Bikin Dilirik Tetangga, Ini 8 Model Kanopi Jendela Buat Rumahmu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Desain Kanopi Jendela pada Hunian

Pada umumnya, jendela rumah di Indonesia dihias menggunakan tirai dan hanya sedikit rumah yang menggunakan kanopi jendela. Padahal, kehadiran kanopi jendela cukup penting untuk menciptakan suasana teduh di sekitar jendela. Selain itu, kanopi jendela juga menambah nilai estetika pada desain eksterior rumah.

Kanopi jendela pun memiliki model yang beraneka ragam. Nah, bagi kamu yang tertarik menggunakan kanopi jendela di hunian, yuk intip inspirasi model kanopi jendela pilihan Kania, berikut ini! Mulai dari model klasik sampai minimalis ada di bawah ini dan dijamin akan membuat tetangga melirik ke rumahmu.

Kanopi Jendela Klasik dari Kain

model kanopi jendela bergaya klasik dari kain belang warna hijau dan putihicmtset.com

Pertama-tama ada model kanopi jendela yang terbuat dari bahan kain. Model ini sangat klasik dan sekilas mengingatkan kita pada gaya rumah Eropa. Motifnya identik dengan garis-garis besar dengan dua warna yang berbeda. Kanopi jendela ini juga memiliki rangka khusus yang membuatnya bisa dilipat dengan mudah. Apabila kamu menggunakan model kanopi jendela ini dalam ukuran yang besar, bisa dimanfaatkan juga sebagai teras dadakan. Tinggal tambahkan meja dan kursi teras saja, deh!

Kanopi Jendela Bentuk Segitiga

model kanopi jendela berbentuk segitiga pada sebuah rumah tertutupmdtna.com

Masih menggunakan material kain dengan motif garis-garis, inilah model kanopi jendela yang berbentuk segitiga. Bagian atas dan kedua sisinya tertutup rapat sehingga cukup efektif untuk menangkal sinar matahari. Ukuran model kanopi jendela ini menyesuaikan dengan ukuran jendelanya dan tidak dapat dilipat seperti model kanopi jendela sebelumnya. Untuk warnanya, pilihlah warna kain yang sedikit lebih tua dibandingkan cat dinding eksterior rumah agar tampil menarik.

Kanopi Jendela Modern Transparan

model kanopi jendela transparan dengan bingkai putihalibaba.com

Untuk rumah bergaya modern, maka model kanopi jendela harus berkonsep modern juga. Alih-alih menggunakan bahan kain, coba gunakan bahan polikarbonat, seperti model kanopi jendela di atas. Bentuknya sengaja dibuat sedikit melengkung agar kotoran dan air hujan tidak tertahan di bagian atas kanopi jendela. Kerangka kanopi jendela ini berwarna putih yang disesuaikan dengan warna kusen jendela. Namun, model kanopi jendela seperti ini perlu dibersihkan secara rutin agar tidak terlihat kusam.

Kanopi Jendela Sekaligus Kanopi Pintu

model kanopi jendela yang sekaligus meindungi pintupinterest.com

Pintu dan jendela yang berdekatan boleh saja menggunakan satu kanopi, seperti model kanopi jendela yang satu ini. Modelnya sangat sederhana menyerupai model atap rumah pada umumnya. Material yang digunakan adalah genteng. Kalau kanopi jendela berfungsi untuk menghalau sinar matahari, maka kanopi pada pintu akan membuatmu lebih nyaman untuk keluar-masuk rumah saat hujan. Model kanopi jendela di atas sangat cocok untuk rumah tanpa teras.

Kanopi Jendela Minimalis

model kanopi jendela minimalispinterest.com

Rumah minimalis identik dengan garis yang tegas dan minim dekorasi. Oleh karena itu, model kanopi jendela ini sangat cocok untuk model rumah minimalis. Kerangkanya terbuat dari tiang stainless steel dan berada di bagian bawah untuk menopang kain kanopi. Dengan model kanopi jendela minimalis ini, kamu tidak perlu menambahkan tirai lagi di bagian dalam rumah.

Kanopi Jendela Rata Berbahan Beton

model kanopi jendela rata dengan bahan betoninsinyurbangunan.com

Model kanopi jendela ini sedikit berbeda dari model-model sebelumnya, di mana bentuknya rata bagaikan atap rumah minimalis. Material yang digunakan pada model kanopi jendela ini adalah beton.

Jika ingin menggunakan model kanopi jendela ini, kamu harus merencanakannya sebelum proses pembangunan rumah. Namun, sayangnya bagian atas model kanopi jendela ini mudah digenangi air hujan dan tertumpuk daun kering sehingga kamu harus lebih rajin membersihkannya secara rutin.

Kanopi Jendela dengan Kerangka Unik

model kanopi jendela dengan bentuk orientalpinterest.com

Kanopi jendela yang satu ini memiliki model yang unik dan sekilas mirip dengan model atap oriental. Material penopang kanopi jendela ini adalah stainless steel berwarna hitam dan kedua ujungnya melengkung ke arah dalam. Sementara itu, material utama atap kanopi jendela ini berupa genteng khusus dengan aksen garis. Perpaduan model kanopi jendela ini dengan lampu dinding di sebelahnya membuat tampilan rumah sangat estetik.

Kanopi Jendela Trapesium untuk Bay Window

model kanopi jendela bentuk trapesiumgumtree.com

Bay window adalah jendela yang bentuknya menjorok keluar. Jendela ini mampu membuat ruangan terasa lebih lega. Nah, model kanopi jendela yang cocok untuk bay window adalah yang berbentuk trapesium. Model kanopi jendela ini dapat menjangkau seluruh bagian jendela. Biasanya, model kanopi jendela ini sifatnya permanen dan menyatu dengan bangunan rumah.

Dari delapan model kanopi jendela di atas, mana yang jadi favoritmu? Apa pun model kanopi jendela yang kamu pilih, pastikan untuk rutin membersihkannya, ya! Kebiasaan tersebut dapat membuat kanopi jendela lebih awet dan tentunya terlihat cantik saat dilihat oleh tetangga yang meliriknya. Jangan lupa lengkapi juga rumahmu dengan furnitur dan peralatan rumah tangga berkualitas dari Dekoruma, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse