6 Cara Membuat Sabun Cuci Sendiri di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Trik Membuat Sabun Cuci dengan Mudah

Di pasaran, ada banyak pilihan produk sabun cuci piring yang bisa kamu beli. Namun, tak semua produk aman terhadap lingkungan dan dapat membantu pekerjaanmu jadi lebih efisien, terlebih lagi jika terdapat lemak atau noda membandel yang sulit dibersihkan.

Tidak perlu bingung, Kania akan membagikan enam cara membuat sabun cuci yang siap mempermudah pekerjaan rumah tangga kamu. Bahkan, cara membuat sabun cuci ini pun membuatmu dapat menghemat pengeluaran, tenaga, serta ramah lingkungan karena dibuat menggunakan bahan natural. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Biji Lerak

cara membuat sabun cuci menggunakan biji lerakgenpi.co

Lerak adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Untuk keperluan mencuci, kamu bisa memanfaatkan biji dari pohon lerak yang didalamnya mengandung saponin dan dapat menghasilkan busa sebagai bahan pencuci. Cara membuat sabun cuci dengan biji lerak ini cukup sederhana.

Mulai cara membuat sabun cuci ini dengan merebus biji lerak hingga mendidih, lalu dinginkan dan jangan lupa untuk menyaringnya. Setelah itu, semprotkan cairan lerak pada spons untuk membersihkan piring dan bilas menggunakan air.

Hal yang menarik, biji lerak tak sekadar dapat digunakan sebagai cara membuat sabun cuci piring saja sebab kamu pun bisa memakainya untuk mencuci pakaian, mengepel lantai, hingga memandikan binatang peliharaan. Sangat bermanfaat, ya!

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Garam dan Baking Soda

cara membuat sabun cuci menggunakan garam dan baking sodahealthline.com

Kerap digunakan sebagai bahan pembuat kue, baking soda memiliki kandungan bikarbonat yang dapat mengangkat noda dan minyak membandel. Jika dipadukan dengan garam, campuran keduanya mampu mengangkat kotoran pada piring secara maksimal. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan cara membuat sabun cuci dengan menggunakan kedua bahan ini.

Untuk melakukan cara membuat sabun cuci ini, pertama-tama larutkan kedua bahan pada air hangat, kemudian aduk hingga larutan menjadi kental. Setelah itu, oleskan cairan pada piring, diamkan sekitar satu menit, lalu gosok dan bilas memakai air dingin.

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Cuka dan Baking Soda

cara membuat sabun cuci menggunakan cuka dan baking sodamedicalazul.com

Peralatan masak dirumahmu mulai bernoda dan berkarat? Untuk menghilangkannya, kamu bisa melakukan cara membuat sabun cuci menggunakan cuka dan baking soda yang ampuh mengangkat minyak, karat, noda membandel, bahkan membuat piringmu kembali kinclong.

Cara membuat sabun cuci ini bisa dilakukan dengan melarutkan beberapa sendok cuka ke dalam air, kemudian tambahkan baking soda dan aduk hingga merata. Mengenai cara penggunannya, silahkan rendam peralatan makan dan masak yang kotor pada cairan pembersih dari sabun cuci tersebut, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Lemon dan Baking Soda

cara membuat sabun cuci menggunakan lemon dan baking sodayoutube.com

Selain garam dan cuka, kamu pun bisa memadukan baking soda dengan lemon yang memiliki sifat antibakteri sebagai cara membuat sabun cuci. Dengan demikian, kamu dapat membersihkan piring dari kotoran dan kuman.

Untuk melakukan cara membuat sabun cuci menggunakan kedua bahan tersebut, silahkan peras lemon secukupnya dan campurkan dengan baking soda. Setelah itu, aduk hingga kedua bahan tersebut menjadi kasar. Sementara itu, untuk menggunakannya kamu bisa menggosok campuran lemon dan baking soda pada piring kotor menggunakan sikat atau bagian spons yang kasar dan bilas sampai bersih.

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Jeruk Nipis dan Cuka

cara membuat sabun cuci menggunakan jeruk nipis dan cukanighttask.com

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan membunuh bakteri. Untuk mempraktikkan cara membuat sabun cuci ini, kamu bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan cuka, kemudian aduk hingga merata. Setelah tercampur, gosokkan pada piring kotor menggunakan spons dan bilas piring sampai bersih kembali.

Cara Membuat Sabun Cuci dengan Belimbing Wuluh

cara membuat sabun cuci menggunakan belimbing wuluhdoktersehat.com

Cara membuat sabun cuci yang terakhir adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Untuk membersihkan perlengkapan makan berbahan keramik, silahkan kupas belimbing wuluh dan gosokkan pada noda yang menepel. Biarkan selama beberapa menit agar sabun cuci dari belimbing wuluh ini dapat bekerja dengan efektif.

Setelah didiamkan beberapa menit, kamu dapat menggosok perlengkapan makan keramik menggunakan kain lap lembut hingga bersih. Sementara itu, jika dipakai untuk peralatan masak berbahan porselen, kamu dapat mengakhiri proses pencucian dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih.

Selain lebih aman dan hemat, keenam cara membuat sabun cuci di atas pun sangat mudah dilakukan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah kamu dapatkan. Selain tips di atas, temukan juga informasi dan inspirasi bermanfaat lainnya di Dekoruma. Dekoruma juga menyediakan beragam produk berkualitas, mulai dari furnitur, peralatan rumah tangga, hingga perlengkapan dapur. Selamat mencoba cara membuat sabun cuci di atas!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse