6 Fakta Menarik Rumah Adat Minangkabau, Mengagumkan Banget!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Rumah Adat Minangkabau yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki lebih dari 300 suku, tidak heran kalau Indonesia memiliki banyak rumat adat. Salah satunya adalah rumah adat Minangkabau yang kemegahannya sungguh luar biasa. Rumah adat Minangkabau atau yang sering juga disebut Rumah Gadang ini akan banyak kamu jumpai saat sedang berkunjung ke daerah Sumatera Barat.

Setiap rumah adat pasti memilki ciri khas dan keunikannya masing-masing, tidak terkecuali untuk rumah adat Minangkabau. Berikut ini Kania akan membahas fakta-fakta menarik dari rumah adat Minangkabau yang akan membuat kamu semakin terkagum dengan jenis rumah adat yang satu ini. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Bentuk Atap yang Unik sebagai Lambang Kemenangan

ciri khas atap rumah adat Minangkabauwikipedia.org

Salah satu bagian dari rumah adat Minangkabau yang sukses membuat banyak orang terpesona adalah bagian atap rumah yang unik. Konon, atap rumah adat Minangkabau yang diberi sebutan gonjong ini memiliki bentuk yang menyerupai tanduk kerbau. Tanduk kerbau sendiri dijadikan model di atap rumah adat Minangkabau untuk melambangkan kemenangan suku Minang dalam perlombaan adu kerbau di Pulau Jawa. Sebelumnya, atap rumah adat Minangkabau yang berbentuk runcing dibuat dari ijuk. Namun, saat ini tidak jarang ditemukan rumah adat Minangkabau yang bagian atapnya menggunakan material seng.

Rumah Adat Minangkabau Penuh dengan Ukiran

detail ukiran pada rumah adat Minangkabauwikipedia.org

Kemegahan yang terlihat dari rumah adat Minangkabau salah satunya disebabkan oleh banyaknya ornamen di bagian dinding bangunannya. Tak jarang orndamen yang berupa ukiran tersebut diwarnai dengan warna-warna yang mencolok sehingga rumah adat Minangkabau tersebut terlihat megah dan semarak.

Biasanya, ukiran pada rumah adat Minangkabau bermotif flora dan fauna. Tidak hanya sebagai unsur dekoratif saja, ukiran pada bangunan rumah adat Minangkabau ini pun memiliki makna, yaitu keselarasan masyarakat Minangkabau dengan alam di sekitarnya.

Jumlah Kamar Disesuaikan dengan Jumlah Penghuni Perempuan

bagian dalam kamar tidur rumah adat Minangkabauwisato.id

Tiap rumah pasti memiliki kamar tidur. Namun, ada yang unik dan menarik dari kamar tidur rumah adat Minangkabau ini. Alih-alih dibuat sesuai dengan jumlah penghuni di rumah tersebut, jumlah kamar tidur yang ada di rumah adat Minangkabau disesuaikan dengan jumlah penghuni perempuan yang sudah menikah.

Namun, biasanya tetap ada satu kamar tambahan di bagian belakang yang dikhususkan untuk orangtua lanjut usia dan anak gadis. Untuk penghuni laki-laki, biasanya mereka tidur di bagian luar kamar atau jika sudah beranjak dewasa, laki-laki di Minangkabau akan memilih untuk merantau. 

Tiang Utama Berumur Sangat Panjang

tiang utama di dalam rumah adat Minangkabauwp.com

Rumah adat Minangkabau memiliki empat tiang utama sebagai penopang bangunan yang disebut sebagai tonggak tuo. Sama seperti bagian lain dari rumah ini, tiang utama rumah adat Minangkabau menggunakan jenis material kayu. Hal menariknya adalah kayu yang digunakan sebagai tiang utama rumah adat Minangkabau ini bisa berumur sangat panjang dan anti rayap.

Material kayu tersebut merupakan batang pohon panjang yang sebelumnya direndam di kolam selama beberapa tahun. Proses perendaman inilah yang membuat kayu jadi lebih tahan rayap dan bisa berumur sangat panjang.

Arsitektur Tanpa Paku

bagian dalam rumah adat Minangkabaupbs.twimg.com

Dalam versi aslinya, rumah adat Minangkabau dibangun tanpa menggunakan paku untuk menggabungkan tiap bagian kayu guna membentuk rumah. Sebagai gantinya, alat penyambung yang digunakan adalah pancang yang juga terbuat dari kayu.

Tidak adanya paku pada arsitektur rumah adat Minangkabau membuat rumah ini lebih lentur sehingga lebih tahan gempa. Dengan demikian, rumah adat Minangkabau ini hanya akan berayun saat ada gempa yang melanda. Kemungkinan adanya retak pun dapat diminimalisir.

Rumah Adat Minangkabau sebagai Antisipasi Hewan Buas

rumah adat Minangkabau dari sisi kiriblogspot.com

Faktor lain yang membuat rumah adat Minangkabau ini terlihat megah adalah posisinya yang tinggi. Tingginya rumah adat Minangkabau disebabkan oleh model rumah yang berbentuk panggung. Rata-rata rumah adat Minangkabau memiliki kolong setinggi satu sampai dua meter. Bukan tanpa tujuan, model rumah ini konon disebut sebagai antisipasi terhadap serangan hewan buas yang datang.

Setelah melihat fakta-fakta menarik di atas, apakah kamu semakin tertarik dan penasaran untuk masuk ke rumah adat Minangkabau? Jika ada waktu liburan, jangan  lupakan Sumatera Barat dalam daftar destinasi wisatamu, ya!

Selain informasi menarik di atas, baca juga informasi bermanfaat lainnya dari Dekoruma. Dekoruma juga menjual produk furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga, lho!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse