Apa itu Townhouse?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Townhouse yang Harus Kamu Ketahui

Saat ingin membeli rumah, pastinya kamu sangat familiar dengan istilah townhouse. Meskipun kerap disamakan dengan cluster, tapi sebenarnya townhouse dan cluster memiliki perbedaan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pahami dulu pengertian townhouse sebelum memutuskan untuk membeli unit rumah.

Pada artikel kali ini, Kania akan membahas konsep hunian townhouse secara lengkap sebagai panduan untuk kamu yang berencana membeli rumah impian. Yuk, langsung saja simak serba-serbi townhouse berikut ini!

Pengertian Townhouse

townhouse modern dengan desain warna putihrealestate

Jika cluster merupakan komplek perumahan yang dibangun di kawasan pinggiran kota, townhouse memiliki karakter sebaliknya. Townhouse merupakan komplek hunian yang dibangun di tengah perkotaan. Ciri townhouse lainnya ialah hanya terdiri dari beberapa unit saja dan memiliki luas tanah yang cenderung kecil sehingga dibangun dalam dua atau tiga lantai.

Seluruh rumah townhouse memiliki desain dan model rumah yang serupa sehingga memberikan kesan rapi. Townhouse biasanya diminati oleh kalangan menengah ke atas sebab harga jualnya cenderung mahal. Namun, jika kamu memerlukan hunian eksklusif yang lokasinya strategis di kawasan pusat kota, maka memilih hunian townhouse merupakan pilihan yang paling tepat.

Konsep Townhouse

konsep rumah townhouse dengan rumput hijau di depannyavancourier

Pada awalnya, hunian townhouse dibangun untuk memenuhi kebutuhan tinggal para ekspatriat karena menawarkan eksklusifitas dan layanan keamanan terbaik. Dibangun dalam bentuk dan ukuran antar rumah yang seragam, townhouse pun biasanya menggunakan sistem keamanan satu akses atau one gate system.

Melalui penempatan satu pintu akses untuk keluar dan masuk, tentu saja petugas akan mendapatkan kemudahan untuk mengawasi semua orang ataupun kendaraan yang lalu-lalang di komplek townhouse sehingga jauh lebih aman. Bahkan, biasanya petugas keamanan akan berpatroli selama 24 jam setiap hari dan menerapkan pendataan lengkap seperti menitipkan kartu identitas pada pos bagi seluruh tamu yang berkunjung ke townhouse.

Jumlah Rumah Townhouse

model townhouse bergaya klasiklornegoldman

Jika dibandingkan dengan hunian cluster, jumlah rumah yang terdapat di dalam komplek cluster bisa mencapai 100 hingga 300 unit, bahkan terdapat pembagian sub cluster dengan model rumah yang berbeda-beda dan bisa diubah sesuai keinginan pemiliknya. Namun, townhouse memiliki jumlah unit rumah yang sangat terbatas, yakni sekitar 10 hingga 30 unit saja. Dengan demikiantownhouse sangat cocok dihuni oleh kamu yang menginginkan suasana lingkungan yang tenang, tidak terlalu padat, dan eksklusif.

Fasilitas Townhouse

model townhouse modernatlanta.curbed

Jika dibandingkan dengan perumahan cluster, hunian townhouse biasanya memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap. Selain berada di pusat kota yang memudahkan penghuni untuk mengakses tempat dan sarana umum, seperti mall, transportasi publik, rumah sakit, dan kantor, townhouse pun turut dilengkapi dengan fasilitas khusus yang dibangun di dalam komplek, seperti kolam renang, area golf, taman bermain, jogging track, hingga club house.

Kekurangan Hunian Townhouse

model townhouse dengan nuansa cokelatmikestewart

Komplek rumah townhouse banyak dibangun di kawasan elite dan strategis sehingga harga yang ditawarkan sangat tinggi. Dengan demikian, townhouse hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu saja. Selain itu, kekurangan townhouse lainnya terletak pada lingkungannya yang cenderung sepi karena jumlah penghuni rumah yang terbatas sehingga cukup menyulitkanmu untuk melakukan sosialisasi.

Townhouse pun memiliki desain rumah yang seragam dan pemilik hunian harus mengikuti aturan untuk tidak mengubah desain asli rumah townhouse secara mandiri. Oleh karena itu, hunian townhouse tidak disarankan bagi kamu yang ingin memiliki hunian dengan desain spesifik.

Melalui ulasan Kania di atas, diharapkan kamu dapat memilih untuk tinggal di komplek perumahan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Lantas, apakah kamu tertarik memiliki hunian townhouse? Jangan lupa lengkapi hunianmu dengan furnitur, dekorasi, dan perabotan lainnya dari Dekoruma, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse