7 Usaha Rumahan dengan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jenis Usaha Rumahan yang Bisa Dijalani Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti kamu tidak bisa berkarya atau hanya bergantung kepada suami untuk masalah keuangan. Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui usaha rumahan.

Berbagai usaha rumahan bisa dijalani oleh ibu rumah tangga yang mayoritas waktu kesehariannya berada di rumah. Usaha rumahan tersebut sebenarnya sudah familiar dan banyak dilakukan oleh orang-orang, tapi mungkin belum disadari olehmu.

Berikut ini, Kania akan membagikan beberapa rekomendasi usaha rumahan yang bisa kamu lakukan dengan statusmu yang tetap sebagai ibu rumah tangga. Tenang saja, modal untuk usaha rumahan ini tergolong kecil sehingga tidak membebani uang atau biaya belanja bulananmu. Di samping itu, dengan menjalankan usaha-usaha rumahan di bawah ini, waktumu untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya pun tidak akan terbengkalai. Yuk, langsung saja simak ulasannya sampai habis!

Usaha Rumahan Katering

sebuah kotak makanan catering sebagai salah satu usaha rumahanpixabay.com

Kamu suka memasak dan banyak orang yang memuji hasil masakanmu? Coba salurkan bakat memasakmu itu menjadi usaha rumahan berupa jasa katering. Mungkin kamu takut memulainya karena membayangkan usaha rumahan katering harus selalu dalam lingkup yang besar. Namun, jangan khawatir karena pada kenyataannya kamu bisa memulai usaha rumahan yang satu ini dengan menyasar ke daerah sekitar rumah ataupun sekolah anakmu terlebih dahulu. Jumlah yang sedikit, tapi nanti lama-lama akan menjadi semakin banyak.

Jangan lupa, pastikan kamu menggunakan bahan baku makanan, peralatan masak, hingga wadah makanan yang memiliki kualitas baik, ya! Untuk mengurangi sampah plastik, kamu disarankan untuk menggunakan wadah makanan yang bisa digunakan lagi. Dekoruma jual Calista, merek wadah makanan dengan kualitas terbaik dan aman untuk santapan cateringmu.

Dengan demikian, kamu bisa memanjakan lidah pelanggan sambil mendukung pengurangan sampah plastik di bumi.

Usaha Rumahan Barang Handmade

sebuah gulungan benang dengan alat merajut sebagai usaha rumahanpixabay.com

Produk-produk handmade sampai sekarang masih menjadi tren. Harganya pun lebih tinggi daripada produk pabrikan sejenis karena dibuat dengan lebih detail dan unik. Kamu bisa membuat barang-barang handmade, seperti aksesoris, pakaian, hingga dekorasi yang terbuat dari rajutan atau bahan lainnya sebagai kesempatan untuk membuka usaha rumahan. Modal untuk usaha rumahan ini pun sangat sedikit karena kamu hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana yang sudah biasa kamu pakai, begitu juga dengan alat-alatnya.

Masih merasa tidak yakin dengan kemampuanmu dalam membuat barang handmade untuk dijadikan usaha rumahan? Jangan khawatir, kamu bisa ikut les atau kursus tertentu untuk membuat produk handmade berkualitas. Saat ini, kursus kerajinan tangan pun sudah banyak dilakukan secara online.

Usaha Rumahan dengan Membuka Tempat Les di Rumah

seorang wanita sedang mengajar anak kecil sebagai salah satu usaha rumahanschoolsweek.co.uk

Kalau kamu ada pengalaman di bidang pendidikan, misalnya menjadi guru atau pengajar di tempat bimbingan belajar, kamu pun bisa meneruskan pekerjaan itu saat sudah menjadi ibu rumah tangga, lho! Kamu dapat membuka usaha rumahan berupa tempat les di rumah.

Modal yang dibutuhkan selain pengalamanmu adalah meja dan kursi. Untuk pemasarannya, kamu bisa menyebarkan brosur di sekitar daerah rumahmu atau meminta bantuan tetangga untuk memasarkannya serta menawarkan kepada teman anakmu untuk menjadi murid-murid lesmu.

Menjadi Reseller Dropship Online

tiga kotak dus kecil bergambar troli di atas laptop sebagai ilustrasi usaha rumahanforbes.com

Untuk melakukan jualan online sebagai salah satu bentuk usaha rumahan, kamu tidak memerlukan lahan untuk mendirikan sebuah toko ataupun menyediakan barang-barang yang akan dijual di dalam rumahmu. Di zaman yang modern ini, kamu bisa menjadi reseller dengan sistem dropship dari toko-toko lainnya. Istilah lainnya, kamu hanya menjadi perantara, tapi tetap mendapatkan untung dengan menaikan harga barang tersebut. Dengan begitu, modal yang kamu perlukan hanyalah sebuah gadget, seperti smartphone atau laptop untuk mengakses platform jual beli online.

Usaha Rumahan Berupa Jasa Penatu

sebuah kain yang dijemur di ruang terbuka sebagai salah satu bentuk usaha rumahan penatupixabay.com

Mencuci pakaian bukan pekerjaan yang asing bagi setiap ibu rumah tangga. Apalagi, saat ini sudah ada mesin cuci yang memudahkan pekerjaan rumah yang satu ini. Jangan salah, mesin cuci yang kamu punya bisa jadi modal usaha rumahan yang menguntungan, lho!

Kamu bisa menyediakan jasa penatu alias laundry dengan mesin cuci tersebut. Kamu hanya perlu menambahkan modal sabun cuci atau deterjen khusus agar hasil cucianmu lebih harum dan bersih. Untuk menghaluskan dan merapikan pakaian yang sudah selesai dicuci, kamu bisa memakai setrika yang sudah ada di rumahmu. Tertarik menjalankan usaha rumahan ini?

Membuka Jasa Penitipan Anak

mainan anak-anak sebagai ilustrasi usaha rumahan penitipan anakpixabay.com

Kalau kamu menyukai anak kecil, kamu bisa menjalankan usaha rumahan dengan membuka jasa penitipan anak, lho! Namun, usaha rumahan yang satu ini sebaiknya dilakukan oleh kamu yang memiliki rumah dengan lahan yang cukup luas dan memiliki banyak ruangan. Soalnya, kamu perlu menyediakan tempat untuk tidur dan bermain bagi anak-anak yang dititipkan. Jangan lupa, pasang juga CCTV di rumah agar orangtua anak yang dititipkan ke kamu bisa mengetahui kegiatan anaknya jika diperlukan.

Menjadi Pekerja Kreatif Lepas

seorang wanita sedang menggunakan laptop sebagai salah satu bentuk usaha rumahanforevertwentysomethings.com

Banyak pekerjaan kreatif yang saat ini bisa dilakukan hanya dari rumah, mulai dari menulis sampai mengedit video. Kalau kamu punya kemampuan di bidang kreatif tersebut, tidak ada salahnya menjalankan usaha rumahan di bidang ini. Modal yang kamu perlukan untuk menjalankan usaha rumahan ini hanyalah sebuah laptop dan internet yang kencang. Namun, di luar itu, tentu saja kamu juga perlu modal kreativitas dari otakmu.

Ada banyak bukan, pilihan usaha rumahan sebagai ibu rumah tangga yang bisa dijalani? Daripada bosan dengan pekerjaan rumah yang itu-itu saja, yuk sekarang mulai coba usaha rumahan di atas yang sesuai minat dan bakatmu. Selamat mencoba!

Jangan lupa, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma. Kamu juga bisa menemukan produk furnitur, perabotan, hingga dekorasi di Dekoruma. Kalau kamu sedang kebingungan membuat desain interior untuk hunianmu, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah dan interior, lho! Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse