7 Hiasan Dinding dari Kolase, Bisa Dibuat Bareng Si Kecil!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Kolase Berupa Hiasan Dinding yang Mudah Dibuat

Kolase adalah seni penggabungan beberapa bahan pada satu bidang untuk menghasilkan suatu gambar atau bentuk yang menawan. Dalam seni kolase ini, biasanya kamu harus merekatkan bahan-bahan yang berbeda sebagai komposisi visual yang unik.

Bukan hanya untuk anak remaja, kerajinan tangan kolase ini juga bisa dibuat oleh siapa saja, termasuk orang tua bersama si kecil untuk ajang kreativitas yang seru. Nah, bagi kamu yang ingin mengajak si kecil membuat hiasan dinding dari kolase, yuk intip tujuh inspirasi dari Kania berikut ini yang bisa kamu buat di waktu senggang!

Bikin Kolase Potret Si Kecil, Yuk!

kolase hiasan dinding berupa potret atau gambar orangpinterest.com

Buat hiasan dinding dari kolase tidak perlu jauh-jauh dari identitas diri anak. Ajak si kecil untuk merekatkan kertas warna-warni yang membentuk wajah si kecil untuk hasil potret diri yang kreatif. Untuk membuat hiasan dinding dari kolase ini, kamu hanya memerlukan alat dan bahan sederhana, seperti gunting, lem, kertas warna, dan karton. Dengan tambahan sedikit imajinasi, kamu dan si kecil sudah bisa membuat acara seni kerajinan tangan yang sangat menyenangkan.

Kolase dengan Hiasan Ranting dan Popcorn

hiasan dinding kolase dari ranting dan popcorn5minutesformom.com

Untuk membuat hiasan dinding dari kolase ini, kamu hanya membutuhkan waktu lima menit saja dengan bahan-bahan yang juga mudah didapatkan, yaitu ranting pohon dan popcorn. Pertama-tama, tempelkan patahan ranting pada sebuah bidang besar, seperti karton atau papan. Setelah itu, rekatkan popcorn di setiap ujung ranting untuk membentuk kolase seni bunga yang sangat cantik, seperti gambar di atas. Kamu juga bisa meggunakan tisu yang digumpalkan kecil-kecil sebagai pengganti popcorn. Tidak susah bukan ide hiasan dinding dari kolase ini?

Kolase Hewan Favorit Anak

hiasan dinding kolase berbentuk hewannctodo.com

Gambar-gambar hewan lucu memang sangat dekat dengan dunia anak. Dengan demikian, si kecil bisa memahami lebih jauh tentang alam dan kehidupan di sekelilingnya. Nah, kalau gambar hewan lucu diaplikasikan pada hiasan dinding dari kolase, tampaknya akan sangat menyenangkan bagi si kecil. Kamu bisa memulainya dengan mengajak si kecil memilih hewan favorit mereka, kemudian rangkailah potongan kertas untuk membuat kolase berbentuk hewan lucu yang tampak hidup. Setelah itu, gantungkan hiasan dinding dari kolase ini di atas meja belajar si kecil agar ia semakin semangat saat belajar.

Hiasan Dinding dari Kolase Bentuk Bumi

hiasan dinding kolase berbentuk bumipinterest.com

Ajari si kecil untuk lebih peduli lingkungan dan menyayangi Bumi dengan membuat hiasan kolase bumi. Untuk membuatnya, kamu hanya  perlu menyiapkan potongan kertas dengan dominasi warna biru dan hijau. Potongan kertas tersebut pun bisa kamu dapatkan dari majalah bekas. Setelah itu, mulailah rangkai kolase dengan bentuk bulat sebagai gambar planet Bumi yang padat dengan warna biru dan hijau alami. Kamu bisa meletakkan hiasan dinding dari kolase ini di area dinding ruang tamu, seperti dekat meja tv atau di atas sofa.

Hiasan Dinding dari Kolase Bergaya 3D

hiasan dinding kolase dengan model 3Dpinterest.com

Ingin membuat hunian tampak lebih hidup? Coba saja buat hiasan dinding dari kolase dengan gaya tiga dimensi bersama si kecil. Kamu bisa meniru inspirasi kolase satu ini. Konsep dari hiasan dinding kolase 3D ini abstrak, tapi tetap terlihat sangat menarik dan bikin pangling. Tidak ada batasan bentuk, warna, dan ukuran dalam pengerjaan kolase tiga dimensi abstrak ini, yang penting komposisinya menarik supaya menjadi karya seni kolase yang artistik. Coba pajang hiasan dinding dari kolase ini di ruang bermain anak agar si kecil semakin senang saat bermain.

Hiasan Dinding dari Kolase dengan Media Campuran

hiasan dinding kolase dengan berbagai mediapinterest.com

Mengerjakan kolase tidak melulu hanya merekatkan bahan-bahan ke atas bidang kertas. Ada juga beberapa teknik kolase mixed media atau media campur yang mengombinasikan beberapa seni sekaligus, seperti seni lukis dengan kolase. Kamu bisa mengajak si kecil untuk melukis atau mewarnai bidang kertas sebelum nantinya masuk ke tahap kolase yang juga bisa bervariasi dari segi bahan dan tema. Setelah jadi, kamu bisa membingkai hiasan dinding dari kolase ini menggunakan bingkai foto yang sesuai dengan ukurannya.

Kolase Cantik dari Kertas Tisu

hiasan dinding kolase dari kertas tisupinterest.com

Sebelum membuat hiasan dinding dari kolase ini, catat dulu bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu kertas tisu dengan ukuran persegi yang tipis atau satu lapis, kuas, cat warna, lem, gunting, dan kertas. Setelah itu, saat memasuki proses pembuatan kolase ini, coba bagi tugas dengan si kecil. Untuk hal yang cukup berisiko, seperti menggunting tisu menjadi beberapa potongan sebaiknya menjadi tugasmu.

Sementara itu, tugaskan si kecil untuk mengecat kertas tisu yang sudah kamu potong menggunakan kuas dan cat warna hingga menjadi beberapa warna yang menarik. Biarkan tisu yang sudah dicat menjadi kering terlebih dahulu sebelum direkatkan ke atas bidang kertas. Kertas tisu boleh ditempelkan secara acak untuk hasil kolase abstrak ataupun teratur untuk hasil kolase yang apik. Setelah itu, jadikan hasil kolase kamu dengan si kecil sebagai dekorasi di ruang keluarga atau ruang tamu.

Setelah melihat ketujuh inspirasi di atas, siap membuat hiasan dinding dari kolase bersama si kecil? Tak hanya meningkatkan kreativitas, membuat hiasan dinding dari kolase juga memiliki efek terapi yang menenangkan untuk si kecil, lho! Kegiatan ini pun akan menjadi waktu bonding antara kamu dan si kecil. Selamat mencoba!

Selain inspirasi di atas, baca juga artikel menarik lainnya hanya di Dekoruma. Selain itu, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan berbagai produk rumah tangga, mulai dari furnitur, perabotan, hingga peralatan masak. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse