6 Ragam Hias Flora yang Bisa Ditanam di Depan Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Macam-Macam Tanaman Hias Flora untuk Taman Rumah

Ragam hias flora sering menjadi cara paling efektif untuk membuat bagian depan rumah menjadi lebih indah dan asri. Ada banyak sekali pilihan ragam hias flora yang bisa kamu tanam di depan rumah supaya tidak hanya cantik, tapi suasana rumahmu pun jadi lebih sejuk dan segar. Bagi kamu yang masih bingung, yuk cek dulu rekomendasi ragam hias flora yang atraktif pilihan Kania berikut ini!

Bougenville si Bunga Kertas 

ragam hias flora bunga bougenvillepinterest.com

Untuk pecinta ragam hias flora dengan tampilan yang sederhana, bunga bougenville ini merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untukmu. Ragam hias flora ini juga sering disebut sebagai bunga kertas karena tampilan kelopaknya yang tipis seperti kertas. Jenis tanaman bunga ini siap menyuguhkan tampilan yang sangat indah pada desain taman rumah milikmu.

Daya tarik dari ragam hias flora bougenville ini terutama terletak pada kelopaknya yang berwarna ceria. Warnanya pun sangat beragam, mulai dari pink, ungu, jingga, hingga merah merona. Meskipun tipis seperti kertas, tapi ragam hias flora yang satu ini sangat mudah beradaptasi dan mudah dirawat. Bagi kamu yang tertarik menanam bunga ini, jangan lupa letakkan di bawah sinar matahari dan siram secara rutin. 

Hibiscus atau Kembang Sepatu 

ragam hias flora bunga hibiscus kembang sepatuwallpapersafari.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi ‘kan dengan ragam hias flora kembang sepatu? Salah satu ragam hias flora ini juga disebut dengan nama hibiscus pada berbagai istilah dunia botani. Jenis tanaman bunga ini dikenal sangat indah dengan warna kelopaknya yang menarik. Cocok hidup di iklim tropis, tak heran jika ragam hias flora ini menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Keunikan dari salah satu ragam hias flora ini adalah tidak berbau dan memiliki banyak manfaat kesehatan sebagai pengobatan tradisional alias daun herbal. Bagi kamu yang ingin menanamnya di depan rumah, ragam hias flora ini membutuhkan penyiraman secara rutin dan juga paparan sinar matahari langsung.

Bunga Kastuba

ragam hias flora bunga natal kastubagardeningknowhow.com

Salah satu ragam hias flora yang sering diburu menjelang akhir tahun adalah bunga kastuba atau poinsettia. Tanaman bunga yang berasal dari Meksiko ini berjenis perdu dengan batang kayu. Karakternya yang paling mencolok adalah bagian merah di pucuk tanaman yang bukan berbentuk bunga, melainkan daun muda.

Ragam hias flora ini lebih cocok ditanam di daerah yang berudara sejuk. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu sering melihat ragam hias flora ini di daerah yang dingin. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menanam kastuba di depan rumahmu. Coba tanam dan budidayakan salah satu ragam hias flora ini dengan cara-cara tertentu, yaitu dengan menjaga kelembapan tanah serta merawatnya, terkhusus pada bagian kelopaknya yang menyerupai daun.

Bunga Geranium

ragam hias flora bunga geraniumgardenmanage.com

Dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk yang jitu, bunga geranium menjadi salah satu ragam hias flora dengan kelopak yang sangat indah dan memesona. Bunga ini dikenal juga dengan nama Tapak Dara di Indonesia. Ada banyak jenis bunga geranium yang bisa kamu budidayakan. Ragam hias flora ini sangat cocok ditanam di dalam pot dan ditempatkan di bagian outdoor untuk menemani waktu santaimu bersama  keluarga.

Sejatinya, ragam hias flora satu ini bisa tumbuh di berbagai iklim asalkan tanahnya tidak terlalu basah dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tak hanya cantik, bunga geranium ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat darti bunga geranium ini adalah sebagai obat untuk kesehatan.

Bunga Sikat Botol atau Red Bottlebrush

ragam hias flora bunga sikat botol atau red bottlebrushvistapointe.net

Seusai dengan namanya, bunga sikat botol adalah salah satu ragam hias flora yang cukup menggemaskan karena bentuk bunganya sangat unik memanjang sehingga mirip sikat botol. Ditambah dengan daun hijau yang lonjong, ragam hias flora ini mampu mempercantik taman rumahmu dengan gayanya yang unik. 

Selain itu, bunga yang juga disebut bottlebrush ini sering dijadikan sebagai ragam hias flora landskap. Bunga sikat botol ini dapat tumbuh mekar di iklim yang sejuk dan kamu bisa membudidayakan salah satu ragam hias flora ini dengan sistem cangkok atau semai biji. Tertarik untuk menanamnya?

Bunga Lantana Camara

ragam hias flora bunga lantana camarathemysteriousworld.com

Terakhir, ada ragam hias flora bunga lantana camara atau disebut juga sebagai tanaman tembelekan. Dengan warna ungu dan kuning yang khas, salah satu ragam hias flora yang tumbuh bergerombol ini punya banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, lho! Selain itu, bunga ini juga tergolong mudah untuk dibudidayakan. Kamu hanya perlu mengikuti proses pembibitan, penanaman, dan perawatan secara rutin, termasuk juga pemupukan yang dilakukan minimal tiga bulan sekali.

Setelah melihat keenam bunga di atas, apakah kamu sudah punya keputusan ragam hias flora mana yang akan ditanam di depan rumah? Kalau mau semuanya juga boleh agar tampilan depan rumah semakin semarak. Selamat mencoba!

Selain rekomendasi ragam hias flora di atas, kamu juga bisa menemukan artikel dengan informasi dan inspirasi menarik di Dekoruma. Tak hanya membagikan artikel bermanfaat, Dekoruma juga jual beragam produk furnitur, perabotan, hingga dekorasi dengan beragam merek, model, dan ukuran. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse