8 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja yang Paling Jitu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menghilangkan Rasa Ngantuk yang Ampuh Saat Bekerja

Kalau saat santai di rumah, rasa ngantuk bisa jadi bukan problema sama sekali. Namun, lain cerita jika rasa ngantuk melanda saat kamu sedang bekerja. Ada konsekuensi yang menghantui jika terus-menerus merasa ngantuk di kantor, mulai dari deadline yang tidak terkejar sampai dicap pemalas oleh atasan.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, berikut ini Kania akan membagikan delapan cara menghilangkan ngantuk yang bisa dicoba. Yuk, langsung saja simak cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang paling jitu di bawah ini!

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Kafein

cara menghilangkan ngantuk dengan kafein kopisoundsleephealth.com

Buat kamu yang sering merasa malas dan ngantuk di kantor, cara menghilangkan ngantuk yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein. Kafein adalah stimulan alami yang bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. Tidak jarang, kafein bisa meningkatkan kinerja berpikir dan juga performa mental, serta menjadi cara menghilangkan ngantuk yang jitu. 

Hal yang penting, perhatikan agar kamu tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan agar dosis kafeinnya tidak menjadi over stimulasi. Hal ini karena dapat menimbulkan berbagai reaksi, seperti nafas yang terasa kencang atau badan gemetar yang malahan dapat mengganggu produktivitas kerja.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Taktik Power Nap

cara menghilamgkan ngantuk dengan melakukan power nap di kantorlivescience.com

Memang cara menghilangkan ngantuk paling jitu lainnya adalah tidur. Manfaatkan waktu istirahat di kantor dengan tidur sebentar, cukup 15-30 menit saja. Kegiatan tidur sebentar ini disebut dengan power nap yang dianggap cukup ampuh untuk mengembalikan energi tubuh. Bila kondisi kantor tidak memungkinkanmu untuk melakukan power nap, coba deh cari ketenangan di dalam mobilmu untuk rehat sejenak. Jangan lupa, buka jendela mobil, ya agar sirkulasi udara berlangsung dengan baik.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Menggerakkan Tubuh 

cara menghilamgkan ngantuk dengan menggerakkan tubuhwellandgood.com

Terus- menerus duduk di atas kursi kantor bisa memperparah rasa ngantuk. Oleh karena itu, cara menghilangkan ngantuk bisa dilakukan dengan beranjak dari meja kerja untuk menggerakkan tubuh dan berjalan untuk memperlancar peredaran darah. Alhasil, kamu akan merasa lebih segar dan bisa konsentrasi kerja kembali.

Jika tidak bisa meninggalkan pekerjaan, minimal gerakan kaki di bawah meja kerja dan lakukanlah stretching ringan. Cara menghilangkan ngantuk ini juga baik untuk menghindari otot-otot yang kaku, lho!

Terapi Musik, Yuk!

cara menghilamgkan ngantuk dengan mendengarkan musik di kantoreightpoint.ky

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini memanfaatkan musik untuk menghilangkan suasana senyap yang membuatmu merasa ngantuk dan ingin tidur. Musik memang sudah erat kaitannya dengan produktivitas di kantor. Nah, supaya otak segar kembali, nyalakanlah musik upbeat yang ceria.Hal yang terpenting dalam cara menghilangkan ngantuk ini, jangan memasang volume yang terlalu kencang agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain, atau sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan headphone.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Mengurangi Porsi Makan Siang

cara menghilangkan ngantuk dengan mengurangi porsi makan siangeatwell.co.nz

Bagi kamu yang sering ngantuk saat bekerja, coba hindari menu makan siang yang mengandung banyak gula serta karbohidrat dalam porsi jumbo. Hal ini karena pencernaan tubuh yang lebih berat dapat mengakibatkan rasa ngantuk yang berat. Cara menghilangkan ngantuk ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang lebih ringan dan sehat, seperti telur rebus, daging ayam, kacang-kacangan, dan sayuran segar.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Memanfaatkan Cahaya

cara menghilangkan ngantuk dengan memasang lampu terangthespruce.com

Bagi kamu yang posisi meja kerjanya berdekatan dengan jendela, coba buka jendela lebih lebar sebagai cara menghilangkan ngantuk. Penerangan alami matahari bisa meningkatkan energi dan semangat. Untuk yang bekerja di ruangan tertutup, coba gunakan lampu meja yang bisa memancarkan sinar UV dengan kadar rendah sehingga bisa membantu sebagai cara menghilangkan ngantuk.

Cuci Muka dengan Air Dingin

seorang pria sedang mencuci muka menggunakan air sebagai cara menghilangkan ngantuklifesavvy.com

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini sudah sangat umum dilakukan. Saat rasa ngantuk muncul, cobalah pergi ke kamar mandi dan basuh muka dengan air dingin. Setelah mencuci muka, coba jalan sebentar ke luar untuk menikmati angin segar yang membuat kesadaran semakin on.

Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Mencari Kesibukan di Kantor

cara menghilangkan ngantuk dengan membantu rekan kantorfreepik.com

Saat santai tanpa banyak kerjaan, kamu akan sangat mudah semakin larut dalam perasaan ngantuk. Nah, supaya tidak kebablasan, lebih baik cari kesibukan di kantor, misalnya dengan membantu pekerjaan rekan kantor atau menata ruang dan meja kantor, dan sebagainya.

Itulah delapan cara menghilangkan ngantuk yang bisa kamu ikuti. Namun, meskipun sudah tahu cara menghilangkannya, pastikan kamu tetap mengatur waktu tidur yang cukup sesuai anjuran kesehatan, ya! Selamat mencoba!

Jangan lupa, cek juga artikel menarik lainnya hanya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan produk furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi untuk melengkapi hunianmu. Yuk, cek dan kepoin Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse