Yuk, Hias Rumahmu dengan 6 Lampion Imlek Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hidupkan Suasana Imlek di Rumah dengan Dekorasi Lampion Imlek

Lampion Imlek bukan saja cantik dipandang mata, tetapi punya sejarah dan makna penting bagi masyarakat Tionghoa. Setiap perayaan atau festival yang berkaitan dengan tradisi Tionghoa, lampion Imlek hampir tidak pernah absen, baik di kelenteng atau di tempat-tempat umum.

Selain di tempat umum, lampion Imlek juga sering digunakan sebagai dekorasi cantik yang penuh makna di dalam rumah. Jika kamu ingin menghias rumah dengan lampion Imlek, yuk simak dulu sejarah dan inspirasi lampion Imlek dari Kania berikut ini!

Sejarah Lampion Imlek yang Penuh Arti

Lampion awalnya dibuat dari bahan kertas dan populer di zaman dinasti Han Timur ( 25-220). Sering digunakan sebagai lampu di periode Cina kuno, perlahan muncul kreasi lampion dengan kesenian tersendiri. Bahan-bahan dengan lukisan dan ukiran indah pada lampion pun mulai hadir, begitu juga dengan materialnya yang beragam, seperti material bambu, kayu, jerami, dan metal sesuai perkembangan zaman.

Untuk sejarah lampion Imlek sendiri, hal ini berawal dari penggunaan lampion pada hari ke-12 pada perayaan tahun baru Imlek. Erat kaitannya dengan perayaan agama Buddha yang dilakukan oleh para bhikkhu, lampion Imlek digunakan sebagai simbol penghormatan yang akhirnya menjadi tradisi festival bagi masyarakat Tionghoa.

Lampion Imlek pun menjadi simbol kedamaian dimana terangnya melambangkan negara yang kuat dan makmur. Setelah digunakan oleh masyarakat Tionghoa di berbagai negara, lampion Imlek kini sudah menjadi dekorasi wajib di setiap tahun baru Imlek.

Inspirasi Lampion Imlek sebagai Dekorasi Rumah

1. Dua Lampion Imlek di Depan Rumah

dua lampion warna merah untuk Imlek di depan rumahcdn.sohucs

Dua lampion Imlek raksasa di depan rumah sering menjadi pemandangan yang umum terlihat saat perayaan tahun baru Imlek. Lampion imlek ini dipercaya dapat mengundang hal-hal baik sekaligus mengusir hal-hal yang kurang baik atau buruk. Dekorasi lampion Imlek ini biasanya dilengkapi dengan rumbai pada bagian bawahnya. Tak hanya itu saja, terkadang ada juga lampion Imlek yang dilengkapi dengan lampu warna-warni yang bisa berputar.

2. Lampion Imlek dari Kertas Berukuran Kecil

lampion merah untuk imlek terbuat dari kertasencrypted-tbn0.gstatic

Bagi kamu yang tidak suka dengan lampion Imlek berukuran besar, coba deh gunakan lampion Imlek dengan ukuran yang lebih kecil dengan berbagai model. Jika ingin menghemat biaya, kamu juga bisa membuat lampion Imlek dari kertas merah di rumah, lho! Sesuaikan saja ukuran dan model lampion Imlek dengan selera dan konsep rumah secara keseluruhan. Kamu bisa tiru inspirasi dekorasi lampion Imlek gantung ini dan letakkan pada sudut rumah untuk kesan yang lebih kekinian.

3. Menambah Rezeki dengan Lampion Imlek dari Angpao

lampion imlek dari rangkaian angpaoencrypted-tbn0.gstatic

Apakah kamu hobi membuat prakarya? Jika iya, lampion Imlek satu ini cocok banget untuk kamu! Terbuat dari rangkaian kertas angpao, lampion Imlek ini didominasi oleh warna merah dan gantungan cantik. Ada banyak variasi model lampion Imlek dari kertas angpao yang bisa kamu buat. Tidak harus sempurna, tuangkan saja kreativitasmu untuk dekorasi lampion Imlek yang penuh kesan personal.

4. Lampion Imlek Tidak Harus Berbentuk Bulat

lampion imlek dengan bentuk tabung memanjangencrypted-tbn0.gstatic

Bosan dengan tampilan bentuk lampion Imlek yang selalu bulat? Lampion Imlek yang berbentuk seperti tabung memanjang ini boleh dijadikan alternatif untuk dekorasi rumah yang unik dan tetap memukau. Ukurannya pun bisa kamu sesuaikan dengan keinginan agar ada kesan yang personal dan berbeda di dalam rumah. Terutama untuk lampion Imlek yang ukurannya mini, pasti sangat menggemaskan dan mudah disimpan untuk dipajang kembai pada perayaan Imlek tahun berikutnya. Uniknya, dekorasi lampion Imlek dengan model memanjang ini cocok untuk desain rumah apa saja, baik rumah dengan desain minimalis maupun desain rumah klasik.

5. Lampion Imlek Anti-Mainstream

cara membuat lampion anti mainstream warna orenencrypted-tbn0.gstatic

Masih seputar lampion Imlek ala DIY, lampion Imlek yang satu ini khusus untuk kamu yang ingin tampil anti-mainstream karena tampilannya berbeda dari lampion Imlek pada umumnya. Untuk membuat lampion Imlek anti-mainstream ini, pakai saja lampion kertas polos sebagai bahan dasarnya, lalu hias dengan warna terang lainnya selain warna merah. Supaya tidak menghilangkan makna Imlek, coba gunakan warna oranye karena warna oranye dianggap dapat membawa keberuntungan. Tetap sesuai tema tapi jauh berbeda dari lampion Imlek yang biasanya kan?

6. Stiker Dinding Bergambar Lampion Imlek

stiker dinding bergambar lampion imlek warna merahencrypted-tbn0.gstatic

Stiker dinding khusus dengan tema lampion Imlek bisa jadi solusi dekorasi non-permanen yang cantik. Banyak stiker khusus yang removable atau bisa dilepas setelah pemakaian. Stiker dinding lampion Imlek ini cocok untuk kamu yang ingin tampil simpel tetapi tetap atraktif. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada kamar tidur supaya ada suasana Imlek yang lebih spesial.

Dari semua lampion Imlek cantik di atas, mana yang jadi favoritmu? Jangan lewatkan kesempatan untuk menghias rumah dengan lampion Imlek, ya! Selamat merayakan hari raya Imlek bagi kamu yang merayakan!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse