Mengenal Pondasi Tiang Pancang, Kelebihan, dan Kekurangannya

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Pondasi Tiang Pancang

Dalam membangun sebuah rumah, pondasi sangat menentukan kuat atau tidaknya rumah tersebut nantinya. Pemilihan jenis pondasi pun tidak luput menjadi perhatian bagi kamu yang ingin atau sedang membangun rumah. Ada banyak jenis pondasi yang bisa kamu pilih, seperti pondasi cakar ayam, sumuran, dan batu kali. Namun, salah satu yang menjadi favorit adalah pondasi tiang pancang.

Pondasi tiang pancang merupakan salah satu jenis pondasi rumah yang biasanya terbuat dari beton murni, baja, bahkan kayu. Pada dasarnya, pondasi tiang pancang berperan untuk membuat bangunan lebih kukuh karena mampu menyalurkan beban konstruksi ke bagian tanah paling dalam sehingga lebih stabil. Pondasi tiang pancang ini juga disebut-sebut sebagai salah satu jenis pondasi yang terbaik untuk membangun rumah yang kuat.

Pondasi tiang pancang memang memiliki sederet keunggulan, tapi ketika memutuskan untuk menggunakannya, kamu juga perlu memahami apa saja kekurangan dari jenis pondasi ini. Berikut ini Kania akan membahas kelebihan dan kekurangan dari pondasi tiang pancang agar kamu bisa mempertimbangkan sebelum menggunakannya. Simak sampai habis, ya!

Kelebihan Pondasi Tiang Pancang

Hal yang membuat pondasi tiang pancang menjadi salah satu jenis pondasi yang paling disukai adalah kerena pondasi ini memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini merupakan kelebihan dari pondasi tiang pancang yang harus kamu ketahui:

Pondasi Tiang Pancang Lebih Kuat dan Kukuh

sebuah proyek bangunan menggunakan pondasi tiang pancangamazonaws.com

Pondasi tiang pancang biasanya terbuat dari beton. Jenis material tersebut membuat pondasi tiang pancang memiliki daya tahan kekuatan yang lebih baik dibandingkan jenis-jenis material lainnya. Dengan demikian, pondasi tiang pancang akan membuat bangunan yang sedang dibangun akan lebih kuat karena dianggap mampu menopang beban di atasnya sekaligus mengatasi tekanan di dalam tanah.

Umur Pondasi Tiang Pancang Lebih Panjang

proses pembangunan menggunakan pondasi tiang pancangpinimg.com

Memasang pondasi tiang pancang diyakini dapat membuat usia bangunan lebih panjang. Hal ini karena bagian tulang pondasi sudah tertutupi material lain yang tebal sehingga terlindungi dari air dan zat kimia yang bersifat korosif. Dengan demikian, pondasi tiang pancang bisa menahan beban bangunan hingga puluhan tahun. Jenis tiang pancang yang memiliki usia paling lama adalah yang terbuat dari beton murni.

Pondasi Tiang Pancang Mengurangi Galian Tanah

sebuah mobil bangunan untuk proyek yang menggunakan pondasi tiang pancangasdar.id

Biasanya, kamu perlu menggali banyak tanah ketika hendak membangun sebuah rumah menggunakan pondasi biasa karena pondasi tersebut umumnya dibangun dari bawah ke atas. Hal yang perlu dipkirkan bahwa semakin banyak tanah yang tergali, maka semakin rentan juga permukaan tanah untuk bergeser.

Berbeda dari jenis pondasi lainnya, pondasi tiang pancang ini bisa dijadikan solusi untuk mengurangi galian tanah. Pasalnya, cara pemasangan pondasi tiang pancang hanya perlu ditanam menggunakan alat khusus untuk mencapai bagian tanah paling bawah yang stabil.

Pondasi Tiang Pancang Mampu Memadatkan Material Tanah

pondasi tiang pancang ditancapkan ke dalam tanahpremierrockmachinery.com.au

Salah satu kelebihan lain dari penggunaan pondasi tiang pancang adalah jenis pondasi ini memiliki kemampuan untuk memadatkan material tanah. Ketika ditanam tanpa galian, pondasi tiang pancang justru akan membuat bagian tanah saling berhimpit. Hal ini bertujuan untuk menghindari pergerakan dan pergeseran tanah yang bisa membuat keretakan pada bangunan.

Kekurangan Pondasi Tiang Pancang

Tidak bisa dimungkiri, meskipun pondasi tiang pancang memiliki sejumlah kelebihan, tapi jenis pondasi ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan dari pondasi tiang pancang yang bisa kamu pertimbangkan:

Proses Produksi Pondasi Tiang Pancang Lebih Lama

proses produksi pondasi tiang pancangebawe.de

Membuat pondasi tiang pancang, khususnya menggunakan material beton, memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan proses produksi jenis pondasi lainnya. Hal ini dikarenakan proses konstruksi hingga pemadatannya harus dilakukan secara rinci agar menghasilkan pondasi tiang pancang yang kuat dan kukuh.

Sebagai alternatif, kamu bisa membeli pondasi tiang pancang yang sudah jadi untuk mempersingkat waktu pembangunan. Akan tetapi, jika membeli yang sudah jadi, kamu harus memastikan pondasi tiang pancang tersebut sesuai dengan bangunan yang sedang dibangun, ya!

Harga Pondasi Tiang Pancang Lebih Mahal

tumpukan pondasi tiang pancangcentrumpile.co.uk

Proses produksi yang lama dan rumit karena menggunakan material berkualitas membuat harga pondasi tiang pancang ini lebih mahal dibandingkan jenis pondasi lainnya. Namun, harga yang mahal tersebut memang sebanding dengan kualitas yang kamu peroleh. Oleh karena itu, saat ingin membangun rumah menggunakan pondasi tiang pancang, pastikan kamu sudah menyiapkan dana yang cukup, ya!

Setelah melihat serba-serbi pondasi tiang pancang di atas, apakah kamu tertarik menggunakannya untuk membangun rumah? Selain informasi di atas, kamu juga bisa menemukan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma. Tak hanya itu, Dekoruma juga menjual furnitur multifungsi dan space-saving. Dekoruma jual meja belajar, sofa minimalis, kursi tamu, dan lemari pakaian dengan model yang beragam. Selamat membangun rumah impian!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse