Ikuti 7 Cara Menghemat Listrik Ini Agar Tagihan Tidak Membengkak

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menghemat Listrik di Rumah

Saat ini, kenaikan tarif dasar listrik tidak menentu sehingga para pemakainya terpaksa harus mempraktikkan cara menghemat listrik di hunian, seperti menggunakan alat penghemat listrik. Terlebih jika kamu menggunakan banyak perangkat elektronik, maka sebaiknya kamu segera melakukan cara menghemat listrik agar tagihan bulanan tidak membengkak.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan cara menghemat listrik yang efektif untuk membuat biaya pengeluaran bulanan kamu jadi lebih irit. Untuk selengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya!

Cabut Kabel dan Hindari Penggunaan Mode Standby

seseorang memegang remot tv sambil menekan tombol powerplexusradio.com

Apakah kamu terbiasa membiarkan charger ponsel selalu terhubung ke stop kontak saat tidak dipakai? Atau mungkin kamu juga sering membiarkan perangkat TV dan komputer selalu aktif dalam mode standby? Jika iya, sebaiknya segera lakukan cara menghemat listrik dengan menghentikan kebiasaan tersebut karena arus listrik akan terus mengalir saat kabel tetap terhubung dengan stop kontak dan perangkat dalam mode standby. Dengan mengubah kebiasaan ini, daya listrik tidak akan terbuang secara percuma dan tagihan listrik pun akan berkurang.

Cara Menghemat Listrik dengan Menggunakan AC Secara Bijak

sebuah ruang santai bernuansa abu-abu dengan sofa dan pendingin ruanganairconco.com

Pemakaian pendingin ruangan atau AC memerlukan konsumsi listrik yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Oleh karena itu, segera lakukan cara menghemat listrik dengan menggunakan AC sesuai kebutuhan dan tidak diaktifkan saat kondisi rumah kosong. Selain itu, kamu pun bisa mempraktikkan cara menghemat listrik dengan memilih pendingin ruangan berteknologi hemat energi atau mengaktifkan pengaturan suhu otomatis agar pemakainnya lebih irit.

Singkirkan Alat Elektronik yang Sudah Usang

kumpulan barang elektronik yang sudah usangspicandspan.com

Pada zaman dahulu, peralatan elektronik yang memerlukan daya listrik besar bukanlah masalah karena biaya pemakaian listrik masih mendapatkan subsidi dari pemerintah. Namun, saat ini penggunaan listrik sudah tidak lagi mendapatkan subsidi pemerintah.

Oleh karena itu, sekarang saatnya kamu berinvestasi dengan beralih menggunakan peralatan elektronik rumah tangga modern yang umumnya telah dilengkapi fitur hemat energi. Selain membuatmu bisa melakukan cara menghemat listrik, penggunaan peralatan elektronik modern juga sekaligus menjaga lingkungan dari efek karbon yang berbahaya.

Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

ruang laundry lengkap dengan mesin cuci rak dan keranjang pakaianaolcdn.com

Semakin besar kapasitas dari sebuah mesin cuci, maka konsumsi listriknya semakin banyak juga. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan sebagai salah satu langkah dalam melakukan cara menghemat listrik. Selain itu, cara menghemat listrik ini juga dapat membantumu meminimalisir biaya perawatan mesin cuci yang tergolong mahal.

Cara Menghemat Listrik dengan Beralih ke Lampu LED

ruang makan yang tersambung dengan dapur menggunakan lampu ledlight-housedesigns.com

Untuk melakukan cara menghemat listrik, kamu pun sebaiknya mulai meninggalkan penggunaan lampu pijar, halogen, atau fluorescent yang pengoperasiannya memerlukan daya tinggi. Sebagai gantinya, cobalah beralih dengan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diodes) yang dapat menghemat energi listrik. Selain itu, cara menghemat listrik dengan menggunakan lampu LED ini juga lebih awet, ramah lingkungan, dan sejuk. Lampu LED sendiri memiliki berbagai macam model sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginanmu.

Maksimalkan Ventilasi dan Tanaman Hijau

ruang bersantai pada rumah minimalis dengan bukaan jendela yang besaratticmag.com

Memaksimalkan jumlah ventilasi di dalam rumah juga sangat efektif untuk membantu melakukan cara menghemat listrik. Kamu bisa mengoptimalkan ventilasi dengan menggunakan jendela dan membukanya. Dengan demikian, sirkulasi udara di rumah lebih baik dan masuknya cahaya matahari akan lebih optimal sehingga kamu bisa mengurangi penggunaan AC, lampu, ataupun kipas angin. Untuk membuat suasana lebih sejuk dan asri, kamu juga bisa menempatkan banyak tanaman hijau di sekitar rumah sebagai cara menghemat listrik.

Cara Menghemat Listrik dengan Menggunakan Listrik Prabayar

perangkat listrik warna hitam dengan kabel warna-warnihomeguide.com

Saat ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meluncurkan produk listrik dengan sistem prabayar sehingga kamu bisa mengatur penggunaan listrik secara mandiri. Melalui sistem tersebut, kamu pun dituntut untuk lebih bijak dalam menggunakan listrik dengan selalu mempraktikkan cara menghemat listrik. Dengan demikian, cara menghemat listrik dengan menggunakan listrik prabayar ini sangat efektif untuk membuat pengeluaran bulananmu lebih irit.

Ketujuh cara menghemat listrik di atas bisa kamu lakukan di rumah untuk membuat tagihan bulanan menjadi lebih ekonomis. Dengan demikian, biaya yang biasanya digunakan untuk membayar tagihan listrik berlebih bisa kamu gunakan untuk membeli furnitur, peralatan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya. Yuk, praktikkan cara menghemat listrik di atas sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse