2 Cara Mudah Buat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Trik Membuat Hand Sanitizer Tanpa Ribet

Semenjak adanya pernyataan bahwa di Indonesia sudah ada dua pasien yang positif terkena virus corona baru atau COVID-19, masyarakat menjadi panik dan langsung memborong semua kebutuhan perlindungan diri, tak terkecuali hand sanitizer. Pasalnya, produk tersebut bermanfaat untuk menggantikan fungsi sabun dalam upaya menyingkirkan kuman dan virus yang menempel di tangan, termasuk virus corona.

Dengan masyarakat membeli hand sanitizer dalam jumlah banyak sebagai persediaan, mendadak keberadaan hand sanitizer ini pun menjadi sangat langka. Kalau pun ada, harganya sangat tidak masuk akal karena dijual dengan harga yang tinggi. Daripada harus berebutan dan membayar mahal, mengapa tidak membuat hand sanitizer sendiri? Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak cara membuat hand sanitizer dengan mudah dari Kania berikut ini!

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

seseorang sedang menggunakan hand sanitizer model pompapinterest.com

Pada umumnya, terdapat dua jenis hand sanitizer di pasaran, yaitu hand sanitizer model gel yang biasanya menggunakan botol pompa dan hand sanitizer semprot. Keduanya pun memiliki bahan utama yang berbeda sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Nah, di bawah ini Kania akan membagikan cara membuat hand sanitizer dari masing-masing jenis tersebut. Simak sampai habis, ya!

Hand Sanitizer Model Gel: Mempersiapkan Bahan dan Alat

persiapan bahan gel untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumahpixabay.com

Masyarakat Indonesia lebih familiar dengan hand sanitizer model gel. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan bahan berupa 2/3 cup alkohol 70%-99%, 1/3 cup gel aloe vera murni, dan 8-10 tetes minyak esensial. Sementara, alat untuk membuat hand sanitizer model gel ini adalah mangkuk, sendok, botol plastik, dan corong.

Penggunaan minyak esensial bermanfaat untuk menambah aroma pada hand sanitizer. Kamu bebas memilih aroma yang disukai, tapi lebih disarankan untuk menggunakan minyak esensial bunga lavender, kayu manis, atau peppermint karena ketiganya memiliki kandungan disinfektan untuk membunuh kuman dan virus.

Hand Sanitizer Model Gel: Proses Pembuatan

seseorang sedang memompa botol hand sanitizerthoughtco.com

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahannya, sekarang saatnya untuk mulai membuat hand sanitizer model gel. Pertama-tama, siapkan mangkuk, kemudian tuang alkohol dan gel aloe vera. Aduk hingga rata dan coba oleskan di tangan. Apabila teksturnya kurang lembut, tuangkan lagi gel aloe vera secukupnya. Gel aloe vera ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit tanganmu.

Jika sudah mendapatkan tekstur hand sanitizer yang lembut, sekarang saatnya menambahkan minyak esensial. Tuangkan minyak esensial pada campuran alkohol dan gel aloe vera tadi, kemudian aduk lagi hingga rata.

Jika sudah, sekarang saatnya memasukkan hand sanitizer gel tersebut ke dalam botol plastik menggunakan corong. Namun, sebelum memasukkannya, pastikan kamu sudah mencuci botol plastik terlebih dahulu dan membiarkannya hingga kering sempurna agar tidak merusak kadar hand sanitizer yang sudah dibuat. Dengan demikian, hand sanitizer buatan sendiri pun sudah siap digunakan.

Hand Sanitizer Model Semprot: Mempersiapkan Bahan dan Alat

botol cokelat berisi ethanol sebagai formula utama hand sanitizernewatlas.com

Setelah melihat cara membuat hand sanitizer model gel, sekarang kita beralih ke hand sanitizer model semprot. Formula utama untuk hand sanitizer model semprot adalah 833,3 ml ethanol dengan konsentrasi 96%, 41,7 ml hidrogen peroksida dengan kadar 3%, 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98%, dan 110,5 ml air matang. Bahan dasar ini bisa kamu dapatkan di toko farmasi atau toko bahan kimia.

sebuah botol berisi alkohol sebagai bahan utama hand sanitizer model semprotglasstradecentre.com.au

Apabila tidak menemukan ethanol, kamu bisa coba menggunakan bahan atau formula hand sanitizer model semprot yang kedua. Bahan yang dibutuhkan adalah 751,5 ml isopropil alkohol dengan kadar 99,8%, 41,7 ml hidrogen peroksida dengan kadar 3%, 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98%, dan 192,3 ml air matang. Namun, pastikan air matang tersebut sudah didinginkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya untuk membuat hand sanitizer model semprot ini.

Sementara itu, alat yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer model semprot ini adalah botol bersih, gelas ukur, dan botol semprot sebagai penyimpanannya. Ketiga alat ini pun sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. 

Hand Sanitizer Model Semprot: Proses Pembuatan

botol semprotan warna biru sebagai wadah penyimpanan hand sanitizermamainstinct.com

Untuk membuat hand sanitizer model semprot ini, pertama-tama tuangkan alkohol ke dalam botol bersih yang sudah disiapkan. Hindari menggunakan mangkuk atau wadah bermulut besar karena alkohol akan mudah menguap. Selanjutnya, campurkan hidrogen peroksida dan gliserol ke dalam botol yang berisi alkohol tersebut. Apabila kamu menggunakan gliserol yang kental, pastikan untuk menambahkan air ke dalam gelas ukur yang berisi gliserol supaya takarannya tidak berkurang.

Setelah itu, tuangkan air matang yang sudah didinginkan ke dalam botol tersebut. Segera tutup botolnya dan goyang-goyangkan botol hingga campuran bahannya merata. Jika sudah, langsung pindahkan larutan hand sanitizer model semprot ke dalam botol semprot yang sudah dibersihkan. Jangan lupa, tambahkan label tanggal produksi dan nama larutan supaya tidak salah pakai, ya!

Ada catatan penting saat kamu hendak mencampurkan semua bahan pembuat hand sanitizer, yaitu pastikan kandungan alkohol tidak di bawah 60% dari keseluruhan komposisi hand sanitizer. Jika alkoholnya di bawah 60%, maka hand sanitizer tidak akan efektif untuk menyingkirkan kuman dan virus.

Gimana, tidak sulit ‘kan untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah? Jika kamu sudah selesai membuatnya, pastikan untuk membawa hand sanitizer buatanmu saat bepergian, ya! Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan setelah memegang benda atau fasilitas umum serta rajinlah berolahraga dan jaga kesehatan supaya terhindar dari virus corona. Selamat mencoba!

Jangan lupa temukan juga furnitur dan dekorasi minimalis hanya di Dekoruma, ya! Tidak hanya furnitur, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis kasur untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual kasur Lady Americana, Serta, dan King Koil, tentunya  dengan kualitas dan harga kasur terbaik. Yuk, lengkapi kebutuhan hunianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse