Jangan Sembarang Pakai! Pahami Bahaya Penggunaan Teflon Saat Masak

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ketahui Bahayanya Menggunakan Teflon

Perkembangan teknologi di era modern saat ini memang memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal secara praktis. Salah satunya saat melakukan aktivitas memasak, di mana saat ini terdapat inovasi wajan atau panci anti lengket yang dikenal dengan sebutan teflon.

Namun, kamu harus cermat dan berhati-hati saat memakai teflon. Hal ini dikarenakan teflon bisa mendatangkan bahaya jika dipakai secara sembarangan. Untuk membantumu mengenal alat masak yang satu ini secara detail, Kania akan mengulas serba-serbi teflon dan cara aman menggunakannya di bawah ini. Simak sampai habis, ya!

Hindari Penggunaan Teflon Terlalu Panas

kumpulan wajan menggunakan teflonthewirecutter

Perlu diketahui bahwa teflon bukanlah nama asli dari sebuah alat memasak, melainkan nama paten dari bahan pelapis yang berisi kandungan kimia berjenis polytetrafluoroethylene atau PTFE. Adapun, kandungan bahan teflon ini diaplikasikan pada wajan atau panci sehingga memiliki kemampuan anti lengket, tahan lama, dan lebih mudah dibersihkan.

Dengan adanya bahan kimia tersebut, sebaiknya kamu tidak memanaskan alat masak berpelapis teflon dengan suhu di atas 350ºC karena dapat membuat lapisan anti lengket menjadi terpisah serta menghasilkan gas beracun yang sangat berbahaya jika terhirup.

Penggunaan Teflon Dapat Memicu Penyakit Kanker

empat wajan teflon berada di atas komporGoogle

Jika wajan atau panci teflon terkelupas dan tak sengaja tertelan, hal ini memang tidak terlalu membahayakan karena bisa keluar dari saluran pencernaan tubuh. Namun, hal paling membahayakan adalah penggunaan senyawa kimia bernama perfluorooctanoic acid yang juga dipakai sebagai bahan pelapis panci atau wajan.

Senyawa kimia tersebut sangat berbahaya karena dapat memicu penyakit serius seperti tumor dan kanker. Maka dari itu, pastikan kamu memilih wajan ataupun panci teflon yang sudah tersertifikasi bebas dari bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan agar kamu terhindar dari penyakit.

Hindari Penggunaan Teflon Dalam Waktu Lama

seseorang sedang memegang panci teflonhomecookwarereviews

Selain menggunakan teflon pada suhu yang tidak terlalu panas, sebaiknya kamu menggunakan wajan ataupun panci berpelapis teflon dalam waktu yang singkat untuk menghindari pengelupasan lapisan anti lengket. Kamu bisa memakai teflon untuk memasak hidangan yang mudah matang, seperti sayuran atau telur. Hindari menggunakan panci atau wajan teflon untuk merebus daging karena memerlukan api besar dan waktu memasak yang lama.

Lakukan Cara Pintar Menggunakan Teflon

sebuah panci teflon di atas permukaan putih dengan sabun dan spon cuci piringapartmenttherapy

Untuk menghindari bahaya asap yang dihasilkan oleh suhu teflon yang terlalu panas, kamu harus memastikan bahwa area dapur memiliki ventilasi rumah yang baik. Tak hanya itu, kamu pun sebaiknya memilih wajan atau panci teflon dengan ketebalan yang baik dan berbobot lebih berat.

Jika menggunakan alat masak yang berlapis teflon, jangan menggunakan alat pengaduk yang tajam. Selain itu, saat membersihkan panci atau wajan teflon bersihkan menggunakan bagian spons yang lembut, jangan menggosoknya terlalu kasar agar lapisannya tetap awet dan tidak terkelupas. Jika wajan atau panci teflon dirumahmu sudah mulai rusak atau mengelupas, segera singkirkan karena dapat memicu bahaya kesehatan saat dipakai. Lebih baik kamu menggantinya dengan yang baru.

Alternatif Panci dan Wajan Anti Lengket

sebuah panci berbentuk kotak warna hitam dengan motif titik putihtelegraph

Penggunaan alat masak berlapis teflon yang rusak, seperti terkelupas dan diproduksi dalam kualitas buruk jelas akan membahayakan kesehatan. Namun, kamu tidak perlu takut atau bingung karena kamu bisa menggunakan alternatif panci ataupun wajan anti lengket yang tidak menggunakan senyawa PTFE, seperti keramik atau stainless steel karena cenderung lebih awet, lebih aman, dan tidak membahayakan kesehatan.

Dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika dipakai terlalu panas, tentunya kamu harus selalu waspada saat menggunakan alat masak berpelapis teflon, apalagi jika lapisan anti lengketnya sudah mulai mengelupas. Maka dari itu, jangan sembarangan memakai alat masak berlapis teflon, ya! Supaya lebih aman, pastikan kamu memilih alat masak anti lengket yang diproduksi tanpa bahan kimiawi berbahaya.

Selain informasi bahaya menggunakan teflon di atas, simak terus informasi penting lainnya di Dekoruma.com. Temukan juga berbagai produk berkualitas, seperti furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga hanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse