Ingin Ruang Kelas Lebih Ramai? Ikuti 6 Cara Menghias Kelas Berikut

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menghias Kelas Agar Tidak Membosankan

Berada di ruang kelas dalam jangka waktu yang panjang pasti akan menjenuhkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilagkan rasa bosan pada ruang kelas adalah dengan menghias kelas tersebut. Suasana kelas yang ramai dengan hiasan bisa membuat para murid lebih bersemangat.

Namun, cara menghias kelas juga perlu diperhatikan. Pertama-tama, hiasan tidak boleh merusak interior utama. Kedua, hiasan tidak boleh berukuran terlalu besar karena dapat mengganggu proses belajar-mengajar. Jika sudah paham, yuk langsung lanjut ke cara menghias kelas dari Kania berikut ini!

Cara Menghias Kelas dengan Daftar Piket Unik

menghias ruang kelas dengan daftar piket kreatifpinterest.com

Pelajar Indonesia pasti sudah akrab dengan kegiatan piket. Melalui tugas piket, masing-masing murid punya tanggung jawab terhadap kelasnya, misalnya ada yang bertugas menghapus papan tulis, menyapu, merapikan meja, dan sebagainya. Supaya lebih semangat melakukan tugas piket, buatlah daftar piket yang kreatif yang sekaligus bisa menjadi hiasan kelas. Cara menghias kelas dengan daftar piket unik ini pun tidak sulit.

Bahan yang dibutuhkan pada cara menghias kelas ini hanya karton, kertas warna, stik es krim, dan lem atau perekat. Kantong kertas warna-warni bertuliskan pembagian hari atau pembagian tugas pada setiap murid. Sementara itu, stik es krim bertuliskan nama-nama murid yang bertugas. Letakkan stik es krim pada kantong-kantong yang sudah disediakan. Kalau mau berganti tugas, tinggal pindahkan saja stik es krimnya. Cara menghias kelas ini kreatif banget, ya!

Cara Menghias Kelas dengan Gantungan DIY

menghias kelas dengan gantungan DIY bentuk binatangpinterest.com

Saat dinding kelas tidak memungkinkan untuk dihias, beralihlah ke area langit-langit. Cara menghias kelas ini sangat mudah, apalagi jika dikerjakan bersama-sama. Pertama, dengan membuat origami untuk dijadikan hiasan gantung. Pilihlah bentuk origami 3D supaya terlihat nyata dari berbagai sisi. Bentuk origami 3D yang paling umum adalah bangau dan dinosaurus. Kalau sudah jadi, kamu hanya perlu mengikatkannya dengan benang dan menempelkannya pada langit-langit dengan lakban bening.

menghias kelas dengan hiasan gantungan DIY bendera warna-warnimoondoggiesmusic.com

Apabila cara menghias kelas dengan origami terasa kurang ramai, buat bunting flag saja. Kamu hanya perlu menyediakan kertas warna atau kertas bermotif, kemudian potong menjadi bentuk segitiga. Setelah itu, rekatkan ke tali dan gantung di langit-langit kelas. Kamu bisa menggantungkannya dengan berbagai arah, seperti lurus atau diagonal. Dijamin hiasan kelas kreatif ini akan membuat para murid dan guru semakin bersemagat.

Menghias Loker Kelas dengan Pac-Man

loker kelas warna biru dengan hiasan gambar Pac Mansonaeuk.com

Tampilan loker kelas pasti sangat monoton dan membosankan karena semuanya terlihat sama sehingga membutuhkan papan nama supaya memudahkan para murid untuk menemukan loker miliknya. Nah, kamu bisa mengikuti cara menghias kelas pada bagian loker dengan menempelkan bentuk ghost pada permainan Pac-Man.

Masing-masing bentuk ghost memiliki warna yang berbeda dan lengkap dengan nama masing-masing murid di kelas. Supaya lebih ramai, tempelkan juga karakter Pac-Man dan makanannya yang berbentuk bulat warna kuning pada bagian atas loker. Cara menghias kelas yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan kesan monoton pada loker kelasmu.

Cara Menghias Kelas untuk Menambah Kenyamanan

ruang kelas dengan beberapa kursi lesehan dan bean bag warna-warnipinterest.com

Bayangkan jika kamu harus duduk di kursi kayu selama berjam-jam sambil belajar. Tubuh pasti akan terasa pegal dan pikiran pun jadi tidak fokus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menerapkan cara menghias kelas dengan menambahkan kursi-kursi empuk yang nyaman, seperti bean bag atau kursi lesehan.

Dengan cara menghias kelas ini, dijamin para murid akan lebih betah di dalam kelas saat belajar. Kursi-kursi empuk di dalam kelas ini juga bisa digunakan untuk beristirahat atau kerja kelompok. Kamu bisa memilih bentuk, warna, dan motif kursi yang beraneka ragam supaya murid dapat bebas memilih spot favoritnya.

Cara Menghias Kelas dengan Galeri Mini

galeri mini pada ruang kelas dengan banyak poster bergambarpinterest.com

Membuat galeri mini sebagai salah satu cara menghias kelas merupakan ide yang keren dan kreatif. Para murid bisa menyalurkan hobi dan bakatnya pada area ini. Murid yang suka menggambar bisa menempelkan karyanya pada galeri mini ini. Mereka juga bisa menempelkan foto idola atau karya yang dikaguminya. Kamu juga bisa memajang kata-kata mutiara pada galeri mini ini. Apabila punya waktu luang untuk meramaikan area ini, tambahkan juga hiasan berupa emoji agar memberikan kesan yang lebih ceria.

Cara Menghias Kelas dengan Dekorasi Cat Tumpah

ruang kelas dengan hiasan warna-warni seperti cat tumpahpinterest.com

Alih-alih mengotori kelas, cara menghias kelas dengan dekorasi yang terlihat seperti cat tumpah ini malah mempercantik interior ruang kelas. Bahan yang dibutuhkan untuk cara menghias kelas ini hanya kaleng bekas dan kain tile dengan tujuh warna pelangi. Tempelkan kain-kain tile pada bagian dalam kaleng dan biarkan ujungnya menjuntai. Setelah itu, gantungkan kaleng cat tersebut pada posisi miring di bagian atas jendela. Uniknya, hiasan kelas ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti tirai, lho!

Cara menghias kelas di atas tergolong sederhana, bukan? Meskipun sederhana, hasilnya jelas membuat ruang kelas lebih ramai dan menarik. Jangan lupa lengkapi juga ruang kelasmu dengan furnitur lainnya, seperti meja, lemari, atau rak penyimpanan. Selamat menghias ruang kelas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse