Super Easy! 8 Cara Membuat Aquascape Murah untuk Pemula

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Langkah-Langkah Mudah Membuat Aquascape dengan Budget Tipis

Menghadirkan akuarium yang berisi ikan hias dapat menjadi dekorasi cantik bagi rumahmu. Apalagi jika akuarium di rumahmu dibuat dengan konsep aquascape yang secara khusus dibuat seperti habitat asli ikan di dalam laut. Dengan konsep demikian, dijamin suasana dalam ruangan akan terasa lebih asri dan hidup.

Membuat konsep aquascape untuk dekorasi ruangan milikmu pun tidaklah terlalu sulit. Cara membuat aquascape bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi kamu seabagai pemula di bidang ini. Kamu pun bisa membuatmu dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Nah, bagi kamu yang tertarik, berikut ini Kania akan membagiakn langkah-langkah cara membuat aquascape yang bisa kamu ikuti di rumah. Dengan mengikuti cara membuat aquascape ini, kamu jadi bisa menghadirkan suasana asri dengan “bercocok tanam” di dalam akuarium milikmu. Yuk, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah ini!

1. Kumpulkan Bahan yang Diperlukan

sebuah akuarium kecil bulat dengan gambar ikan sebagai ilustrasi cara membuat aquascapepxhere.com

Langkah pertama dalam cara membuat aquascape tentunya dengan mendata apa saja bahan yang kamu perlukan untuk membuatnya. Bahan-bahan dasar yang kamu butuhkan untuk melakukan cara membuat aquascape ini adalah akuarium, pupuk, pasir, bebatuan, tanaman, pompa, saringan, dan lampu.

Tak jarang orang mengurungkan niatnya untuk mengikuti cara membuat aquascape karena takut harus mengeluarkan biaya yang banyak. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan harga akuarium berukuran sedang dengan kisaran harga di bawah Rp 500.000. Kamu bahkan bisa menggunakan akuarium bekas sebagai wadah aquascape. Untuk harga bahan-bahan lainnya pun dibanderol dengan harga yang terjangkau. 

2. Atur Bagian Dasar Akuarium

bagian dasar akuarium sebagai langkah cara membuat aquascapegoogle.com

Langkah selanjutnya dalam cara membuat aquascape adalah mengatur bagian dasar akuarium. Taburi dasar akuarium dengan pasir yang sudah disiapkan. Untuk jenis pasirnya sendiri, sebaiknya kamu memilih pasir yang berjenis silika. Biasanya harga pasir silika dijual dengan kisaran harga Rp 10.000 per kilogram.

Idealnya dalam langkah kedua cara membuat aquascape ini, ketebalan pasir yang ditabur ke permukaan akuarium kira-kira sekitar dua sampai tiga sentimeter, sedangkan untuk bagian pinggir akuarium lebih baik memiliki dasar pasir yang lebih tebal. Sementara itu, pada bagian tengah permukaannya sebaiknya pasir dibuat melekuk.

3. Taburkan Pupuk

seseorang menaburkan pupuk ke dalam akuarium sebagai cara membuat aquascapeaquascapinglove.com

Setelah pasir tertata dengan baik di dasar akuarium, kamu bisa langsung melakukan langkah ketiga dalam cara membuat aquascape ini, yaitu dengan menaburkan pupuk ke dalamnya. Taburkan pupuk di bagian tengah akuarium yang memiliki dasar pasir lebih tipis.

Penaburan pupuk ini sangat penting dalam cara membuat aquascape agar tanaman-tanaman yang nantinya dicocok-tanamkan bisa hidup dan bertumbuh dengan subur. Harga pupuk untuk mengikuti cara membuat aquascape sendiri tidak terlalu mahal. Kamu bisa memperoleh satu kantong pupuk yang besar dengan kisaran harga Rp100.000 yang bisa kamu gunakan berulang kali.

4. Hias Akuarium dengan Bebatuan

hiasan akuarium berupa batu karang sebagai cara membuat aquascapepxhere.com

Pada tahap inilah, cara membuat aquascape yang sebenarnya baru dimulai. Kamu bisa mulai menghias akuarium milikmu agar terlihat lebih indah. Hiasan utama yang bisa kamu susun dalam cara membuat aquascape ini adalah berbagai jenis bebatuan.

Untuk berjaga-jaga, belilah sekitar dua kantong batu halus untuk hiasan akuarium milikmu. Untuk hiasan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar di bawah Rp50.000.

5. Mulailah Bercocok Tanam

seseorang meletakkan tumbuhan ke dalam akuarium sebagai cara membuat aquascapeyoutube.com

Kini saatnya kamu memasuki bagian inti dari cara membuat aquacape. Pada tahap ini, kamu akan mulai bercocok tanam dengan menaruh tanaman-tanaman untuk akuariummu. Ketika hendak menanam, isi seperempat akuarium dengan air terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mulai tanam tumbuhan yang sudah kamu siapkan. Saat mengisi air, pastikan kamu melakukannya dengan perlahan, ya agar tidak merusak dekorasi yang sudah dibuat tadi.

Untuk cara membuat aqascape yang satu ini, kamu juga perlu memperhatikan jenis tanaman hias yang cocok untuk aquascape karena tidak semua tanaman cocok ditanam di dalam aquascape. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam aquascape adalah Spatterdock, Valisneria, Cabomba, Tiger Nymphea Lotus Tenelus atau rumput air, Echinodorus, dan Wendtii. Harga untuk tanaman-tanaman tersebut per satuannya tidak sampai Rp15.000.

6. Pasang Peralatan Penunjang

sebuah lampu dan pompa air pada akuarium sebagai cara membuat aquascapegoogle.com

Ketika tanaman sudah ditanam, bukan berarti cara membuat aquascape sudah selesai. Bagian penting lainnya dalam cara membubat aquascape adalah memastikan kelangsungan hidup ikan dan juga tanaman-tanaman tersebut. Kamu perlu memasang peralatan penunjang berupa pompa, saringan, hingga lampu agar sirkulasi udara dan cahaya yang dibutuhkan ikan dan tanaman bisa terpenuhi.

Namun, sebelum memasang semua peralatan penunjang tersebut, pastikan akuarium sudah penuh dengan air. Jangan lupa juga untuk menyisakan sekitar 5-10 cm bagian atas akuarium yang terbebas dari air. Barulah setelah itu kamu bisa menaruh pompa, saringan, dan lampu di bagian atas akuarium.

7. Masukkan Ikan Hias ke dalam Aquascape

sebuah akuraium yang lengkap dengan ikan dan hiasan rumbuhan hijau sebagai cara membuat aquascapepixabay.com

Cara membuat aquascape memang lebih fokus pada bercocok tanam di dalam akuarium. Namun, tidak akan lengkap rasanya apabila akuarium yang cantik tersebut tidak dihiasi dengan keberadaan ikan-ikan yang cantik. Setelah mengikuti keenam cara membuat aquascape di atas, kamu bisa memasukkan beberapa ikan hias ke dalamnya. Jenis ikan hias yang cocok untuk melengkapi cara membuat aquascape ini diantaranya adalah ikan komet, manfish, dan ikan tetra.

8. Beri Pupuk Secara Rutin

sebuah akuarium cantik dengan hiasan tumbuhan laut dan bebatuan sebagai cara membuat aquascapepinterest.com

Sekarang aquascape milikmu sudah jadi karena tanaman dan ikan sudah ada di dalam akuarium. Namun, bukan berarti cara membuat aquascape berhenti sampai di sana. Kamu juga perlu melakukan perawatan secara rutin untuk memastikan ikan dan tanaman-tanaman di dalam aquascape bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

Setidaknya, kamu perlu memberi pupuk pada aquascape milikmu setiap tiga hari sekali agar tanaman-tanaman yang sudah ditanam memperoleh nutrisi yang dibutuhkan. Dengan perawatan ini, kamu akan bisa mendapatkan aquascape yang indah dan menawan di dalam rumahmu.

Bagaimana, cara membuat aquascape ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Dengan cara membuat aquascape yang tepat, kamu bisa memperoleh dekorasi cantik untuk ruangan rumahmu. Biaya untuk cara membuat aquascape pun tidak akan menguras kantongmu jika dilakukan dengan benar. Selamat mengikuti cara-cara di atas!

Jangan lupa, baca informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, ada juga aneka perabotan untuk melengkapi rumahmu. Dekoruma jual furnitur, peralatan rumah tangga, hingga peralatan dapur.

Tak hanya itu saja, kalau kamu sedang mencari hunian baru, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Kamu bisa menemukannya dari berbagai daerah, seperti properti baru di Jakarta Selatan, Depok, Tangerang, Bekasi, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse