Kerja #BisaDiRumah, Ini Dia 8 Kelebihan Work From Home!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

8 Keuntungan Work From Home, Bisa Lebih Produktif dan Rileks!

Anjuran work from home atau kerja #BisaDiRumah saat ini sudah mulai diberlakukan. Hal ini dilakukan agar para pekerja dapat mengurangi interaksi ataupun kontak fisik di tempat umum sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Bagi sebagian orang, kegiatan work from home mungkin terdengar membosankan, terlebih jika kamu lebih suka beraktivitas di luar rumah. Namun, ternyata ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan saat work from home sehingga kegiatan ini pun tetap produktif dan menyenangkan. Lantas, apa saja sih keuntungan dari work from home? Yuk, langsung saja temukan jawabannya di bawah ini!

Work From Home Menghemat Biaya Transport

gambar lalu lintas yang padat sebagai ilustrasi menghemat biaya trasnportasi saat work from homegoogle.com

Biasanya kamu harus mengeluarkan biaya transportasi untuk pergi dan pulang kantor. Namun, saat melakukan work from home, anggaran tersebut bisa diminimalisir karena kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang ongkos untuk membeli tiket MRT, membayar ojek dan taksi online, ataupun membeli bensin. Dengan demikian, sisa anggaran tersebut bisa kamu tabungkan untuk keperluan lain.

Kerja Lebih Fleksibel

seorang wanita sedang melakukan work from home di atas ranjang sambil minum segelas kopiforbes.com

Saat work from home, kamu pun tak perlu lagi terpaku pada sistem kerja nine to five. Kamu dibebaskan untuk memilih waktu kerja yang paling ideal untuk menyelesaikan pekerjaan hingga menentukan jam sendiri untuk beristirahat. Bahkan, saat work from home kamu tak perlu lagi melihat area kerja yang membosankan karena bisa mengatur ruangan kerja sesuka hati di rumah.

Work From Home Bebas Monoton

sebuah laptop di atas meja putih sebagai perangkat work from homenewyorktimes.com

Budaya kerja formal sangatlah membosankan karena selain memaksamu untuk tetap produktif menyelesaikan tugas di lingkungan yang kaku, kamu pun akan lebih cepat merasa lelah. Hal ini karena kamu harus menghabiskan waktu di perjalanan sehingga sulit mendapatkan inspirasi baru untuk bekerja.

Namun, hal tersebut tidak akan kamu rasakan saat work from home karena kamu lebih bebas dalam berbagai hal, seperti dibebaskan dalam berpakaian, waktu kerja dan istirahat, bahkan kamu pun bisa mendapatkan mood positif saat bekerja di ruangan yang diatur secara estetik. Selain itu, saat melakukan work from home, kamu pun bisa bekerja di mana saja, seperti di atas sofa ataupun tempat tidur yang lebih nyaman.

Work From Home Asah Skill Tambahan

seorang wanita sedang melakukan work from home sambil belajar mengasah kemampuanuctlanguagecentre.com

Berkat work from home, kamu tak perlu lagi merasa stres akibat macet di perjalanan pulang. Setelah semua pekerjaan selesai dilakukan, kamu bisa mengalokasikan waktu untuk mempelajari berbagai keahlian baru, mulai dari memasak, bermain alat musik, mengedit film, hingga belajar bahasa asing. Dengan demikian, kemampuanmu pun akan semakin bertambah.

Work From Home Membuat Kamu Lebih Dekat dengan Keluarga

seorang perempuan sedang bermain game bersama anak kecil di waktu senggang work from homeshutterstock.com

Untuk kamu yang sudah menikah dan mempunyai anak, sistem work from home juga dapat memberikan banyak keuntungan sebab kamu memiliki banyak waktu bersama keluarga dan dapat terus membangun hubungan dengan lebih dekat, seperti bermain bersama anak atau nonton film di ruang keluarga. Secara tak langsung, melalui work from home ini, kamu pun dapat mulai belajar untuk seimbangkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi, termasuk keluarga.

Anggaran Makan Lebih Irit

seorang perempuan sedang memasak sayur-sayuran saat work from homehealthyholisticliving.com

Saat kerja di kantor, anggaran makan yang kamu keluarkan setiap harinya sangatlah besar, apalagi patokan harga makanan saat ini pun tergolong mahal. Namun, dengan work from home, kamu bisa lebih hemat dengan memanfaatkan bahan masakan yang tersedia untuk dimasak bersama keluarga di rumah. Selain lebih irit, makan di rumah tentunya jauh lebih sehat dan juga kenyang, apalagi kamu juga pasti menggunakan peralatan masak yang kualitasnya terjamin, ‘kan?

Waktu Luang Lebih Banyak

tiga orang sedang menonton tv seusai work from homeforbes.com

Selama melakukan kegiatan work from home, kamu juga memiliki waktu luang yang jauh lebih banyak. Kamu bisa menghabiskan sisa waktu kamu untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berolahraga di rumah, seperti yoga dan angkat beban, merapikan dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang selama ini terbengkalai, nonton serial TV favorit di atas sofa bed yang empuk, hingga bermain bersama binatang peliharaan.

Work From Home Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bebas Stres

seorang wanita sedang berbaring di atas sofa setelah melakukan work from homesquarespace.com

Aturan work from home diberlakukan agar kamu dapat meminimalisir interaksi dengan banyak orang sehingga bisa mencegah penularan penyakit virus COVID-19. Lebih dari itu, work from home pun memungkinkan kamu supaya terhindar dari kemacetan dan paparan polusi. Dengan demikian, tubuh pun menjadi lebih sehat. Melalui work from home, kamu juga bisa melakukan relaksasi menggunakan aromaterapi sehingga pikiran terbebas dari stres.

Delapan keuntungan di atas bisa kamu rasakan saat menerapkan work from home. Meskipun kerja #BisaDiRumah, tetap pastikan kamu melakukan manajemen waktu dengan baik, fokus saat waktu bekerja, dan selalu utamakan kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala.

Jangan lupa untuk menggunakan furnitur yang nyaman saat work from home, seperti kursi kerja ergonomis atau meja kantor yang pas dengan posisi tubuhmu agar kamu tidak merasa pegal dan lelah. Selamat melakukan work from home!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse