Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun Untuk Urusan Rumah?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Selama ini, minyak zaitun dikenal sebagai jenis minyak nabati yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat minyak zaitun yang berasal dari tanaman yang mulanya terkenal di kawasan mediterania ini adalah untuk kecantikan, seperti membuat kulit jadi mulus, menghilangkan jerawat, hingga menghilangkan ketombe pada kepala. Sementara itu, untuk manfaat kesehatan, minyak zaitun disebut-sebut ampuh untuk mencegah seseorang dari risiko penyakit jantung.

Lebih daripada itu, keajaiban manfaat minyak zaitun sebenarnya tidak terbatas untuk kesehatan dan kecantikan saja, loh! Minyak nabati yang satu ini juga bisa membantu kamu menyelesaikan berbagai urusan rumah.  Manfaat minyak zaitun untuk urusan rumah ini pun tidak kalah banyak dibandingkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan maupun kecantikan.

Nah, berikut ini Kania akan membagikan beberapa manfaat minyak zaitun untuk urusan rumah yang tidak kamu sadari sebelumnnya. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Bersihkan Peralatan Masak dengan Minyak Zaitun

sekumpulan peralatan memasak di atas meja dapuroverstock.com

Apakah kamu suka kebingungan saat harus mencuci berbagai peralatan masak dengan noda hitam yang membandel akibat hawa panas dari api kompor? Tenang, sebenarnya noda-noda membandel itu hanya lemak yang menjadi kerak. Kamu bisa menghilangkannya dengan bantuan minyak zaitun.

Campurkan minyak zaitun dengan perasan air lemon, kemudian ambil kain lap microfiber dan celupkan dengan campuran minyak zaitun dan air lemon tadi. Gosokan kain lap tersebut secara perlahan di peralatan dapur dengan noda membandel. Kamu akan melihat betapa ampuhnya minyak zaitun dalam menghilangkan noda-noda tersebut. Dengan demikian, peralatan masakmu akan kembali mengkilap.

Minyak Zaitun Sebagai Aromaterapi

sebotol minyak zaitun di atas permukaan meja kayu dengan daun-daunanpixabay.com

Dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, minyak zaitun memiliki wangi yang lebih terasa dan segar. Oleh karena itu, aroma minyak zaitun ini sering dijadikan pilihan sebagai aromaterapi.

Selain itu, aroma dari minyak zaitun dipercaya dapat membuat orang yang menghirupnya menjadi lebih rileks. Dengan demikian, apabila kamu sedang merasa stres, aromaterapi dari minyak zaitun ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stresmu. Tidak ada salahnya kan untuk mencoba aroma terapi dari minyak zaitun ini?

Membuat Kulit Furnitur Kembali Berkilau

sebuah sofa di dalam ruang tamu bernuansa putihpixabay.com

Apakah di rumahmu terdapat furnitur yang menggunakan material kulit, seperti sofa? Jika ada, mulai sekarang kamu tidak perlu repot merawat sofa kulit atau khawatir material kulit akan menjadi kusam karena minyak zaitun mampu membuat material kulit menjadi kilau kembali.

Pada dasarnya minyak bisa membuat bahan kulit tampak lebih mengkilap. Namun, jika memakai minyak secara sembarangan, bisa muncul perubahan warna pada material kulit tersebut. Tenang saja, hal tersebut tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan minyak zaitun. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa lap furnitur bermaterial kulit menggunakan minyak zaitun.

Mengawetkan Furnitur Kayu dengan Minyak Zaitun

meja makan kayu dengan dua kursi kayu di ruangan bernuansa klasik dengan cerobong asappixabay.com

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk urusan rumah tangga adalah mengawetkan furnitur atau perabotan yang terbuat dari material kayu. Minyak zaitun bisa menjadi pelapis permukaan kayu sehingga usia material kayu tersebut akan lebih awet.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Kamu hanya perlu rajin membersihkan perabotan kayu menggunakan campuran minyak zaitun dan air lemon. Oleskan secara merata ke seluruh bagian furnitur atau perabotan kayu agar semua sisinya terlapisi oleh minyak zaitun dengan baik.

Membersihkan Barang yang Terbuat dari Perak

dua buah perhiasan kalung berbentuk jampixabay.com

Apakah kamu suka mengoleksi barang-barang yang terbuat dari perak, seperti perhiasan atau bahkan peralatan makan, seperti sendok dan garpu? Jika barang-barang yang terbuat dari perak tersebut kotor, jangan mencucinya dengan sabun karena bahan perak yang dicuci menggunakan sabun berpotensi mengalami kerusakan.

Nah, sebagai gantinya kamu bisa membersihkannya menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu menghilangkan kotoran dan kekusaman pada perak tanpa merusak lapisan logamnya. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengolesi barang tersebut dengan minyak zaitun, kemudian gosok secara perlahan dan halus. Dengan diolesi minyak zaitun, barang-barang dari perak di rumahmu akan kembali berkilau.

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa ada banyak manfaat minyak zaitun di luar kesehatan dan kecantikan? Coba praktikkan penggunaan minyak zaitun ini di rumahmu agar urusan membereskan rumah bisa lebih mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan merasakan manfaat minyak zaitun!

Sedang mencari kasur baru? Dekoruma menyediakan ragam jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama, lho! Dekoruma jual kasur Elite, King Koil, The Luxe, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse