5 Fakta Soal Pondasi Sumuran, Bagian Terpenting Pada Gedung

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengetahui Serba-Serbi Pondasi Sumuran

Sebuah gedung atau bangunan tidak begitu saja berdiri di atas permukaan tanah. Sebuah bangunan harus memiliki pondasi yang kuat agar terhindar dari kemungkinan roboh atau bergeser di kemudian hari. Pondasi pada dasarnya merupakan struktur yang memiliki fungsi untuk menahan bobot gedung dan pergerakan alam.

Secara umum, ada berbagai jenis pondasi. Masing-masing penggunaannya tergantung pada jenis tanah, lokasi pembangunan, dan ukuran gedung. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membahas fakta-fakta terkait pondasi sumuran. Yuk, kita pahami bersama!

Apa Itu Pondasi Sumuran?

sebuah tanah yang sedang dibangun menggunakan pondasi sumuranwoodscribdindo.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, pondasi sumuran memiliki bentuk yang menyerupai sumur. Pondasi jenis ini dibuat dengan cara dicor menggunakan material beton berbentuk silinder, kemudian diisi dengan batu belah. Beton silinder untuk pondasi sumuran memiliki ukuran yang sangat beragam, ada yang 80 cm, 250 cm, 300 cm, 350 cm, hingga 400 cm. Sementara itu, kedalamannya bisa mencapai delapan meter. Di Indonesia sendiri, pondasi sumuran umumnya menggunakan material beton bertulang atau beton pracetak.

Karakteristik Tanah yang Perlu Menggunakan Pondasi Sumuran

sebuah mobil konstruksi menggali tanah untuk pondasi sumuranpixabay.com

Tidak semua tanah bisa menggunakan pondasi sumuran. Karakteristik tanah yang paling pas untuk menggunakan jenis pondasi sumuran ini adalah tanah yang lapisan kerasnya berada di kedalaman tiga hingga lima meter. Ada beberapa alasan mengapa karakteristik tanah tersebut tidak cocok menggunakan pondasi jenis lain. Pondasi plat kaki misalnya, proses pengerjaannya akan memakan biaya dan waktu yang banyak karena galian tanah begitu dalam dan lebar.

Begitu juga dengan jenis pondasi plat beton yang sulit diaplikasikan pada karakteristik tanah ini karena air permukaan tanah harus dipompa ke luar lubang galian. Oleh karena itu, pondasi sumuran pun menjadi pilihan yang paling tepat untuk karakteristik tanah tersebut.

Persyaratan Pondasi Sumuran

pondasi sumuran berada di dalam tanaharafuru.com

Sebelum menggunakan pondasi sumuran, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan. Pertama, daya dukung pondasi sumuran harus lebih besar dibandingkan bobot bangunan yang dipikul oleh pondasi tersebut. Kedua, penurunan yang terjadi harus sesuai dengan batas yang diizinkan. Toleransi tersebut sebesar 1” atau setara dengan 2,54 cm.

Kelebihan Pondasi Sumuran

detail pondasi sumuran untuk membuat bangunanarafuru.com

Pondasi sumuran memiliki tiga kelebihan dalam proses pembangunan gedung. Ketiga kelebihan tersebut ialah:

1. Pondasi yang Dalam

Pondasi sumuran merupakan alternatif terbaik untuk pondasi dalam. Penerapannya akan semakin mudah jika pihak terkait memiliki banyak material batu untuk mengisi bagian dalam beton pada pondasi sumuran ini.

2. Tidak Butuh Alat Berat

Pembuatan pondasi sumuran juga tidak membutuhkan alat berat. Hal ini menjadikan pondasi sumuran sebagai solusi terbaik saat lokasi pembangunan sulit dijangkau oleh alat berat dan tidak memungkinkan untuk memindahkan tiang pancang.

3. Harga yang Ekonomis

Kelebihan yang terakhir, pondasi sumuran tergolong ekonomis. Biaya pembangunan bisa ditekan karena tidak membutuhkan alat berat dan tiang pancang. Bahkan, di beberapa daerah, penggunaan pondasi ini bisa lebih ekonomis lagi karena beberapa faktor.

Kekurangan Pondasi Sumuran

kumpulan tiga jenis tanahanugrahmineralindustri.com

Ada kelebihan, ada juga kekurangannya. Berikut ini merupakan kekurangan dari pondasi sumuran yang perlu kamu ketahui:

1. Pondasi Sumuran Sensitif bagi Kepadatan Tanah

Penerapan pondasi sumuran cukup sensitif bagi kepadatan tanah. Saat melakukan pengeboran, kepadatan tanah di sekitar akan terganggu. Apabila karakteristik tanah berpasir atau berkerikil, maka ada risiko terjadi longsor. Jika terpaksa dilakukan, maka tanah tersebut perlu diberikan bentonite dan casing terlebih dahulu. Masalah yang satu ini juga dapat mempengaruhi kapasitas dan daya dukung tanah terhadap tiang.

2. Pemasangan Dipengaruhi Cuaca

Selain itu, proses pemasangan pondasi sumuran juga sangat dipengaruhi oleh cuaca. Apabila hujan turun, maka proses harus ditunda. Pasalnya, tanah akan menjadi lebih lunak dan penggalian menjadi lebih sulit. Bagian dalam beton silinder pun sulit dikontrol kepadatannya karena batu belahan dan adukan hanya dilempar dari atas. Dengan demikian, kekuatannya kurang pas untuk menahan gaya horizontal karena tidak memiliki tulangan.

Demikianlah lima fakta terkait pondasi sumuran yang perlu kamu ketahui. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan konsultasikan kepada pihak terkait. Jangan sembarangan mengambil keputusan, ya karena pondasi merupakan bagian terpenting dari sebuah gedung.

Selain informasi di atas, baca juga informasi menarik lainnya dari Dekoruma. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan furnitur dan perabotan rumah di Dekoruma yang kualitasnya terjamin. Yuk, lengkapi kebutuhanmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse