6 Desain Toilet Umum Unik dari Berbagai Negara

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Model Toilet Umum Anti-Mainstream di Dunia

Toilet umum merupakan salah satu fasilitas yang biasanya terdapat di area publik. Namun, toilet umum biasanya memiliki desain yang sama dan biasa saja, yaitu hanya berupa bilik berbentuk kotak yang identik dengan keadaan kumuh dan bau.

Namun, hal ini tak berlaku di sejumlah negara yang memang memiliki toilet umum bergaya unik dan bahkan menjadi ikon dari area tersebut. Nah, pada artikel ini, Kania akan mengajak kamu untuk melihat berbagai toilet umum unik yang terdapat di berbagai negara. Untuk selengkapnya, yuk langsung saja intip di bawah ini!

Jinhua Architecture Park Public Toilet – Tiongkok

toilet umum unik di Jinhua Architecture Park Public Toilet TiongkokArchello

Berada di Provinsi Zhejiang, Tiongkok, toilet umum yang satu ini tampil anti-mainstream karena memiliki atap berlubang yang berfungsi sebagai aliran sirkulasi udara dan cahaya. Dengan demikian, toilet umum ini tidak memerlukan lampu lagi saat siang hari. Memiliki desain bangunan menyerupai sebuah pipa, ukuran toilet umum ini memang dirancang kecil dan ditempatkan secara terpisah antar satu bilik dengan yang lainnya. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk menjaga privasi dari setiap penggunanya.

Public Toilet Unit – Polandia

toilet umum unik Public Toilet Unit di Polandiadesignboom

Berada di kota Gdańsk, Polandia, toilet umum ini dibangun secara khusus untuk menyambut event Piala Eropa 2012. Hal yang menarik, desain toilet umum ini dibuat selaras dengan tema olahraga, di mana fasad bangunan dirancang menyerupai obor kayu. Hal unik lainnya, desain toilet umum ini tak hanya sekadar digunakan untuk mempermanis bangunan saja, melainkan bagian fasad juga turut digunakan sebagai pembatas parkir untuk sepeda.

Isemachi Public Toilet – Jepang

toilet umum unik Isemachi Public Toilet di Jepangarchdaily

Dibangun pada area parkir kuil di kota Nakanojo, Jepang, toilet umum ini memiliki kesan yang sangat bersih dan estetik. Secara khusus, toilet umum ini dirancang agar menghilangkan kesan pengap dan seram pada kebanyakan toilet umum yang berada di Jepang. Tak hanya itu saja, toilet umum ini juga memiliki bentuk melengkung tanpa sudut agar tidak dijadikan area berkumpulnya debu dan sarang laba-laba.

Trail Restroom – Amerika Serikat

toilet umum unik Trail Restroom di Amerika SerikatDeezen

Memiliki gaya rustic melalui penggunaan besi yang tampak tua, toilet umum yang satu ini tak sekadar memiliki fasilitas lengkap, tapi juga sangat ramah terhadap disabilitas. Berada di area taman yang terdapat di kawasan Austin, Texas, toilet umum bergaya vintage ini pun telah berhasil menjadi ikon di kawasan tersebut. Tak hanya itu saja, toilet umum ini pun sangat disukai oleh masyarakat setempat karena turut dilengkapi dengan shower dan fasilitas air minum.

Kumutoto – Selandia Baru

toilet umum unik Kumutoto di Selandia Baruaeccafe

Memiliki nama Kumutoto, toilet umum yang terdiri dari dua unit bangunan dengan bentuk yang menyerupai monster ini berada di kota Wellington, Selandia Baru. Meskipun tampilannya sangat nyetrik dan berbeda dengan toilet umum biasanya, tapi bagian interiornya memiliki nuansa desain dinamis melalui penggunaan warna-warna cerah, seperti hijau dan merah.

Hal menarik lainnya, bangunan toilet dengan dominasi warna merah dan putih ini pun tampak sangat menonjol sebab berada di area bangunan bersejarah. Selain itu, toilet umum ini juga memiliki kebersihan yang prima, lho!

UriLift – Inggris, Belanda, dan Perancis

toilet umum unik UriLift di Inggris, Belanda dan PerancisWikipedia

Konsep unik dari toilet umum ini sudah mulai diterapkan di sejumlah negara. Tak hanya menarik karena bentuknya yang melengkung, toilet umum ini pun dilengkapi dengan mesin sehingga dapat naik dan turun secara otomatis mengikuti kebutuhan penggunannya.

Uniknya, saat tidak digunakan, toilet umum akan berada di bawah tanah sehingga tidak menggangu jalanan ataupun menghalangi pemandangan. Sementara itu, jika ingin menggunakan toilet umum ini, kamu dapat memasukkan koin untuk memunculkan toilet umum di area pejalan kaki.

Melalui desainnya yang unik, keenam toilet umum di atas telah berhasil menjadi ikon untuk menarik banyak wisatawan. Dari semuanya, desain toilet umum mana yang paling kamu suka? Jangan lupa, temukan juga inspirasi menarik lainnya yang dibagikan setiap hari melalui Dekoruma.com, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse