5 Cara Membuat Bonsai untuk Pemula, Gampang Banget!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Membuat Bonsai dengan Mudah

Popularitas tanaman bonsai di Tanah Air nampaknya tidak pernah redup. Hal ini membuat tanaman bonsai menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, semakin unik bentuknya maka semakin tinggi juga harga jualnya. Namun, semua ini tidak didapatkan secara instan. Kamu membutuhkan kesabaran penuh dan pengetahuan yang baik untuk bisa merawat dan memelihara bonsai agar bertumbuh subur.

Bagi para pemula, tentu harus banyak belajar tentang cara membuat bonsai yang tepat agar tumbuh subur. Oleh karena itu, Kania akan membagikan cara membuat bonsai yang  mudah untuk pemula. Kamu bisa memulainya dengan menerapkan lima cara membuat bonsai di bawah ini!

1. Memilih Tanaman yang Tepat

lima tanaman bonsai di dalam potpixabay.com

Jenis tanaman bonsai berasal dari bagian tanaman yang dikembangbiakan dengan metode setek, cangkok, okulasi, serta enten. Namun, tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara membuat bonsai, kamu harus pahami dulu kriteria tanaman yang bisa dijdaikan bonsai.

Tanaman yang bisa dijadikan bonsai di antaranya adalah tanaman dikotil dan memiliki usia panjang, seperti bonsai pohon serut. Selain itu, tanaman yang akan dijadikan bonsai juga harus memiliki daya tahan yang baik karena dalam cara membuat bonsai akan melibatkan penggunaan kawat, pemotongan batang, minim nutrisi, dan akan berada di wadah atau pot yang sempit dalam waktu lama.

Hal terakhir dalam memilih tanaman yang tepat untuk cara membuat bonsai adalah bentuk aslinya harus indah. Ciri tanaman indah yang ideal dijadikan bonsai adalah memiliki daun yang rindang, bunga yang cantik, atau jenis batang yang menarik.

2. Memahami Media Tanam Bonsai

tanah sebagai media tanam bonsai di atas telapak tangan seseorangaces.edu

Keterbatasan ukuran wadah tanam membuat bonsai memiliki persediaan nutrisi yang terbatas juga. Dengan demikian, dalam cara membuat bonsai, media tanam memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bonsai. Dalam cara membuat bonsai ini, penggunaan pasir dapat mencegah air menggenangi akar terlalu lama. Jika ingin menggunakan tanah, pilihlah tanah gunung atau tanah merah yang gembur.

Selain itu, supaya bonsai tumbuh semakin subur, jangan lupa untuk menggunakan pupuk yang kaya akan manfaat. Pupuk kompos mengandung unsur hara yang membuat bonsai berkembang sesuai dengan gen tanaman aslinya. Sedangkan pupuk kandang berguna untuk memberikan nutrisi tambahan. Pilihlah pupuk kandang dari kotoran kambing yang sudah matang dalam cara membuat bonsai ini.

3. Menanam dan Memelihara Bonsai

seorang laki-laki sedang merawat tanaman bonsaiyoutube.com

Pada tahap selanjutnya dalam cara membuat bonsai ini, kamu bisa menanam batang tanaman yang akan dijadikan bonsai pada pot. Lapisan atas media tanam harus subur dan gembur, tapi tidak boleh lebih dari 35 cm. Sementara itu, lapisan keduanya harus bersifat lunak dan mampu menyalurkan air dengan baik, sedangkan pada lapisan ketiga biasanya dicampur bebatuan yang kedap air.

Dalam cara membuat bonsai ini, pastikan kelembapan media tanam tetap terjaga supaya akar tidak mudah busuk. Bonsai juga dapat terserang penyakit, cacing, dan serangga. Oleh karena itu, saringlah media tanam untuk menyingkirkan risiko serangan hama tanaman tersebut.

Selain itu, pot bonsai sebaiknya diletakan di tempat yang teduh, tidak terkena banyak angin, dan jauh dari jangkauan anak atau hewan peliharaan. Saat memberinya air, gunakan penyiram tanaman berupa alat semprot supaya lebih mudah mengontrol jumlah air.

4. Cara Membuat Bonsai Menjadi Bentuk yang Diinginkan

tanaman bonsai yang dililitkan dengan kawatebay.com

Cara membuat bonsai menjadi bentuk yang diinginkan membutuhkan kesabaran yang ekstra. Kamu bisa mulai membentuknya saat batang bonsai sudah kuat dan mulai bertumbuh. Bentuklah kerangka dasar atau bayangan bentuknya terlebih dulu. Setelah itu, gunakan bantuan kawat, tali raffia, gunting dahan, pisau, dan tang.

Potonglah bagian ranting yang tidak diinginkan, lalu ikatkan ranting lainnya dengan kawat dan arahkan sesuai keinginan. Konsepnya hampir mirip dengan menggiring tanaman merambat yang menggunakan tiang-tiang.

Pemakaian kawat juga sangat membantu untuk menjaga ukuran batang tetap kerdil. Tahapan cara membuat bonsai yang satu ini wajib dilakukan setiap saat karena bonsai pun bertumbuh setiap saat.

5. Menyempurnakan Bentuk Bonsai

tanaman bonsai berbunga di dalam sebuah pot warna cokelatpixabay.com

Bentuk bonsai yang sempurna umumnya didapatkan setelah bertahun-tahun. Bonsai yang sempurna dinilai dari keseimbangan bentuk, yang artinya ukuran bunga dan batang bonsai seimbang bagaikan tanaman aslinya. Daun-daunnya pun harus rindang dan lebat.

Cara membuat bonsai yang sempurna dipengaruhi oleh pemangkasan dan pemetikan titik tumbuh. Pemangkasan yang baik dilakukan pada ranting yang paling dekat dengan kuntum. Bekas pemangkasan yang besar dapat ditutup dengan paraffin supaya tampilan bonsai tetap cantik dan sempurna.

Demikianlah lima cara membuat bonsai untuk pemula. Kuncinya adalah sabar, telaten dan jangan mudah menyerah karena para profesional pun membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan bonsai yang sempurna. Selamat mencoba! 

Jangan lupa temukan juga informasi kesenian bercocok tanam Jepang lainnya di Dekoruma, seperti cara membuat kokedama. Dekoruma juga menyediakan produk furnitur dan peralatan rumah tangga berkualitas, lho!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse