mental yang kuat, melalui sebutan The Walk of Faith pada jembatan kaca ini tampaknya kamu juga perlu berpasrah diri kepada Tuhan sepenuhnya. Lokasi jembatan kaca ini tepatnya berada di Zhangjiajie National Forest Park, China.

Zhangjiajie Glass Bridge

jembatan kaca Zhangiajie Glass Bridgethetravelbrief.com

Masih di kawasan yang sama, ada lagi jembatan kaca Zhangjiajie Glass Bridge. Panjangnya mencapai 430 meter dengan ketinggian 300 meter dari permukaan tanah. Pemandangan dari jembatan kaca ini pun tidak kalah cantik, sampai-sampai sejumlah pengunjung rela berfoto sambil rebahan di atas jembatan kaca.

Meski jembatan kaca ini aman dilalui banyak orang, pihak pengelola tetap memberlakukan aturan khusus untuk menjaga dan meningkatkan keamanan. Di antaranya adalah penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan fobia ketinggian dilarang melalui jembatan kaca ini. Aturan pada jembatan kaca ini tentunya dibuat dan diberlakukan demi keselamatan para pengunjung.

Jembatan Kaca Buntu Burake

jembatan kaca Buntu Buraketravelingyuk.com

Tak hanya dari luar negeri saja, ternyata Indonesia juga punya jembatan kaca, lho! Namanya Jembatan Kaca Buntu Burake di Tana Toraja, Sulawesi. Meskipun panjangnya hanya 90 meter, tapi jembatan kaca ini mampu menyuguhkan pemandangan alam Toraja yang sangat menawan.  Untuk melintasi jembatan kaca ini, pengunjung wajib menggunakan sepatu khusus supaya tidak merusak material kaca. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjunginya, jangan melanggar aturannya, ya karena hal ini untuk keselamatanmu juga.

Sobat Kania, dari kelima jembatan kaca di atas, ada yang sudah pernah kamu kunjungi? Perlu diingat bahwa menguji adrenalin di atas jembatan kaca itu boleh saja, tapi ketahui juga batas kemampuan masing-masing dan peraturan setempat demi keselamatanmu.

Selain informasi di atas, simak terus informasi lainnya dari Kania melalui Dekoruma.com. Temukan juga berbagai produk berkualitas, seperti furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga hanya di Dekoruma. Selamat menikmati pemandangan indah dan menguji adrenalin di atas jembatan kaca!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse