7 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Untung Banyak!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Macam-Macam Peluang Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah kamu seorang ibu rumah tangga yang punya banyak waktu luang? Jangan sia-siakan waktumu sebab ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan. Tanpa perlu modal besar, Kania akan membagikan ide peluang usaha yang bisa dilakukan olehmu di rumah. Untuk selengkapnya, simak ulasan di bawah ini, ya!

Peluang Usaha dengan Berjualan Makanan

gambar makanan sebagai peluang usahahellofresh.com

Kamu punya skill memasak? Jika iya, tak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha dengan menjual berbagai jenis menu makanan untuk dipasarkan melalui berbagai cara. Tak hanya membuka kedai kecil-kecilan di rumah, kamu juga bisa menjual makanan buatanmu melalui aplikasi transportasi online atau menyediakan jasa katering ke berbagai acara, seperti pernikahan, pengajian, hingga arisan. Jangan lupa, lakukan juga inovasi menu masakan baru agar peluang usaha yang kamu jalankan semakin berkembang.

Bisnis Reseller dan Dropship

sebuah laptop di atas meja sebagai modal peluang usahahashmicro.com

Peluang usaha lain yang memerlukan modal kecil adalah menjalankan bisnis sebagai reseller atau dropshiper. Pada peluang usaha ini, kamu bisa menjual berbagai produk, seperti pakaian, skin care, kosmetik, makanan kemasan, dekorasi, hingga aksesoris ponsel. Untuk memasarkannya, kamu bisa  memanfaatkan marketplace atau media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Cukup memanfaatkan internet dan gadget, peluang usaha yang satu ini cukup menjanjikan, lho!

Peluang Usaha dengan Membuka Jasa Make Up

wajah seorang wanita menggunakan jasa make up sebagai salah satu peluang usahaevergreenbeauty.edu

Jika kamu punya skill merias wajah, tak ada salahnya juga untuk mencoba peluang usaha dengan membuka jasa make up. Peluang usaha yang satu ini memiliki pasar yang besar dan sangat dibutuhkan, terutama untuk berbagai acara, seperti pernikahan, wisuda, ataupun pemotretan. Untuk waktu kerjanya, peluang usaha ini sangat fleksibel. Pastikan kamu mengikuti tren make up terbaru agar jasa yang kamu tawarkan semakin laris manis di pasaran.

Peluang Usaha dengan Membuat Produk Hand Made

gambar peralatan dan bahan kerajinan tangan sebagai peluang usahamadebyrachel.net

Produk hand made bisa dipasarkan secara luas bahkan hingga ke pasar internasional. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk mengolah aneka barang atau bahan menjadi kerajinan tangan cantik yang berkualitas, seperti aksesoris atau hiasan, boleh banget mencoba peluang usaha ini.

Tak hanya sebatas aksesoris atau hiasan, kamu pun bisa membuat aneka produk lainnya, seperti souvenir pernikahan, aromaterapi, sabun, hingga membuat hampers yang banyak dicari saat hari-hari besar, seperti saat Lebaran dan Natal. Jangan lupa, pasarkan pula melalui marketplace atau media sosial agar peluang usaha yang kamu jalankan semakin dikenali banyak orang.

Peluang Usaha dengan Berjualan Pakaian

sekumpulan pakaian yang digantung sebagai salah satu peluang usahavolusion.com

Selain berjualan dengan sistem reseller atau dropship, tak ada salahnya bagi kamu yang punya skill menjahit untuk mulai menjalankan peluang usaha pada bisnis pakaian. Sebelum memulainya, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait model fashion apa saja yang sedang digandrungi masyarakat. Setelah itu, kamu bisa memilih nama merek sendiri yang catchy agar mudah dikenali calon konsumen. Jika bisnismu berkembang, tak ada salahnya juga untuk mulai merekrut teman-teman ataupun tetangga yang kamu percayai untuk membantu peluang usaha ini.

Peluang Usaha dengan Menjual Tanaman Hias

kumpulan sukulen sebagai peluang usahahypeandstuff.com

Produk lainnya yang banyak dicari oleh masyarakat saat ini adalah tanaman hias. Melihat popularitasnya yang tinggi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan tren tersebut sebagai peluang usaha, di mana kamu bisa menjual aneka tanaman hias, seperti lidah buaya, sukulen, ataupun kaktus secara eceran melalui marketplace, media sosial, atau berjualan secara offline di teras rumah.

Peluang Usaha dengan Membuka Jasa Laundry

sebuah ruangan penuh dengan mesin cuci sebagai peluang usaha laundrythearchitecturedesigns.com

Bagi kamu yang tinggal di kawasan perkotaan, kampus, atau perkantoran, menjalankan peluang usaha berupa jasa laundry sangat cocok dijalankan. Sebagai modal utama, kamu bisa menyiapkan mesin cuci, setrika listrik, perlengkapan mencuci, seperti deterjen dan pewangi, hingga timbangan untuk mengukur berat pakaian konsumen.

Sementara itu, aktivitas pencucian dalam menjalankan peluang usaha ini bisa dilakukan di area belakang rumah. Untuk pemasarannya, bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur ke berbagai tempat di kawasan rumahmu.

Tanpa memerlukan modal besar, ketujuh peluang usaha di atas siap memberikan penghasilkan besar jika dikembangkan dengan serius. Jika tertarik menjalankan salah satu peluang usaha di atas, pastikan kamu melakukan riset dan penghitungan secara cermat, ya agar tidak salah langkah atau mengalami kerugian. Selamat mencoba!

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma. Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan produk rumah tangga, seperti furnitur dan perabotan untuk melengkapi kebutuhan rumahmu. Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse