6 Desain Ruang Rapat yang Bikin Diskusi Makin Lancar

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Model Ruang Rapat yang Nyaman di Kantor

Untuk kolaborasi di dunia profesional atau kerja, kita tidak bisa terlepas dari kegiatan diskusi atau rapat, baik dengan rekan kerja di kantor ataupun mitra dari perusahaan lain. Hal inilah yang membuat fungsi dari ruang rapat sangat dibutuhkan dalam sebuah kantor.

Bukan rahasia lagi kalau ruang rapat harus dimaksimalkan demi kepentingan pekerjaan yang semakin lancar dan berkembang. Oleh karena itu, pemilik perusahaan harus bisa memberikan perhatian ekstra pada desain dan fitur ruang rapat agar suasanannya lebih nyaman dan tidak menegangkan. Dengan demikian, diskusi pun jadi makin lancar dan menyenangkan. Nah, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi desain ruang rapat untuk kantormu, yuk cek enam desain ruang rapat dari Kania di bawah ini!

Ruang Rapat yang Homey dan Santai ala WeWork

ruang rapat dengan nuansa cokelat ala WeWorkofficesnapshots.com

Sebagai startup yang menyediakan office space dan fasilitas ruang kerja lainnya, perusahaan WeWork pasti tahu benar desain ruang rapat yang ideal untuk kenyamanan bersama. Intip saja inspirasi ruang rapat dari WeWork yang berada di London ini.

Seluruh bagian kantor, termasuk ruang rapat menggunakan pendekatan kasual yang terasa homey dan santai. Penggunaan elemen kayu tampak cukup dominan pada meja panjangnya. Sama juga halnya dengan aksen vintage yang terlihat pada bagian dindingnya. Hasilnya, ruang rapat ini lebih hangat dan terasa tidak kaku. Nyaman deh untuk berdiskusi!

Ruang Rapat Santai Ala Ruang Keluarga

ruang rapat dengan nuansa yang santai menggunakan sofatpgarchitecture.com

Desain ruang rapat dari perusahaan Conde Nast Entertainment ini menggunakan pendekatan ala ruang keluarga yang santai. Meja dan kursi kantor pada ruang rapat ini diganti dengan meja rendah dan sofa empuk yang nyaman.

Ruang rapat dengan konsep ruang keluarga ini memiliki style dan karakter tersendiri untuk membuat sesi rapat menjadi semakin menyenangkan. Tidak lupa, bagian dindingnya juga dimanfaatkan sebagai fitur media tulis yang praktis agar pekerjaan tetap lancar dan jelas. 

Ruang Rapat Minimalis untuk Diskusi Maksimal

ruang rapat minimalis dengan dinding putihpinterest.com

Bagi kamu yang menyukai konsep minimalis, tiru saja inspirasi desain ruang rapat yang satu ini. Perpaduan warna antara dinding putih bersih, meja kayu, dan kursi yang kontras membuat siapa pun yang berdiskusi di ruang rapat ini terasa lebih adem dan tenang di dalamnya.

Apalagi, dominasi warna putih yang cerah membuat ruang rapat ini terlihat lebih luas dan cocok dipadukan dengan aneka dekorasi, seperti vas bunga, jam dinding, atau tanaman hias monstera. Ruang rapat minimalis ini khusus dibuat senyaman mungkin agar semua departemen bisa bekerja sama tanpa batasan. Tema minimalisme pada ruang rapat ini juga terasa sangat klasik sekaligus modern.

Aksen Dinding Atraktif pada Desain Ruang Rapat

ruang rapat dengan desain dinding yang kreatiftheaoi.com

Untuk kamu yang menginginkan desain ruang rapat dengan pendekatan kreatif dan tidak formal, inspirasi yang satu ini bisa dicoba. Ruang rapat ini tetap mempertahankan jiwa kreatif yang beda dari ruang rapat lainnya, di mana terdapat wall art atau mural keren yang inspiratif pada bagian dindignya. Desain ruang rapat ini tetap terlihat profesional dengan penggunaan meja dan kursi kantor yang nyaman. Jadi, ada kesan profesional, ada juga kesan modern ala milenial untuk memicu produktivitas kerja.

Ruang Rapat Bergaya Kontemporer dan Elegan

ruang rapat dengan gaya modern dan elegan menggunakan lampu led lingkaran besarofficesnapshots.com

Desain ruang rapat yang menarik ala kontemporer bisa hadir dari pemilihan furnitur yang berbeda, seperti meja bulat dengan akses lubang di bagian tengahnya. Gaya meja bulat selalu identik dengan sesi brainstorming yang melibatkan semua orang sehingga masing-masing peserta bisa turut berkontribusi dalam menyuarakan pendapatnya.

Tak hanya itu, ruang rapat ini pun didukung dengan desain yang elegan dengan menggunakan lampu LED di bagian tengah ruangan dan lampu indirect di sekeliling ruangan. Dengan demikian, ruang rapat ini tampil sangat profesional dan juga efektif. Tak lupa, penggunaan tirai panjang berwarna hijau tua juga membuat ruang rapat ini jadi dramatis.

Ruang Rapat Kecil yang Tetap Produktif

ruang rapat mungil dengan jendela kaca minimalis yang jernihdreamstime.com

Tidak punya banyak space untuk ruang rapat? Solusinya adalah dengan memilih furnitur yang lebih compact dan juga mengurangi aksen dekorasi yang tidak terlalu penting. Jika memungkinkan, kamu pun bisa menggunakan macam-macam furnitur multifungsi agar lebih hemat tempat.

Selain itu, buat desain ruang rapat dengan menggunakan dinding kaca untuk memberikan kesan yang lebih lapang. Untuk menjaga privasi, selalu ada cara untuk menyiasatinya, seperti memasang panel blind atau teknologi kaca film yang bisa berubah transparansi untuk penyesuaian.

Dengan menggunakan desain ruang rapat yang inspiratif di atas, pasti kamu akan semakin semangat saat berdiskusi dan bekerja. Dari semuanya, desain ruang rapat mana yang paling kamu suka? Jangan lupa, baca juga artikel menarik lainnya seputar desain interior untuk rumah, apartemen, maupun ruang kerja hanya di Dekoruma.

Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan furnitur, perabotan, hingga perlengkapan dapur untuk melengkapi kebutuhan rumah tanggamu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse