Langsung Bersih dan Sehat! 7 Pengusir Tikus Alami Ini Harus Kamu Punya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Ampuh Mengusir Tikus dengan Bahan Alami

Tikus adalah hewan pengerat yang keberadaannya sangat mengganggu dan tidak diharapkan di dalam rumah. Tak hanya menjadi sumber penyakit dan membuat rumahmu tampak kotor, tikus pun kerap memakan makanan di dalam rumah, bahkan menggigit benda lain, seperti kabel listrik, sabun, hingga pakaian.

Nah, pada artikel ini, Kania akan memperkenalkan tujuh pengusir tikus alami yang siap membuat rumahmu terhindar dari kedatangan tikus sehingga rumah tetap sehat, bersih, dan tidak menjadi sumber penyakit. Penggunaan pengusir tikus alami ini pun sangat mudah didapatkan serta tidak membahayakan bagi anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah. Penasaran apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Irisan Bawang Merah sebagai Pengusir Tikus Alami

sekumpulan irisan bawang merah sebagai pengusir tikusthrfun

Bawang merah merupakan pengusir tikus alami yang paling ampuh dan mudah didapatkan. Tikus sangat tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari bawang merah ini sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengusir tikus. Untuk menggunakan pengusir tikus alami ini juga sangat mudah. Kamu cukup menaruh irisan bawang merah di dalam sebuah mangkuk kecil, kemudian letakkan pada area yang sering dilalui oleh tikus, seperti di meja dapur, garasi, dan sebagainya.

Pengusir Tikus Alami Menggunakan Lada Bubuk

lada bubuk hitam dan putih di dalam dua wadah terpisah sebagai pengusir tikusgreendna

Lada merupakan bumbu dapur dengan senyawa paperin yang dapat mengeluarkan bau menyengat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lada bubuk sebagai pengusir tikus di rumah karena tikus tidak menyukai bau menyengat. Dengan demikian, tikus akan pergi karena merasa terganggu. Kamu bisa menggunakan pengusir tikus alami ini dengan menaburkannya di area bersarangnya tikus di dalam rumah.

Manfaatkan Kulit Durian sebagai Pengusir Tikus

kulit buah durian sebagai pengusir tikustrekearth

Kulit durian juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tikus alami yang ampuh karena mengeluarkan aroma tajam dan menyengat. Untuk mengusir hewan pengerat ini, setelah memakan buah durian, potong kulitnya dan letakkan pada area yang sering dilalui oleh tikus.

Jika ingin meletakkannya di area lantai, pastikan posisinya aman dan jauh dari jangkauan kaki, seperti di bawah sofa atau furnitur lainnya karena kulitnya yang berduri dapat menyebabkan luka. Saat melihat pengusir tikus alami ini, tikus akan langsung pergi jauh dan enggan untuk kembali lagi.

Daun Mint sebagai Pengusir Tikus Alami

daun mint alami sebagai pengusir tikuspetsmentor

Selanjutnya adalah daun mint yang sering dipakai sebagai pengusir tikus alami. Memiliki aroma yang tajam, daun mint dapat membuat tikus terkulai lemas dan enggan datang ke dalam rumahmu. Cara memanfaatkan pengusir tikus ini juga tidak sulit. Pertama-tama, siapkan seikat daun mint, kemudian ambil sarinya dengan cara dilarutkan ke dalam air. Setelah itu, kamu cukup menyemprotkan cairan daun mint pada area yang sering dilewati tikus atau pada tempat persembunyiannya.

Baking Soda sebagai Pengusir Tikus

bubuk baking soda di dalam wadah kayu sebagai sebagai pengusir tikusOrami

Pengusir tikus alami lainnya yang bisa kamu gunakan adalah baking soda. Untuk memanfaatkan pengusir tikus ini, silahkan campurkan baking soda ke dalam makanan yang sering diincar tikus. Saat tikus memakan makanan yang dicampur baking soda tersebut, ia akan merasa kembung karena tak dapat mengeluarkan gas dari soda. Tak perlu khawatir karena tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan ia akan lari ke ruang terbuka terlebih dahulu untuk mencari udara karena tidak dapat menahan kandungan gas tersebut.

Manfaatkan Kantung Teh sebagai Pengusir Tikus

tiga kantung teh sebagai pengusir tikusBlogspot

Kandungan peppermint di dalam kantung teh juga dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus sehingga indera penciumannya tidak berfungsi dengan baik. Dengan demikian, pengusir tikus alami ini akan membuat tikus meninggalkan rumahmu karena dianggap sudah tidak ada makanan yang menarik lagi.

Untuk memaksimalkan penggunaan pengusir tikus alami ini, kamu bisa menempatkan beberapa kantung teh bekas di area yang kerap dijadikan sebagai tempat bersarangnya tikus. Kamu juga bisa menggantungkan kantung teh ini di dekat tirai jendela agar aromanya lebih terasa. Meskipun menyengat bagi tikus, tapi aroma enak yang dikeluarkan dari kantung teh ini bisa dimanfaatkan sebagai pewangi ruangan yang tidak kalah dengan manfaat aromaterapi.

Buah Mengkudu sebagai Pengusir Tikus

buah mengkudu sebagai pengusir tikusnoni-of-tahiti

Memiliki aroma menyengat, buah mengkudu juga dapat dijadikan sebagai pengusir tikus alami paling ampuh. Cara memanfaatkan pengusir tikus ini bisa dilakukan dengan menghancurkan buah mengkudu dan melarutkannya di dalam air. Setelah itu, masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada lubang atau area yang sering dilalui oleh tikus. Dengan demikian, tikus akan keluar dan pergi jauh dari rumahmu.

Melalui pengusir tikus alami di atas, kamu tak perlu lagi menggunakan racun atau lem tikus yang membahayakan. Terlebih lagi, ketujuh pengusir tikus alami tersebut pun sangat mudah didapatkan di pasar sehingga kamu tak perlu repot-repot mencarinya. Yuk, segera usir tikus di rumah menggunakan bahan pengusir tikus alami di atas!

Sedang mencari furnitur untuk rumahmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti lemari pakaian, rak dinding, tempat tidur bayi, meja makan, laci, hingga kursi teras. Selain modelnya beragam, pilihan mereknya pun ada banyak, seperti Livien, Funika, dan Anya Living. Tunggu apa lagi? Langsung saja kepoin laman Dekrouma, yuk!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse