Pohon Beringin, Bermanfaat atau Membawa Bencana?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Fakta Seputar Pohon Beringin sebagai Bahan Pertimbangan

Halaman rumah yang hijau dan asri tak jarang membuat orang terpesona. Kamu pun mungkin ingin membuat desain halaman rumah milikmu dengan pohon-pohon hijau yang besar untuk menciptakan suasana yang asri dan teduh. Salah satu pohon besar yang dianggap teduh adalah pohon beringin. 

Hanya saja, keberadaan pohon beringin di halaman rumah masih menjadi kontroversi. Beberapa pihak menganggap pohon beringin sah-sah saja berada di halaman rumah untuk membuat suasana rumah jadi lebih hijau dan asri. Namun, beberapa pihak justru menganggap keberadaan pohon beringin di rumah bisa membawa bencana. Nah, kalau begitu yang benar yang mana?

Sebenarnya, menanam pohon beringin di halaman rumah terserah dari pemilik hunian. Tidak ada yang salah ataupun benar secara mutlak. Namun, dalam menentukan sesuatu kamu tentu perlu suatu pertimbangan. Berikut ini, Kania akan membagikan beberapa fakta mengenai pohon beringin yang bisa jadi pertimbanganmu sebelum menanamnya di halaman rumah. Simak sampai habis, ya!

Pohon Beringin Ciptakan Udara Segar

pohon beringin di depan rumah mewahahstatic.com

Masih ingat dengan teori pepohonan hijau yang bisa menghasilkan oksigen pada siang hari? Hal ini pula yang bisa diciptakan oleh pohon beringin. Dengan menanam pohon beringin di halaman rumah, udara di sekitar rumah akan jadi lebih segar, apalagi pohon beringin juga termasuk pohon besar yang memiliki banyak daun sehingga oksigen yang dihasilkan pun lebih banyak. Selain itu, pohon beringin juga dapat membuat rumah bebas dari polusi udara.

Pohon Beringin Membuat Suasana Lebih Teduh

deretan pohon beringin di pinggir jalan membuat suasana teduhpixabay.com

Pohon beringin yang berukuran besar memiliki dampak positif untuk halaman rumahmu. Dengan menanam pohon beringin, dijamin halaman rumahmu akan terasa lebih teduh dan sejuk. Banyaknya daun-daun dari pohon beringin ini akan menghalangi sinar matahari yang terik. Jadi, kamu akan betah untuk bersantai di halaman rumah. Kania sarankan agar kamu menaruh kursi santai di bawah pohon beringin untuk menikmati waktu santai sambil membaca buku atau menyeruput secangkir teh.

Pohon Beringin Menyerap Air Secara Ekstra

detail batang dan daun pohon beringinjarrak.id

Kalau kamu menanam pohon beringin di rumahmu, kondisi air tanah pasti akan lebih bagus. Hal ini karena pohon beringin dapat menyerap air secara ekstra sehingga simpanan air tanah lebih banyak dan lebih bersih. Dengan kemampuan penyerapan air dari pohon beringin ini, rumahmu juga jadi lebih aman dari genangan ataupun longsor. Mengapa pohon beringin bisa menyerap air secara ekstra? Ini karena pohon beringin tidak hanya memiliki akar di dalam tanah, melainkan juga memiliki akar gantung yang menjadi keunikan dari pohon ini.

Pohon Beringin Makan Tempat

pohon beringin di depan bangunan tuapixabay.com

Tak bisa dimungkiri, pohon beringin memang sangat memakan tempat. Ketika sudah dewasa, biasanya pohon beringin akan memiliki diameter rata-rata dua meter. Tingginya sendiri bisa mencapai 30 meter sehingga melebihi atap rumah. Ukuran pohon beringin yang besar tentu juga membutuhkan tempat yang luas. Dengan demikian, hal ini membuatmu harus mempertimbangan secara matang cukup atau tidaknya lahan di rumah untuk menanam pohon beringin ini.

Pohon Beringin Membuat Rumah Jadi Lebih Lembap

pohon beringindi depan bangunanpixabay.com

Suasana teduh dari pohon beringin bukan berarti tanpa masalah. Pohon beringin dapat membuat halaman, bahkan bagian dalam rumahmu jadi lebih lembap. Tentu saja hal ini akan menambah pekerjaan rumahmu untuk selalu menjaga kelembapan udara di rumah dan membersihkan bagian rumah yang lembap. Selain itu, tidak jarang juga orang mengaitkan suasana lembap ini dengan kesan yang mistis. Alasan inilah yang membuat banyak orang mengatakan bahwa pohon beringin menyeramkan. 

Pohon Beringin Sulit Ditebang dan Dibuang

pohon beringin di dalam hutanpixabay.com

Sering mendengar berita mengenai pohon beringin yang roboh? Sebenarnya, robohnya pohon beringin lebih disebabkan karena usianya yang sudah tua. Ukuran pohon yang besar memerlukan proses yang cukup rumit untuk menebangnya. Selain itu, kamu juga harus memikirkan tempat untuk membuang pohon beringin yang sudah ditebang tersebut. Hal inilah yang membuat orang-orang enggan untuk menanam pohon beringin di halaman rumahnya.

Setelah membaca penjelasan di atas, apa yang menjadi keputusan akhirmu? Apakah kamu semakin mantap atau justru menjadi enggan untuk menanam pohon beringin di halaman rumahmu? Apa pun yang menjadi keputusanmu, semua ada konsekuensinya. Jadi, pikirkan secara matang, ya!

Jangan lupa, baca juga artikel lainnya dari Dekoruma, ya! Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menjual berbagai produk rumah tangga yang berkualitas, mulai dari furnitur, peralatan rumah tangga, hingga dekorasi dengan beragam model. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse