Bunga Telang, Si Cantik dengan Segudang Manfaat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Khasiat Bunga Telang untuk Kesehatan

Bunga telang termasuk dalam kategori tanaman perdu dan tingginya bisa mencapai lima meter. Tanaman yang satu ini awalnya tumbuh secara liar di Indonesia, tapi saat ini bunga telang populer menjadi tanaman hias rumah karena tampilannya yang sangat cantik. Bagian kelopak bunga telang ini berwarna biru terang dengan semburat putih di bagian tengahnya.

Selain untuk menambah keindahan rumah, ternyata bunga telang ini juga kaya akan manfaat khususnya untuk kesehatan. Hampir seluruh bagian bunga telang ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung senyawa fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, kaemferol, triterperroide, dan masih banyak lagi. Penasaran apa saja manfaat dari bunga telang ini? Yuk, simak pembahasan dari Kania berikut ini!

Bunga Telang untuk Mengatasi Penyakit Kulit

manfaat bunga telang untuk mengatasi penyakit kulitpixabay.com

Manfaat bunga telang yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit kulit, seperti bisul dan jerawat. Untuk mengatasi bisul, buatlah ramuan bunga telang yang ditumbuk dengan gula jawa. Kamu bisa menumbuknya menggunakan ulekan yang ada di rumah. Setelah itu, balurkan ramuan tersebut ke permukaan kulit yang terdapat bisul.

Sementara untuk jerawat, manfaatkan bagian daun, akar, dan bunganya. Tumbuk bagian bunga telang tersebut hingga halus. Setelah itu, balurkan ke area yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat bunga telang ini, lakukan secara rutin hingga bisul dan jerawat mengempes.

Bunga Telang Bisa Mengurangi Garis Halus pada Kulit

wajah seorang perempuan tanpa garis halus sebagai ilustrasi manfaat bunga telangpixabay.com

Bunga telang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Zat ini sangat baik untuk menyamarkan garis halus pada kulit, terutama bagian wajah. Supaya manfaat bunga telang ini terlihat dengan jelas, minumlah teh bunga telang secara rutin.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa jenis bunga telang dapat mengurangi iritasi kulit. Bagi kamu yang tengah beralih dari skincare buatan ke skincare alami, boleh banget mencoba bunga telang ini.

Bunga Telang untuk Melancarkan Buang Air Kecil

kumpulan bunga telang di atas wadah rotanpinterest.com

Bunga telang memiliki sifat diuretik yang artinya tanaman ini dapat melancarkan buang air kecil. Bagian bunga telang yang digunakan untuk manfaat ini adalah akarnya. Rebuslah 0,3 gram akar bunga telang dengan empat gelas air. Setelah mendidih dan air berkurang setengahnya, saringlah rebusan tersebut. Minum satu gelas air rebusan sebanyak dua kali sehari hingga terasa khasiatnya.

Bunga Telang dapat Menyehatkan Mata

manfaat bunga telang untuk menyehatkan matamedicalnewstoday.com

Sejak zaman dahulu, bunga telang telah digunakan masyarakat untuk mengatasi gangguan mata, termasuk mata merah dan penglihatan yang buram. Cara membuat ramuan bunga telang ini pun tidak sulit. Kamu hanya perlu merebus lima bunga telang di dalam 50 ml air. Pakailah gelas ukur agar tidak salah takaran.

Setelah direbus, airnya akan menjadi warna biru. Nah, air rebusan yang berwarna biru pekat inilah yang digunakan sebagai obat tetes mata. Sebelum menggunakannya, pastikan air bunga telang dalam keadaan suhu normal, ya!

Bunga Telang Bermanfaat Mendetoks Pencernaan

sebuah cangkir berisi minuman dari bunga telanggoogle.com

Bagi kamu pecinta teh herbal, boleh banget mencoba teh bunga telang. Tak hanya nikmat, teh bunga telang ini juga bermanfaat untuk menyingkirkan racun yang ada di saluran pencernaan, lho! Cara membuat satu cangkir teh bunga telang ini sangat mudah. Bunga telang cukup diseduh dengan air panas, kemudian diamkan selama 10 menit hingga pekat dan layak konsumsi. Jika ingin menikmati aroma dan rasa yang lebih segar, tambahkan saja perasan jeruk lemon.

Bunga Telang untuk Mencegah Diabetes

sebuah gelas bening berisi minuman dari bahan bunga telang123rf.com

Selain menyingkirkan racun dalam saluran pencernaan, ternyata rutin mengonsumsi teh bunga telang juga dapat menghindarkanmu dari diabetes, lho! Hal ini terjadi karena kandungan bunga telang dapat menyerap glukosa. Dengan demikian, kadar gula darah pun akan stabil. Kamu bisa mengonsumsi teh bunga telang ini sesudah makan agar memberikan hasil yang lebih efektif dan maksimal.

Menjaga Kesehatan Rambut dengan Bunga Telang

bunga telang untuk menjaga kesehatan rambutpixabay.com

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang kuat dan berwarna hitam pekat. Namun, semua orang bisa mendapatkan kondisi rambut tersebut dengan mengoleskan ramuan bunga telang ke rambut. Ya, ramuan bunga telang dipercaya bisa memperkuat dan menghitamkan rambut.

Untuk merasakan manfaat bunga telang ini, tumbuklah beberapa bunga telang hingga halus, lalu balurkan di kulit kepala dan rambutmu. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

Manfaat Bunga Telang untuk Menyehatkan Jantung

ilustrasi detak jantuk sebagai manfaat bunga telangpixabay.com

Menurut sebuah penelitian, bunga telang mampu menekan kadar lemak dalam darah dan kolestrol. Dengan demikian, jantung akan menjadi lebih sehat. Bunga telang ini pun menjadi lebih efektif untuk menurunkan kolestrol jika digabungkan dengan tanaman herbal vigna mungo. Tertarik mencobanya?

Setelah melihat delapan manfaat bunga telang di atas, apakah kamu tertarik untuk menananmnya di rumah agar bisa merasakan manfaatnya setiap saat? Selamat mencoba dan merasakan manfaat bunga telang!

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi bermanfaat lainnya di Dekoruma. Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menjual furnitur dan perabotan rumah serta menyediakan jasa desain rumah serta interior, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse